call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Digital Printing10 Jenis Bahan Spanduk dan Banner Printing, Jangan Salah!

10 Jenis Bahan Spanduk dan Banner Printing, Jangan Salah!

Bingung dengan banyaknya jenis bahan spanduk yang ada di pasaran? Material spanduk saat ini memang semakin bertambah, seiring dengan permintaan pasar yang meningkat dengan kian beragamnya kebutuhan-kebutuhan yang mendasari penggunaan. Sebab itu, penting untuk Anda mengetahui jenis-jenis bahan spanduk, karakteristik, dan penggunaan yang sesuai. Apa saja ragam material spanduk tersebut?


1. Bahan Spanduk Flexi China

jenis bahan spanduk flexi china
Jenis Bahan Spanduk – Flexy China


Jenis bahan banner bagus yang pertama adalah flexi China. Ciri khas materialnya adalah berserat dengan permukaan yang tipis dan kasar. Pilihan variasi yang tersedia di pasaran umumnya berbobot 260gr, 280gr, dan 340gr. Material ini bagus untuk cetak banner atau spanduk berjenis roll banner, X-banner, dan Y-banner dan digunakan untuk indoor.

Mengapa lebih disarankan untuk penggunaan dalam ruangan saja? Sebab, kelemahan material flexi China adalah durabilitasnya yang rendah. Umumnya hanya bertahan selama 3 – 12 bulan saja. Jika Anda menggunakannya untuk kebutuhan outdoor, tentu akan membuat umur penggunaannya lebih singkat lagi. Namun, kualitas spanduk ini sebenarnya mengikuti harganya yang sangat murah.

2. Bahan Spanduk Flexi Jerman

jenis bahan spanduk flexi jerman


Selanjutnya, bahan yang digunakan untuk membuat spanduk adalah flexi Jerman. Durabilitas dari material yang satu ini tidak perlu diragukan, sehingga sangat cocok untuk digunakan membuat banner dan spanduk untuk luar ruangan (outdoor). Pilihan gramasi yang tersedia dari jenis bahan Jerman adalah 230 – 400 gram dan hanya tersedia di percetakan besar.

Mengapa demikian? Sebab harga spanduk dengan material tersebut cukup mahal. Namun uang yang Anda bayarkan, sebanding dengan bahan banner yang bagus tersebut. Spanduk material flexi Jerman bisa Anda gunakan untuk banner nama toko yang biasa diletakkan di depan tempat usaha. Meskipun terpapar sinar matahari dan hujan deras tetap baik-baik saja.

3. Bahan Spanduk Flexi Korea

jenis bahan spanduk flexi korea


Material lainnya yang menjadi media pembuatan spanduk adalah flexi Korea. Sebenarnya dari durasi penggunaan tidak berbeda dari flexi China, yaitu 3 bulan – 1 tahun. Namun, bahan flexi asal negeri gingseng ini lebih kuat dan tidak sepudar flexi asal negeri tirai bambu. Apalagi kalau Anda menggunakannya untuk penggunaan di dalam ruangan.

Dengan ukuran spanduk yang bisa dikostumisasi, Anda bisa menggunakan material flexi Korea untuk membuat X-banner, Y-banner, maupun banner promosi dan pengumuman pada umumnya sesuai kebutuhan. Penggunaan indoor yang tidak terkena sinar UV maupun hujan dapat memperpanjang masa pakai spanduk tersebut. Kelebihan tersebut sesuai harganya yang lebih mahal dari flexi China.

4. Jenis Bahan Spanduk Albatros

jenis bahan spanduk albatros
Jenis Bahan Spanduk Albatros


Ada juga spanduk terbuat dari material bernama Albatros. Karakteristik dari bahan yang satu ini adalah dimensinya yang tipis dan ringan, serta memiliki permukaan halus yang mengkilat. Ukuran yang tersedia dari bahan banner Albatros hanya 90cm, 125cm, dan 150cm. Cukup pendek bila dibandingkan dengan flexi China atau Korea yang digulung bermeter-meter.

Dari segi harga, bahan Albatros sangat terjangkau bahkan termasuk dalam kategori sangat murah. Spanduk seperti ini cocok untuk Anda gunakan membuat daftar menu di dalam warung dan penggunaan indoor sejenis. Jenis bahan spanduk ini akan memberi hasil yang lebih cantik jika Anda memilih finishing doff atau glossy di akhir percetakan. 

5. Bahan Luster

jenis bahan spanduk luster


Jenis bahan banner lainnya adalah luster dengan ciri khas permukaan mengkilap. Jadi, hasil cetakan material yang satu ini tidak membutuhkan proses laminasi lagi. Sebab, permukaannya memiliki karakter seperti laminasi glossy. Keunggulan lain dari bahan luster adalah tebal sehingga tidak mudah sobek. Otomatis, durabilitasnya sangat tinggi. 

