call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
UkuranJenis 5 Ukuran Tumbler di Pasaran yang Sering Dibeli

Jenis 5 Ukuran Tumbler di Pasaran yang Sering Dibeli

Selama ini, ukuran tumbler sering dianggap hanya ada satu. Sehingga, saat membeli maupun memesan cetak custom desain, hanya menyebut item tanpa detail ukuran. Padahal faktanya tidak demikian, karena tumbler – apalagi yang dikostumisasi untuk kebutuhan tertentu, memiliki banyak variasi ukuran. Seperti apa klasifikasi ukuran dari wadah minum tersebut? Simak penjelasan selengkapnya!

Ukuran Tumbler Standar

Pertama, ada ukuran standar yang dikategorikan berdasarkan kapasitas isinya. Standar ini berbeda sedikit dengan ukuran tumbler Starbucks. Jadi, ukuran umum dari jenis wadah yang satu ini adalah 480 – 500 ml, sementara punya merek waralaba minuman tersebut 473 ml, sedikit lebih kecil. Ukuran tersebut nyaman digunakan beraktivitas dan kapasitasnya cukup banyak.

Variasi ukuran yang satu ini memiliki paling banyak pilihan material, mulai dari: kaca, stainless steel, tritan (plastik bebas BPA), dan silikon. Dalam memilih, kamu tinggal menjadikan poin berikut sebagai acuan:

  • Jika ingin yang mempertahankan suhu panas dan dingin cukup lama, bisa pilih stainless steel.
  • Soal ringan dan aman, maka tritan dan silikon merupakan pilihan terbaik.
  • Bila ingin yang estetik, apalagi ditambahkan desain, kaca selalu lebih unggul.

Ukuran Tumbler Kecil

Apakah ada yang lebih kecil dari ukuran tumbler 500 ml? Jawabannya, ada. Wadah tersebut berkapasitas hanya 240 – 300 ml. Kapasitas ini biasanya lebih sering dipilih untuk beraktivitas ringan dan sejenak di luar ruangan, daripada membawa cangkir tanpa tutup. Ada beberapa merek terkenal menyediakan ukuran ini. Salah satunya ukuran tumbler Tupperware.

Biasanya, untuk tumbler ukuran mini, material kaca dan plastik lebih banyak digunakan. Sedangkan untuk stainless steel sangat jarang. Sebab, pasar secara general juga terbatas, karena mayoritas konsumen umum lebih mengutamakan tumbler ukuran standar. Biasanya, ukuran ini dipesan untuk kebutuhan merchandise event atau souvenir pribadi maupun perusahaan.

Ukuran Tumbler Besar

Jika kamu termasuk orang dengan mobilitas tinggi atau tumbler digunakan untuk mendaki gunung maupun aktivitas fisik sejenis, ukuran 620 – 1200 ml merupakan standar ideal. Tentu, kapasitasnya jauh lebih besar dan juga berat jika dibandingkan dengan ukuran mug yang memang lebih dimaksudkan untuk aktivitas di dalam ruangan dan tidak sering dipindahkan.

Tumbler berukuran besar membutuhkan material yang tebal namun tetap terasa ringan agar tidak terlalu membebani saat dipindahkan – mayoritas stainless steel. Salah satu contohnya adalah berbagai  ukuran tumbler Corkcicle besar yang ada di pasaran. Meskipun harganya memang lebih mahal dari merek lain, namun sebanding dengan hasil produk untuk konsumen.

Ukuran Tumbler Insert Paper

Berikutnya ada ukuran tumbler insert paper yang sejatinya menjadikan acuan ukuran mini, standar, dan besar berdasarkan kapasitas. Hanya saja, ditambahkan kertas art paper atau art carton untuk memberikan desain khusus pada bagian luar tumbler tersebut. Dengan pilihan kapasitas isi yang tersedia, tumbler jenis ini menyesuaikan ukuran dua hal, yaitu:

Ukuran Kertas Tumbler

Ukuran tumbler jenis insert paper yang pertama perlu menyesuaikan dimensi kertasnya. Biasanya menggunakan jenis art paper dengan gramasi sedang (maksimal 190 gsm) atau art carton gramasi tebal (maksimal 300 gsm). Jenisnya kertas full color yang menampilkan cetakan berwarna yang eye catching. Ukuran insert paper sendiri  29,7 cm x 21 cm.

Ukuran Foto Tumbler

Jika ukuran insert paper merupakan dimensi keseluruhan kertas lapisan tumbler, berbeda dengan luas area yang dapat diberi cetakan desain. Dengan standar insert paper untuk ukuran tumbler custom, area yang bisa kamu beri desain gambar atau foto hanya 19 cm x 6 cm. Bila lebih dari itu, tumbler tidak tampak menarik.

Ukuran Desain Tumbler

Khusus untuk para desainer grafis, pastikan ukuran ketika membuat desain tepat agar tidak pecah ketika ditransfer ke objek. Ukurannya jelas berbeda dari ukuran kaos custom. Ketika mendesain, atur dimensinya ke ukuran 20 cm x 7 cm untuk kapasitas 480 ml dan naikkan setiap 2 cm untuk kapasitas yang lebih besar.

Bagaimana dengan kapasitas yang lebih kecil? Kamu bisa menerapkan cara yang sama, yaitu dengan mengurangi setiap 2 cm. Teknik ini mirip dengan klasifikasi jenis lipatan surat. Sebenarnya bukan hanya desainer grafis, jika kamu ingin mendesain sendiri tumbler custom melalui gawai dan aplikasi yang dimiliki, jadikan pedoman tersebut sebagai acuan ukuran.

Ukuran Cetak Tumbler

Sebenarnya, ukuran cetak tumbler ini sama dengan ukuran desain, namun jelas berbeda dari standar cetak ukuran sertifikat. Pastikan untuk tumbler kapasitas 480 ml, tinggi area cetaknya hanya 7 cm, sedangkan lebarnya 19 – 20 cm. Jika lebih dari itu, hasilnya justru tampak terlalu penuh, apalagi jika desainnya ramai dengan campuran warna.

Sudah paham bukan dengan berbagai ukuran tumbler? Pilih ukuran berdasarkan kebutuhan kamu, apakah untuk pribadi, merchandise, aktivitas indoor atau outdoor dan jenis desain yang hendak ditambahkan. Kamu bisa bertanya soal detail jenis-jenis tumbler berdasarkan ukurannya di Wellen Print supaya tidak salah pilih, khususnya untuk tumbler custom. Jangan salah pilih, ya!

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?