call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Digital PrintingPerbedaan Laminasi Doff dan Glossy, Cek Faktanya Disini!

Perbedaan Laminasi Doff dan Glossy, Cek Faktanya Disini!

Kesulitan menemukan perbedaan laminasi doff dan glossy? Membedakan antara kedua jenis laminasi tersebut sebenarnya tidak sulit. Namun, Anda perlu memahami masing-masing terlebih dulu, sehingga lebih mudah dalam membedakannya. Pengertian dasar ini penting, terutama bagi Anda yang ingin cetak stiker maupun lainnya. Yuk, mulai mengenal tentang dua pilihan finishing cetak tersebut! 

Apa Itu Laminasi Doff?

Laminasi doff adalah jenis laminasi dengan permukaan kasar dan tidak memantulkan cahaya (berkilau). Laminasi ini bisa digunakan untuk finishing cetak buku. Proses finishing yang satu ini bertujuan untuk melindungi hasil (objek) cetak supaya tidak mudah kotor – termasuk dengan bekas sidik jari. Laminasi yang satu ini membuat desain bertahan lebih lama.

10+ Jenis Jilid Buku Biar Buku Kamu Makin Awet!

Baca Juga

Kelebihan dan Kekurangan Laminasi Doff

Berbicara tentang apa itu percetakan dengan laminasi doff tentu belum lengkap jika tidak membahas tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki. Apa saja, nilai plus dan minus dari jenis laminasi yang satu ini?

Kelebihan Laminasi Doff

1. Hasil cetakan tampak lebih jelas karena tidak memantulkan cahaya. Jadi, jika Anda cetak kartu nama dengan finishing doff, tidak perlu khawatir orang akan kesulitan membaca informasi di dalamnya saat membaca di bawah terik sinar matahari.

2. Tampak lebih bersih karena bekas sidik jari tidak menempel, begitu pula dengan kotoran seperti debu. Hal ini berkat permukaannya yang licin, juga otomatis membuat objek dengan laminasi doff lebih tahan lama.

3.  Memiliki tampilan yang lebih mewah dan elegan menjadi keunggulan sekaligus perbedaan laminasi doff dan glossy yang paling menonjol.

Kekurangan Laminasi Doff

Satu-satunya kekurangan dari laminasi doff adalah biaya yang cukup mahal – jika dibandingkan dengan cetak stiker transparan maupun objek lainnya dengan finishing glossy. Jadi, Anda perlu menyiapkan dana lebih banyak kalau ingin mencetak dengan laminasi doff.

Apa Itu Laminasi Glossy?

Laminasi glossy adalah salah satu opsi finishing pada objek cetak dengan karakteristik utama efek yang mengkilap di permukaan. Secara teknis, tampilannya sangat menarik jika diperuntukkan bagi objek-objek percetakan yang tujuannya digunakan untuk melakukan aktivitas branding dan promosi. Sebab, visual dari produk cetakan berlaminasi glossy sangat menarik perhatian – terutama dari kejauhan.

Kelebihan dan Kekurangan Laminasi Glossy

Sebagaimana laminasi doff, finishing dengan permukaan glossy juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Anda dapat menyimak penjabaran rincinya di bawah ini.

Kelebihan Laminasi Glossy

1. Menampilkan warna yang lebih cerah berkat permukaan yang halus sehingga sangat memanjakan mata yang melihat hasil cetakan tersebut.

2. Mempunyai efek mewah karena menampilkan objek dengan lebih berkilau. 

3. Biaya finishing glossy lebih murah daripada doff.

Kekurangan Laminasi Glossy

Kekurangan dari laminasi yang satu ini, sekaligus menjadi perbedaan laminasi doff dan glossy yang paling utama adalah ketidakmampuan objek tampak di bawah paparan sinar matahari. Untuk produk cetak seperti kartu nama, tentunya hal ini sedikit menyulitkan.

Perbedaan Laminasi Doff dan Glossy

laminasi doff vs glossy

Anda masih bingung dengan apa bedanya kertas doff dan glossy melalui poin-poin di atas? Perbedaan antara keduanya secara lebih rinci dijabarkan melalui poin-poin berikut:

Proses dan Material Laminasi

Dari prosesnya laminasi doff ditempatkan langsung di bawah pencahayaan, sedangkan untuk laminasi glossy tidak karena mempertimbangkan karakter material yang digunakan. Doff memakai jenis plastik laminating yang tidak memantulkan cahaya, sedangkan untuk glossy menggunakan material yang memantulkan cahaya. Salah menggunakan jenis plastik akan membuat proses cetak harus diulang dari awal.

Perbedaan dari Segi Visual dan Tekstur

Dari segi tampilan alias visual, laminasi doff cenderung menghasilkan warna agak gelap namun sangat elegan dengan tekstur permukaan yang kasar (tidak licin). Sementara laminasi glossy menghasilkan warna cerah dengan tekstur permukaan yang halus. Hasil cetak produk dengan masing-masing finishing jadi sangat berbeda dan lebih mudah dikenali karenanya.

Perbedaan dari Segi Daya Tahan Penggunaan

Terakhir, dari segi daya tahan sebenarnya keduanya imbang, namun tergantung pada penggunaannya. Jika tujuannya tidak untuk dipajang dan terpapar sinar matahari dalam waktu lama, sebaiknya memilih laminasi doff. Namun, bila penggunaannya untuk outdoor dan sangat sering dipegang, lebih disarankan untuk menggunakan laminasi glossy saja.

Kapan Harus Menggunakan Laminasi Doff / Laminasi Glossy

Jika penjabaran terkait perbedaan laminasi doff dan glossy di atas belum cukup memuaskan, maka tabel berikut akan memberikan saran akurat kapan sebaiknya Anda menggunakan masing-masing jenis finishing tersebut:

Laminasi DoffLaminasi Glossy
Digunakan untuk produk yang tidak setiap hari digunakan, contohnya undangan pernikahan.Dipakai untuk finishing produk cetak dengan frekuensi penggunaan tinggi atau untuk kebutuhan outdoor, contohnya poster.
Memiliki dana lebih untuk produk cetak.Membutuhkan produk cetak dengan dana yang terbatas.
Membutuhkan objek cetak dengan desain mewah, elegan, dan eksklusif.Menginginkan hasil cetakan yang tampak hidup, memiliki kontras warna yang bagus, dan permukaannya halus.
Produk cetak tersebut memiliki karakter atau warna kertas yang softProduk cetak yang diinginkan didominasi oleh warna-warna terang menyala.

Masing-masing metode laminasi sebenarnya memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Contohnya doff yang lebih mewah meskipun permukaan agak kasar, sedangkan glossy permukaannya halus dengan warna yang lebih hidup. Anda hanya perlu menentukan dengan bijak sesuai kebutuhan berdasarkan penjabaran perbedaan laminasi doff dan glossy – khususnya dalam poin penggunaannya.

Jika Anda membutuhkan hasil cetak produk laminasi doff maupun glossy untuk berbagai kebutuhan, jangan ragu memesan di Wellen Print. Wellen Print merupakan layanan cetak 3D terbaik di daerah Jakarta yang melayani berbagai produk sesuai kebutuhan dan permintaan klien – termasuk untuk finishing. Yuk, pesan sekarang juga!

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?