call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
UkuranJenis Ukuran Spanduk yang Ideal Untuk Promosi Bisnis

Jenis Ukuran Spanduk yang Ideal Untuk Promosi Bisnis

Spanduk merupakan salah satu media promosi dan informasi yang dibuat dari bahan kain atau bahan lainnya yang dihiasi pesan visual maupun teks. Spanduk biasanya dipasang di tempat umum untuk memperkenalkan, mengiklankan atau menyampaikan pesan penting. Menjelang pesta demokrasi, spanduk pemilu adalah salah satu spanduk yang paling mudah kita temukan di berbagai tempat.

Sebelum cetak spanduk, penting bagi kamu untuk mengetahui ukuran spanduk standard. Ini penting, bukan hanya untuk memastikan agar desain dan informasi tersampaikan dengan baik, tapi juga memastikan bahwa pembuatannya tidak melanggar hukum. 

Dalam artikel ini kita akan membahas tentang ukuran banner atau spanduk yang paling banyak dipakai beserta tips menentukan ukurannya. Yuk, simak!


Ukuran Spanduk Panjang ke Samping

spanduk panjang kesamping

Secara umum ukuran atau bentuk spanduk adalah persegi panjang (memanjang ke samping). Spanduk dengan bentuk memanjang ini cocok dipasang di tengah jalan, di pinggir jalan atau di sepanjang panggung (saat ada acara khusus). Ukuran yang paling banyak dipakai untuk spanduk yang memanjang ke samping adalah sebagai berikut:

  • 2 x 0,8 m
  • 2 x 1,5 m
  • 3 x 0,8 m
  • 3 x 1 m
  • 3 x 1,5 m
  • 4 x 1 m
  • 4 x 2 m
  • 4 x 3 m
  • 5 x 1 m
  • 5 x 1,5 m
  • 5 x 2 m
  • 5 x 3 m
  • 5 x 4 m (untuk baliho)
  • 6 x 0,9 m
  • 7 x 1 m.

Untuk spanduk kecil, ukuran yang paling banyak dipakai adalah 2 x 0,8 m dan 2 x 1,5 m. Sementara ukuran sedang kamu bisa memakai 3 x 1,5. Kalau butuh yang lebih besar, kamu dapat cetak spanduk 5 meter. Gunakan ukuran 5 x 1 m.

Komplit! Ukuran Kartu Nama Standard Indonesia dan Internasional

Baca juga

Ukuran Spanduk Panjang ke Bawah

spanduk panjang kebawah

Selain ukuran yang memanjang ke samping, ada juga spanduk yang dicetak memanjang ke bawah. Biasanya, spanduk seperti ini dipasang dengan menggunakan bambu atau kayu sebagai penyangga. Ada juga yang dipasang pada bangunan, tiang atau pagar. 

Kamu bisa menemukan spanduk dengan desain memanjang di dalam bangunan seperti di dalam mall atau di gedung serba guna. Ukuran yang paling banyak dipakai adalah sebagai berikut:

  • 0,5 x 1 m
  • 1 x 1 m
  • 1 x 1,5 m
  • 2 x 3 m
  • 2 x 4 m
  • 3 x 4 m
  • 4 x 6 m
  • 5 x 3 m.

Dengan panduan ukuran di atas, kamu bisa berkreasi membuat desain sendiri lewat berbagai aplikasi desain yang tersedia Salah satunya adalah Canva. Ukuran spanduk di Canva dapat dipilih langsung lewat template yang tersedia. Bisa juga dengan memasukkan ukuran khusus sesuai kebutuhan.

5 Jenis Ukuran Poster di Indonesia, Kamu Udah Liat?

Baca Juga

Tips Memilih Ukuran Spanduk yang Tepat

Ketika kamu memutuskan menggunakan spanduk sebagai media promosi, kamu perlu memastikan bahwa informasi yang ada disampaikan dengan detail. Namun, kamu juga harus memerhatikan standar agar spanduk tidak berlebihan apalagi melanggar aturan. Simak berbagai tips memilih ukuran spanduk yang tepat berikut ini!

Perhatikan Lokasi Pemasangan Spanduknya!

memasang spanduk di tempat umum

Lokasi pemasangan spanduk berpengaruh pada seberapa besar ukuran yang dibutuhkan. Untuk pemasangan di dalam ruangan (indoor) kamu mungkin membutuhkan ukuran spanduk yang lebih kecil agar tetap proporsional dengan besar ruangannya. Posisinya juga biasanya dibuat lebih tinggi agar bisa terlihat oleh banyak orang

Hal ini juga berlaku untuk pemasangan spanduk luar ruangan (outdoor). Jika spanduk ingin di pasang di tengah jalan, ukurannya juga harus sesuai dengan panjang jalan. Warna yang dipilih untuk spanduk cetak outdoor juga biasanya lebih cerah agar tampak mencolok. Ini penting untuk memastikan semua informasi dalam spanduk bisa dilihat oleh orang yang melintas.

3 Ukuran Cetak Stiker Kamu Buat Kamu yang Cari Ukurannya!

Baca juga

Jumlah Pesan yang Ingin Disampaikan

pesan dan isi spanduk kepolisian

Jumlah pesan atau banyaknya karakter yang ingin dituliskan di spanduk juga berpengaruh pada seberapa besar ukurannya. Jika pesan yang ingin kamu sampaikan singkat, gunakan spanduk persegi panjang standar yang tidak terlalu besar. Intinya, sesuaikan saja dengan kebutuhan.

Kalimat yang terlalu panjang di spanduk yang berukuran kecil akan membuat tampilannya terlihat sempit. Di sisi lain, kalimat yang terlalu singkat di atas spanduk yang berukuran besar akan meninggalkan ruang kosong. Ini tentu kurang menyenangkan secara visual.

Ukuran ID Card Standard Indonesia dan Internasional

Baca juga

Desain Spanduk yang Dibuat

desain spanduk kepolisian

Desain spanduk memengaruhi ukuran cetakan dengan menentukan jumlah teks dan elemen visual yang dimasukkan. Desain yang kompleks atau penuh detail memerlukan ukuran yang besar untuk mempertahankan keterbacaan dan daya tarik. 

Sebaliknya, desain sederhana dengan pesan singkat dapat mengoptimalkan ukuran spanduk yang lebih kecil. Pengaturan proporsi dan pemilihan elemen grafis juga ikut berperan dalam menciptakan keseimbangan visual, memastikan bahwa pesan dapat tersampaikan secara efektif tanpa mengorbankan estetika.

Itu dia berbagai pilihan ukuran spanduk yang bisa kamu pilih untuk berbagai kebutuhan. Perlu dicatat bahwa ukuran yang disebutkan di atas sifatnya hanya referensi saja. Kalau kamu membutuhkan ukuran atau bentuk spanduk yang lain, kamu bisa membicarakannya dengan penyedia jasa cetak spanduk yang akan kamu gunakan.

Butuh jasa cetak spanduk murah dengan kualitas tinggi? Kamu bisa menyerahkan urusan desain hingga cetak spanduk pada Wellen Print. Kami menyediakan jasa pembuatan spanduk dengan berbagai ukuran dan pilihan material. Tunggu apalagi, hubungi Wellen Print sekarang juga untuk berbagai kebutuhan percetakanmu!

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?