call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Digital PrintingPengertian dan Jenis Plastik Laminating, Jangan Salah, Ya!

Pengertian dan Jenis Plastik Laminating, Jangan Salah, Ya!

Tidak paham tentang pengertian dan ragam jenis plastik laminating? Anda tentu sering mendapati kartu maupun dokumen-dokumen penting seperti KTP, KK, hingga ijazah memiliki lapisan pelindung dengan permukaan halus yang tidak menghalangi tampilan tulisan di dalamnya, bukan? Itulah salah satu penggunaan dari plastik laminasi. Sebenarnya, apa plastik laminating dan ragam jenisnya?


Apa Sih Itu Plastik Laminating?

Pertama, Anda perlu memahami pengertian dari apa itu laminating yang artinya proses melapisi foto atau dokumen menggunakan plastik tipis. Laminating adalah bentuk kata kerja dari kata benda laminasi. Jadi, laminasi adalah bahan yang digunakan untuk melapisi, biasanya berbentuk gulungan plastik mencapai 30 meter. Plastiknya memiliki karakteristik tipis namun cukup kokoh.

Jadi, foto maupun dokumen dilindungi dengan macam-macam ukuran plastik laminating yang disesuaikan kebutuhan. Biasanya dipotong dari roll plastik khusus laminasi tersebut. Objek yang sudah dilaminasi biasanya memiliki permukaan cukup keras. Jadi, tidak mudah rusak ketika tergores oleh sesuatu serta tidak mudah kotor oleh noda. Barang-barang tersebut jadi lebih awet, bukan?

Jenis Mesin Laminating yang Ada

jenis mesin laminating
Mesin Laminating


Ketika Anda datang kepada penyedia jasa fotokopi, biasanya tersedia layanan laminating. Namun, proses laminating yang asli sebenarnya tidak sesederhana itu. Terutama di industri percetakan, ada beberapa jenis mesin laminasi berbeda. Masing-masing jenis mesin finishing laminasi adalah sebagai berikut: 

1. Jenis Laminating Panas/Thermal Laminating

Pertama adalah mesin laminating panas. Jenis plastik laminating dengan mesin panas ini akan menyatu dengan objek melalui proses pelelehan lemnya. Hasil akhir dari objek yang dilaminasi dengan mesin laminating panas sangat kuat. Biasanya, untuk mesin laminasi panas, plastik yang digunakan untuk laminating adalah jenis glossy atau berkilau bila terkena cahaya.

2. Jenis Laminating Dingin/Cold Laminating

Berikutnya, mesin laminating dingin alias tidak menggunakan panas untuk menempelkan plastik dengan dokumen atau foto. Pelarut lemnya memakai air, sehingga dari segi biaya lebih terjangkau dari apa itu laminating menggunakan mesin dingin. Proses melaminasi objek satuan juga bisa dilakukan memakai mesin yang satu ini. Mesinnya biasa dipakai di tempat fotokopi.

Perbedaan Fotokopi dan Fotocopy, Loh Emang Beda Tah?

baca juga

3. Jenis Laminating Panas dan Dingin [Hybrid]

Terakhir, jenis mesin laminasi adalah perpaduan antara panas dan dingin. Jadi, mengeratkan plastik kepada objeknya bisa menggunakan metode panas ataupun dingin sesuai dengan kebutuhan konsumen. Toko fotokopi dan ATK yang cukup besar biasanya memakai mesin laminating hybrid seperti ini untuk mengakomodasi semua kebutuhan masyarakat terkait pelayanan laminasi foto atau dokumen.