Namun, karena bersifat memantulkan cahaya, sebaiknya banner atau spanduk dengan bahan yang satu ini digunakan untuk kebutuhan indoor saja. Sangat bagus untuk mencetak hiasan interior berupa gambar-gambar estetik maupun spanduk promosi di bagian dalam bangunan yang tidak terpapar langsung sinar matahari.

Perbedaan Laminasi Doff dan Glossy, Cek Faktanya Disini!

Baca juga

6. Bahan Banner Cloth

jenis bahan spanduk banner cloth


Berikutnya, ada bahan spanduk yang bagus, yaitu banner cloth. Bahan ini merupakan kain yang memiliki tekstur permukaan halus dan licin. Meskipun begitu, material ini cukup tebal karena penggunaannya berfokus untuk outdoor. Anda sering menjumpai jenis bahan spanduk yang satu ini tanpa sadar.

Biasanya, banner cloth dijadikan spanduk berbentuk bendera memanjang untuk penanda atau promosi tempat dan produk di jalanan. Material ini tahan terhadap panas matahari, angin kencang, maupun hujan deras. Harganya cukup mahal, namun sesuai dengan kualitas yang diberikan, terlebih secara visual juga menghasilkan spanduk yang sangat cantik.

7. Bahan Easy Banner

jenis bahan spanduk easy banner


Kalau Anda ingin cetak spanduk kampanye, maka bisa menggunakan bahan easy banner. Ciri khas material ini adalah kaku di setiap sudut, sedangkan permukaannya kasar. Hal itulah yang membuat durabilitasnya tinggi untuk penggunaan luar ruangan. Harga bahan easy banner juga sangat murah.

Kelebihan lain dari easy banner adalah bisa ditambahkan cetakan timbul supaya lebih menarik peminat. Namun, material ini masing kurang populer dibandingkan dengan bahan-bahan lain untuk mencetak spanduk atau banner. Jadi, belum banyak juga pihak percetakan yang menyediakannya.

8. Bahan PVC Banner

jenis bahan spanduk pvc banner


Salah satu bahan spanduk yang paling umum dan mudah ditemukan sehingga Anda bisa menggunakannya untuk cetak spanduk 5 meter adalah material PVC. Bahan yang satu ini bisa Anda gunakan untuk membuat spanduk warung pecel lele berkat ketahanannya terhadap cuaca ekstrem, kebakaran, serta harga spanduk yang murah.

Satu-satunya kekurangan dari jenis bahan banner yang satu ini adalah tidak terlalu ramah lingkungan karena sulit terurai secara alami. Jadi, usahakan untuk tidak membuang spanduk dengan material PVC sembarangan supaya tidak merusak lingkungan.

Perbedaan Spanduk dan Banner, Loh Emang Beda?

Baca Juga

9. Bahan Kain TC

jenis bahan spanduk kain tc


Tetoron cotton merupakan bahan spanduk atau banner yang semula menggunakan teknik sablon untuk mencetaknya. Namun seiring waktu, material ini ikut dicetak menggunakan mesin digital printing modern. Karakteristiknya tipis dan akan bergerak ketika ditiup angin

Material ini cocok untuk menjadi bahan umbul-umbul di luar ruangan. Sebab, meskipun tipis, namun tidak mudah robek. Hasil cetakannya juga menampilkan desain dengan sempurna. Dari segi harga, bahan TC juga sangat terjangkau dengan kualitas yang tidak murahan.

10. Bahan kain Poly

jenis bahan spanduk poli


Terakhir ada bahan poly alias polyester yang juga sangat mudah ditemui. Material ini merupakan serat sintetis dan sering menjadi banner atau spanduk luar ruangan karena kuat dan tahan lama. Bahan poli juga cenderung ringan sehingga mobilisasinya lebih mudah.

Warna yang dihasilkan oleh material polyester cerah sehingga sangat menarik jika dipakai untuk kebutuhan spanduk promosi usaha. Anda juga dapat membuat spanduk berbahan poli dengan harga yang cukup murah namun jangka waktu penggunaannya sangat panjang.

Dalam memilih jenis bahan spanduk, Anda wajib memperhitungkan terlebih dahulu kebutuhan penggunaan – indoor atau outdoor. Sebab, hal tersebut sangat mempengaruhi durasi penggunaan dan hasil cetaknya. Jika Anda membutuhkan spanduk atau banner untuk berbagai kebutuhan dengan beragam pilihan material, jangan ragu untuk memesan di Wellen Print – Percetakan Digital Printing di Jakarta!

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *