call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Mesin Percetakan6 Jenis Tinta Printer Buat Bisnis Percetakan, Beda Fungsi Loh!

6 Jenis Tinta Printer Buat Bisnis Percetakan, Beda Fungsi Loh!

Apa saja jenis tinta printer yang Anda ketahui? Tinta mesin cetak bukan sesuatu yang awam untuk diketahui, apalagi yang biasa menggunakan mesin cetak rumahan dengan satu jenis tinta saja. Namun tentu saja berbeda dengan penggunaan tinta di tempat percetakan yang memiliki beragam jenis dengan karakteristik, implementasi dan tujuan penggunaan berbeda-beda. 

Pandai memilih tinta mana yang sesuai dengan kebutuhan cetak dapat membantu menghasilkan aplikasi yang lebih tajam dan akurat mulai dari segi warna hingga desain. Ketidakcocokan antara jenis tinta dengan media yang digunakan akan menghasilkan cetakan berkualitas buruk. Tentu Anda tidak menginginkannya, bukan? Lantas, apa saja jenis tinta percetakan yang dimaksud?

Tinta Printer Cair (Liquid Ink)

jenis tinta printer cair

Jenis pertama dari tinta mesin percetakan adalah liquid ink. Tinta yang satu ini merupakan tinta yang bekerja dengan menyemprotkan tetesan mikroskopis pada media cetak hingga membentuk teks maupun gambar sesuai desain. Keunggulan dari tinta cair adalah hasil cetakannya tajam, mudah diaplikasikan, ketahanan cukup bagus, dan tentu saja harganya sangat terjangkau.

Adapun liquid ink sendiri terbagi menjadi tiga macam tinta lagi berdasarkan tingkat ketahanannya, yaitu: 

  • Dye based: menghasilkan cetakan dengan warna cerah dan tajam namun karena sifatnya larut dalam air, jadi ketahanan pada elemen tersebut dan sinar matahari sangat rendah.
  • Pigmented ink: memiliki karakter yang tidak larut dalam air sehingga durabilitasnya lebih baik dari dye-based, namun kecerahannya kurang bagus.
  • Sublimation ink: tinta yang dapat bertransformasi dari cair menjadi gas sehingga dapat meresap pada bahan tekstil.

Contoh jenis liquid ink yang populer jenis tinta printer Epson yang memiliki beragam pilihan warna dengan ketajaman yang tidak perlu diragukan.

Jenis Tinta Printer Pigment (Durabite) 

jenis tinta printer pigment

Sebagaimana telah sedikit disinggung sebelumnya bahwa jenis tinta printer berbentuk cair adalah pigment-based ink. Tinta liquid yang tidak larut pada air ini terbagi lagi menjadi beberapa macam kategori berbeda:

  • Tinta printer pigment art paper ink: tinta yang lebih cocok untuk mencetak foto, dokumen, atau sejenisnya dalam skala kecil memakai kertas paper art ivory dengan desain penuh warna (full color).
  • Tinta printer pigment paper art Korea: tinta yang sulit pudar meskipun terpapar UV dalam periode cukup lama. Hasil cetakannya tajam dan halus, khususnya jika memakai art paper Korea. Cocok untuk mencetak foto untuk keperluan outdoor, tapi tidak kalah bagus untuk indoor.
  • Tinta printer pigment art paper Cina: sebenarnya, salah satu tinta jenis percetakan ini tidak berbeda dengan Korea. Hanya memiliki perbedaan sentuhan yang lebih natural terhadap hasil cetaknya.

Salah satu contoh tinta yang bagus dari jenis pigment-based ink adalah jenis tinta printer Canon.

Jenis Tinta Printer Sublimation Ink

tinta sublimation

Berikutnya, jenis tinta printer masih berbentuk cair atau liquid, yaitu tinta sublimation ink. Sesuai deskripsi sebelumnya, tinta ini berubah dari cair menjadi gas supaya dapat meresap pada bahan tekstil. Sifatnya sama seperti tinta pigment, yaitu tidak larut dalam air. Disebut juga sebagai tinta infus karena dicetak terlebih dahulu pada kain.

Kemudian, desain tersebut akan dipindahkan ke obyek akhir seperti mug, kaos, pin dan sejenisnya selain kertas. Karakteristiknya sangat tahan lama dan menawarkan degradasi warna yang lebih kuat. Jenis tinta printer HP banyak yang menggunakan sublimation ink.

Jenis Tinta Printer Eco Solvent

tinta printer eco

Sesuai namanya, jenis tinta mesin percetakan yang satu ini berkarakter eco alias ramah lingkungan. Hasil cetaknya selalu tajam dan cerah, namun tidak terlalu kuat terkena paparan sinar matahari terlalu lama. Sehingga biasanya digunakan untuk pencetakan keperluan indoor seperti lukisan dan dekorasi interior. Baunya tidak menyengat, jadi aman di dalam ruangan.

Jenis Tinta Dye Base

tinta dye base

Jenis tinta printer selanjutnya adalah tinta dye-base yang masih termasuk liquid ink. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, tinta yang satu ini mudah luntur. Juga tidak memiliki ketahanan bagus terhadap sinar matahari. Namun, ketajaman dan kecerahan warna yang dihasilkan sangat bagus. Cocok untuk percetakan desain memakai jenis kertas HVS, glossy paper, dan lain-lain.

Jenis Tinta Printer Textile DTG 

jenis tinta textile DTG

Terakhir, ada tinta printer textile DTG yang merupakan jenis tinta printer yang tidak luntur kena air. Tinta yang satu ini juga sesuai dengan namanya, merupakan ink terbaik untuk diaplikasikan pada material garmen (tekstil). Tinta ini sendiri terbagi menjadi dua jenis yang berbeda:

  • Tinta Dupont 1590: yang memberi hasil cetakan paling putih jika dibandingkan dengan merek lain.
  • Tinta DTG Jerman: merupakan kombinasi cetakan gelap dan terang yang sangat bagus serta memiliki ketahanan dan durabilitas terbaik meskipun dicuci berkali-kali.

Tips Pemilihan dan Pemeliharaan Tinta Printer

perawatan tinta printer

Agak membingungkan bukan harus memilih jenis tinta mana yang sesuai? Supaya tidak salah memilih, Anda dapat menerapkan beberapa tips memilih berikut merawat tinta printer merujuk pada artikel Republika berikut:

1. Usahakan selalu menggunakan tinta original yang sesuai dengan printer Anda. Tinta original merupakan tinta asli keluaran pabrik produk mesin printer dengan kompatibilitas dan hasil yang tidak perlu diragukan lagi. Menggunakan tinta asli juga membuat printer lebih awet.

2. Bila tinta original habis, Anda dapat mengisi ulangnya dengan produk yang sama tapi biasanya dijual dalam bentuk tabung kecil atau drum besar. Anda perlu menuangkannya ke wadah tinta yang sudah kosong.

3. Jika terpaksa karena kehabisan tinta asli dan isi ulang, jangan menggunakan tinta tiruan. Lebih baik memilih tinta compatible yang tidak diproduksi pabrikan printer Anda namun memiliki kecocokan komposisi dan tekstur sehingga tidak merusak mesin.

4. Terakhir, semua jenis tinta printer tersebut wajib disimpan di tempat sejuk, kering, dan terhalang paparan sinar matahari supaya tidak mudah rusak.

Demikian informasi mengenai jenis tinta printer yang ada dan dapat kamu pilih sesuai preferensi kamu dalam memakai produk printer yang ada. Wellen Print sebagai percetakan digital printing Jakarta menggunakan jenis tinta printer terbaik pada mesin percetakan yang dipakai sehingga menghasilkan kualitas cetak dengan kualitas yang tinggi.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?