Merk Plastik Laminating Terbaik

Kemudahan proses laminating dengan manfaatnya yang besar membuat layanan laminasi menjadi semakin populer. Seiring dengan peningkatan kebutuhan pasar tersebut, semakin banyak juga pabrikan yang memproduksi berbagai jenis plastik laminating. Supaya tidak kesulitan dalam memilih, berikut beberapa rekomendasi merk plastik laminasi lengkap beserta kekurangan serta kelebihannya:

1. Printech Laminating Film Pouch / Plastik Laminating F4

Plastik laminasi dari pabrikan Printech ini mempunyai ketebalan 100 micron dan berjumlah 100 pcs ukuran F4 per pack. Umumnya digunakan untuk kebutuhan melaminasi dokumen-dokumen seperti ijazah dan kartu keluarga yang ukurannya sesuai dengan lembarannya. Namun tidak jarang juga dipakai untuk laminasi hasil cetak id card

Kelebihan: 

  • Memiliki ketebalan yang pas sehingga sangat kuat dalam melindungi objek cetak dari berbagai komponen, seperti air.
  • Dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan laminating.

Kekurangan:

  • Hanya bisa digunakan pada mesin laminasi panas.

2. Joyko Plastik Laminating LF100-6898

Dari pabrikan produsen ATK terkenal, plastik laminasi milik Joyko ini mempunyai desain khusus seukuran KTP, kartu nama, cetak stiker, kartu debit dan sejenisnya. Isinya 100 lembar per kemasan dengan harga sekitar 20 – ribuan. Dimensi tepatnya (9,8 x 6,8 cm) dengan ketebalan 100 mikron. 

Kelebihan:

  • Sudah pas untuk melaminasi hasil cetak kartu nama dan semacamnya sesuai standar ukuran internasional.
  • Harganya murah dengan isian banyak dan kualitas plastik bagus.

Kekurangan:

  • Fungsinya terlalu spesifik sehingga fleksibilitasnya kurang.

3. Montana Laminating Film / Plastik A4

Berikutnya adalah jenis plastik laminating Montana dengan ukuran A4. Ketebalannya pas, seukuran dengan dokumen-dokumen hasil print. 

Kelebihan:

  • Bisa digunakan untuk mesin laminasi panas maupun dingin.
  • Ketebalan dan ukurannya ideal untuk melaminasi dokumen-dokumen penting.

Kekurangan:

  • Harganya cukup mahal dibandingkan dengan plastik laminasi lainnya.

4. e-Print Laminating Cold A4

Merupakan plastik laminating yang sejatinya difungsikan untuk mesin laminasi dingin, namun juga bisa tanpa alat. Spesifikasinya tebal dan bening sehingga dokumen tetap mudah terbaca. Selengkapnya untuk kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut:

Kelebihan:

  • Tebal dan transparan sehingga tidak merepotkan membaca dokumen di dalamnya.
  • Ukuran bisa disesuaikan dengan produk yang dilaminasi.
  • Tidak perlu alat dan bisa dilakukan di rumah.

Kekurangan

  • Harga cukup tinggi.

5. Blueprint Laminating Film BP-GFA455

Terakhir ada merk Blueprint Laminating Film untuk mesin laminasi dingin. Namun, bisa juga difungsikan tanpa menggunakan mesin. Ukuran standarnya A4 yang mudah untuk disesuaikan dengan berbagai ukuran. Harga sekitar 38-ribuan, Anda sudah mendapatkan 20 lembar plastik laminasi yang tahan sinar UV.

Kelebihan:

  • Tahan terhadap cahaya sehingga hasil akhir tidak tampak silau.
  • Mudah dipotong sesuai kebutuhan dan bisa tanpa alat.

Kekurangan:

  • Tidak bisa digunakan untuk mesin laminasi panas.

Kehadiran metode laminating memang sangat memudahkan untuk melindungi foto dan dokumen. Khususnya dari air, debu, dan kotoran. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa ada dampak lingkungan yang menyertai, di mana limbah plastiknya menumpuk serta tidak dapat terurai alami. Solusi lainnya adalah menggunakan teknik enkapsulasi memakai mika yang lebih ramah lingkungan.

Namun jika Anda tetap ingin memakai berbagai jenis plastik laminating pastikan menggunakan sesuai dengan porsi dan fungsinya. Usahakan juga untuk tidak membuang limbah proses laminating sembarangan. Jika membutuhkan laminasi KTP, maka gunakan Joyko. Sedangkan untuk dokumen berukuran besar, bisa memakai Printech. Coba, yuk!

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *