call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Digital PrintingPerbedaan Spanduk dan Banner, Loh Emang Beda?

Perbedaan Spanduk dan Banner, Loh Emang Beda?

Ada banyak strategi yang dapat Anda terapkan dalam kegiatan promosi dan pemasaran produk. Contohnya adalah pemanfaatan spanduk dan banner yang mafhum dilakukan dalam kampanye pemilu 2024. Keduanya memang mempunyai kemiripan. Namun, tahukah Anda kalau ada beberapa poin perbedaan spanduk dan banner yang penting untuk diketahui. 

Pemahaman tentang perbedaan spanduk dan banner adalah pengetahuan mendasar yang harus Anda ketahui dalam strategi promosi dan pemasaran. Dengan pengetahuan dasar yang tepat, Anda bisa memanfaatkan banner maupun spanduk tersebut dengan tepat dan sesuai fungsinya. 

Pengertian Spanduk dan Banner

Menurut pengertiannya, banner merupakan media yang kerap dimanfaatkan dalam aktivitas penyampaian pesan komersial. Konten dari sebuah banner bisa cukup beragam, termasuk di antaranya adalah materi promosi, publikasi, maupun iklan. Biasanya, Anda dapat menemukan banner yang ditempatkan di depan toko maupun pameran. 

Sementara itu, spanduk adalah media penyampaian pesan yang memiliki konten lebih komprehensif. Penggunaannya biasa digunakan untuk penyampaian pesan secara luas kepada masyarakat umum. Spanduk dapat memuat konten lebih banyak, berukuran cukup besar, dan kerap berisi ajakan maupun pengumuman. 

Perbedaan dari Segi Ukurannya

ukuran spanduk dan banner

Faktor pertama yang bisa Anda kenali dari banner dan spanduk adalah ukurannya. Secara keseluruhan, ukuran spanduk jauh lebih besar dibandingkan dengan banner. Anda bisa menjumpai spanduk yang mempunyai ukuran mulai dari 80 cm x 200 cm hingga 150 cm x 300 cm. 

Selanjutnya, banner mempunyai bentuk dan ukuran yang relatif kecil. Misalnya, x-banner dapat Anda temukan memiliki ukuran mulai dari 26 cm x 38 cm (mini x-banner), 160 cm x 60 cm (x-banner indoor), serta x-banner standar (25 cm x 40 cm). Anda pun dapat cetak banner menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 

Perbedaan dari Bahan yang Digunakannya

bahan spanduk dan banner

Aspek selanjutnya yang menjadi perbedaan spanduk dan banner bisa Anda temukan dari penggunaan bahan. Spanduk menggunakan bahan dengan tingkat ketahanan tinggi serta ringan. Beberapa jenis bahan yang kerap digunakan untuk bisa cetak spanduk bagus di antaranya adalah flexy serta cloth banner.

Bahan flexy memiliki tingkat ketebalan yang bervariasi. Penggunaannya memungkinkan Anda untuk bisa menggunakan berbagai jenis tinta printer tanpa khawatir pudar. Sementara itu, cloth banner memiliki kelebihan pada teksturnya yang halus dan ringan. 

Berbeda dengan spanduk, penempatan banner umumnya hanya di area dalam ruangan. Anda bisa menggunakan material flexy dan cloth banner untuk membuat banner. Sebagai alternatif, ada pula pertimbangan untuk mencetak banner dengan bahan dari luster serta albatros. 

Bahan albatros memiliki tampilan semi gloss dan tingkat ketebalan antara 180 – 210 gsm. Sementara itu, material luster menawarkan keunggulan pada tampilan yang terlihat mengkilap dan kerap digunakan untuk pembuatan roll banner.

10+ Jenis Bahan Spanduk dan Banner Printing, Jangan Salah!

Baca juga

Perbedaan dari Bentuk Spanduk dan Banner

bentuk spanduk dan banner

Aspek pembeda berikutnya yang perlu Anda perhatikan ketika ingin cetak spanduk terdekat dan banner adalah bentuknya. Bentuk keduanya memiliki perbedaan yang cukup kontras dan dibuat dengan menyesuaikan cara pemasangannya.

Banner mempunyai bentuk persegi panjang dan ditempatkan secara vertikal. Biasanya, terdapat alat bantu untuk menopang banner tersebut. Sementara itu, spanduk dicetak dengan bentuk memanjang atau vertikal. 

Perbedaan dari Tempat Spanduk dan Banner Dipajang

lokasi spanduk dan banner

Faktor yang menjadi pembeda selanjutnya dari sebuah spanduk dengan banner adalah pada lokasi penempatannya. Banner dapat Anda jumpai ditempatkan umumnya pada area indoor.

Banner umumnya dirancang sehingga memudahkan Anda dalam melakukan pemasangan dan pembongkaran. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan banner secara fleksibel dan dapat ditempatkan di mana saja.  

Sementara itu, spanduk dengan ukurannya yang memanjang umumnya ditempatkan pada area outdoor. Spanduk tidak memiliki alat sebagai penopang layaknya banner. Sebagai gantinya, pemasangan spanduk dapat dilakukan dengan menggunakan tali yang diikatkan pada setiap ujung spanduk.  

Dalam pemasangannya, spanduk kerap ditempatkan di tengah jalan dengan memanfaatkan pohon atau tiang listrik. Selain itu, Anda bisa pula menempatkan spanduk di area pagar. 

Perbedaan dari Mesin Percetakan yang Digunakan

mesin cetak spanduk dan banner

Faktor selanjutnya yang menjadi perbedaan spanduk dan banner bisa Anda lihat dari mesin yang digunakan untuk proses pencetakan. Langkah-langkah mencetak spanduk dilakukan dengan jenis mesin yang berbeda. 

Banner yang digunakan untuk keperluan indoor, dicetak dengan mesin yang mengedepankan hasil cetak tajam, halus, serta detail. Sementara itu, spanduk yang pemakaiannya dilakukan untuk area luar ruangan, menggunakan mesin khusus outdoor. 

Mesin printer outdoor memiliki keunggulan dalam kemampuannya untuk mencetak spanduk yang tidak mudah luntur. Hasil pencetakan spanduk tidak akan mudah rusak meski terpapar panas maupun hujan. 

Wellen Print sebagai layanan digital printing Jakarta menyediakan berbagai pilihan mesin cetak spanduk dan banner yang bagus. Terdapat beberapa jenis mesin yang menjadi andalan Wellen Print sebagai solusi all-in-one untuk berbagai kebutuhan cetak, termasuk di antaranya adalah: 

Nah, sekarang Anda sudah bisa memahami perbedaan spanduk dan banner, kan? Anda pun dapat menentukan pilihan jenis media promosi yang tepat untuk bisnis. Selanjutnya, untuk kebutuhan berbagai jenis media promosi, Anda dapat memanfaatkan layanan dari Wellen Print. 

Wellen Print menyediakan solusi layanan printing untuk berbagai kebutuhan. Anda tidak hanya bisa mencetak banner maupun spanduk. Ada pula layanan cetak offset printing, merchandise, apparel, dan berbagai kebutuhan media promosi lainnya secara lengkap. Dengan dukungan mesin printer canggih, Wellen Print siap memenuhi kebutuhan Anda.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?