call us:   0811-969-0809

Follow us:





Ide Merchandise Unik

Persaingan dunia bisnis semakin ketat saja, terutama setelah masa pandemi yang menyebabkan resesi global. Perusahaan harus pandai menjaga eksistensinya di tengah masyarakat melalui promosi yang efektif, salah satunya dengan memberikan hadiah yang dikemas dalam box hampers yang cantik.

Membuat konsumen dan pelanggan merasa dihargai menjadi cara efektif untuk membentuk loyalitas mereka terhadap suatu merek. Cara untuk membuat konsumen merasa dihargai salah satunya dengan memberikan hadiah sebagai ucapan terima kasih atas kontribusi yang telah diberikan.

Hadiah paling tepat yang dapat diberikan kepada konsumen adalah berbagai  merchandise dengan logo ataupun identitas perusahaan. Setiap kali konsumen menggunakan merchandise tersebut, secara tidak langsung identitas produk tersebut masuk ke benak mereka.

Pengertian Merchandise Adalah?

Lantas, apakah yang dimaksud merchandise itu? Dari segi bahasa, pengertian merchandise adalah pernak-pernik. Sedangkan arti merchandise dalam dunia pemasaran adalah suatu produk yang dilengkapi dengan logo, brand, ataupun profil perusahaan, yang diberikan pada konsumen.

Merchandise diberikan oleh perusahaan kepada konsumen sebagai suatu cara promosi bisnis, dan sifatnya bisa gratis ataupun berbayar. Pada umumnya, perusahaan memberikan merchandise pada event-event tertentu, seperti launching produk baru, pameran dan sebagainya.

Meskipun sekilas hanya berupa barang pernak-pernik yang mungkin harganya tidak seberapa, tetapi fungsi merchandise dalam promosi perusahaan sebenarnya tidak bisa disepelekan. Banyak keuntungan yang bisa didapatkan oleh perusahaan dengan memberikan merchandise tersebut.

Fungsi Penting Merchandise untuk Promosi Perusahaan

Perusahaan yang telah berhasil menciptakan loyalitas para pelanggannya, tidak perlu kuatir dengan eksistensinya. Pelanggan yang loyal cenderung sulit untuk berpindah kepada produk lainnya, sekalipun banyak pesaing di luar sana.

Merchandise manis yang dikemas menggunakan box hampers cantik bisa menjadi alternatif perusahaan untuk meningkatkan loyalitas konsumen dan pelanggan. Berbagai macam merchandise yang diberikan perusahaan tersebut memiliki fungsi cukup penting bagi bisnis yang dijalankan.

Fungsi penting yang dimaksud diantaranya sebagai berikut :

1. Menarik Konsumen

Konsumen secara natural akan menyukai produk yang menyertakan hadiah di dalamnya. Tidak sedikit konsumen yang memutuskan untuk membeli suatu produk tertentu, bukan karena kebutuhan melainkan hanya ingin mendapatkan merchandise yang ditawarkan.

Dari fakta ini saja sudah bisa diketahui bagaimana fungsi merchandise untuk menarik konsumen membeli produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Artinya, merchandise bisa menjadi metode efektif juga untuk meningkatkan jumlah penjualan produk.

2. Menjadi Pembeda dengan Pesaing

Di pasar ada berapa jumlah produk pesaing dari perusahaan Anda? Tentunya bukan hanya satu tetapi bisa mencapai puluhan hingga ratusan. Bagaimana cara agar bisnis Anda tetap diingat konsumen ditengah maraknya jumlah produk serupa milik kompetitor?

Cara yang efektif supaya konsumen lebih mudah mengingat suatu produk dibandingkan kompetitornya adalah dengan menjadi berbeda. Membuat dan membagikan merchandise kepada konsumen bisa menjadi cara supaya produk Anda berbeda dengan milik para pesaing di pasar.

Merchandise selain berfungsi untuk menarik perhatian konsumen, juga bisa membedakan produk Anda dengan kompetitor. Hal inilah yang akan membuat konsumen terdorong untuk membeli produk-produk yang Anda tawarkan.

3. Bentuk Apresiasi

Memberikan box hampers yang berisi aneka macam merchandise kepada konsumen menjadi cara perusahaan untuk berterima kasih atas kontribusi yang telah diberikan. Tanpa adanya loyalitas dari konsumen, perusahaan tidak berarti apa-apa.

Memberikan apresiasi atas loyalitas dan kesetiaan konsumen melalui pemberian merchandise tersebut justru akan berpengaruh positif. Konsumen yang merasa dihargai akan semakin senang untuk membeli produk dari perusahaan Anda.

Ide Merchandise Perusahaan untuk Isi Box Hampers

Mengingat betapa pentingnya peran merchandise untuk meningkatkan promosi, perusahaan sebaiknya tidak sembarangan memilihnya. Pastikan jenis merchandise yang diberikan tersebut bermanfaat bagi konsumen dan disukai oleh mereka.

Sebagai rekomendasi, Anda dapat mempertimbangkan beberapa ide merchandise unik untuk hampers perusahaan kepada konsumen berikut ini.

1. Kaos

Merchandise perusahaan yang disukai oleh konsumen dan tentunya bermanfaat, contohnya adalah kaos. Perusahaan dapat memilih jenis kaos yang akan dijadikan sebagai merchandise, baik dari segi bahan, model ataupun warnanya. Kaos juga mudah untuk dicetak dengan logo perusahaan.

2. Jaket

Jika budget promosi cukup besar, termasuk untuk pengadaan merchandise, tidak ada salahnya kalau perusahaan membuat jaket. Merchandise berupa jaket memberikan kesan eksklusif kepada perusahaan, sehingga tingkat kepercayaan konsumen juga menjadi meningkat.

Contoh perusahaan yang memberikan merchandise berupa jaket kepada konsumennya adalah dealer sepeda motor. Jangan lupa untuk menambahkan logo perusahaan pada jaket agar dapat dilihat oleh orang lain ketika dipakai oleh konsumen.

3. Tote Bag

Jenis merchandise yang bagus dan bermanfaat lainnya adalah tote bag. Dalam bahasa Indonesia, tote bag disebut dengan tas jinjing, dimana pemakaiannya dapat dijinjing ataupun diletakkan pada satu bahu.

Tas jenis ini sering digunakan orang untuk berbagai keperluan, misalnya membawa bekal makan ke kantor atau sekolah, sebagai tempat alat ibadah, tas belanjaan dan sebagainya. Selain itu, tote bag harganya juga relatif murah dan mudah untuk ditambahi dengan cetakan logo perusahaan.

4. Tumbler atau Mug

Box hampers perusahaan dapat diisi dengan tumbler ataupun mug. Tumbler ataupun mug menjadi jenis merchandise favorit yang sering digunakan dalam berbagai acara, seperti ulang tahun, seminar dan lain sebagainya.

Disamping itu, tumbler dan mug termasuk barang yang awet dan dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Apalagi masyarakat Indonesia yang hobi ngeteh ataupun ngopi pasti akan senang kalau mendapatkan tumbler dan mug sebagai merchandise.

5. Pulpen

Ide yang tidak kalah bagus dalam memilih jenis merchandise perusahaan adalah pulpen. Harga pulpen relatif murah dan terjangkau, sehingga bisa menghemat anggaran perusahaan. Meskipun terkesan murah dan sederhana, pulpen memiliki manfaat untuk semua orang.

Merchandise berupa pulpen ini dapat diberikan kepada konsumen yang hadir dalam acara workshop, seminar dan sejenisnya, yang diadakan oleh perusahaan. Akan lebih bagus lagi, kalau Anda juga melengkapinya dengan pensil ataupun buku notes untuk mencatat.

6. Tas Kecil atau Pouch

Jika target pasar produk Anda utamanya adalah para wanita, coba pertimbangkan untuk memberikan merchandise berupa tas kecil atau istilahnya pouch. Tas kecil menjadi barang yang menjadi favorit kaum wanita dan kerap dibawa kemanapun mereka pergi.

Para wanita memerlukan tas kecil untuk dijadikan sebagai tempat peralatan make-up, wadah peralatan mandi, menyimpan mukena, tempat aksesoris dan sebagainya. Tinggal dipilih saja desain tas dan warna yang sekiranya sesuai dengan profil perusahaan dan disukai oleh target pasar Anda.

7. Kalender

Akhir tahun ataupun awal tahun biasanya dijadikan sebagai momentum untuk melakukan promosi besar-besaran oleh perusahaan. Jika Anda ingin memberikan merchandise kepada konsumen di masa tersebut, kalender bisa menjadi pilihan yang cukup rasional.

Apalagi, kalau pada akhir dan awal tahun biasanya orang memang belum memiliki kalender baru, jadi merchandise yang Anda berikan akan benar-benar bermanfaat. Satu hal lagi, kalender bisa sekaligus berfungsi sebagai alat dan media untuk membentuk branding perusahaan.

Memberikan aneka macam merchandise yang unik dan dikemas dalam box hampers yang cantik menjadi cara promosi yang cukup efektif untuk memasarkan produk Anda. Efektivitas cara promosi tersebut akan berpengaruh pada tingkat penjualan produk dan eksistensi perusahaan.

Anda tidak perlu repot dan bingung memikirkan tentang merchandise yang akan diberikan kepada konsumen. Anda cukup menghubungi kami, Wellet Print melalui https://wellenprint.com/ dan dapatkan merchandise untuk isi hampers sesuai kebutuhan perusahaan.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?