call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Ukuran5 Jenis Ukuran Poster di Indonesia, Kamu Udah Liat?

5 Jenis Ukuran Poster di Indonesia, Kamu Udah Liat?

Poster merupakan media promosi yang efektif untuk menarik perhatian khalayak. Di Indonesia, ada beberapa jenis ukuran poster yang sudah umum digunakan. Kalau Anda termasuk yang ingin membuat poster, tentu artikel ini cocok bagi Anda.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lima jenis ukuran poster yang banyak tersedia di pasaran. Yuk, langsung saja simak ulasannya di artikel di bawah!


Ukuran Poster A

Poster A adalah salah satu ukuran standar internasional yang sering menjadi andalan dalam industri periklanan. Dengan dimensi yang proporsional, poster A menawarkan fleksibilitas dalam menampilkan pesan dan grafis yang menarik perhatian secara efektif.

Poster A juga sudah menjadi salah satu standar internasional yang banyak digunakan. Ukuran A memiliki dimensi yang proporsional dan mudah untuk dipahami. Berikut rinciannya:

1. Ukuran Poster A1

Di dalam industri cetak poster tentu sudah tidak asing lagi dengan jenis kertas A1. Poster A1 memiliki dimensi 594 x 841 mm. Sering menjadi pilihan ideal untuk promosi acara besar seperti konser, festival, atau pameran seni.

Kelebihan ukuran yang besar ini memungkinkan penggunaan teks yang lebih detail serta visual yang mencolok. Desain seperti ini dapat menarik perhatian calon penonton atau pengunjung acara dengan cara yang kuat dan mengesankan.

Ini Standar Ukuran Kertas dari Seri A4 Hingga Seri R, Simak!

Baca juga

2. Ukuran Poster A2

Selain A1, terdapat ukuran produk percetakan lain berupa poster A2 yang tidak kalah populer. Poster A2, berukuran 420 x 594 mm, menjadi pilihan yang populer karena ukurannya yang cukup besar untuk menarik perhatian namun tetap fleksibel dalam penempatannya.

Meskipun demikian, kelemahannya adalah harga cetaknya yang lumayan mahal dan tidak semua percetakan memiliki printer untuk A2. Walau begitu, harga yang ditawarkan biasanya sesuai dengan hasil cetaknya.

3. Ukuran Poster A3+

Berikutnya ada juga ukuran A3+. Poster A3+ memiliki dimensi 329 x 483 mm dan memberikan solusi ideal bagi promosi di ruang yang lebih sempit namun dengan kualitas visual yang setara dengan A2 dan A1. Meskipun ukurannya lebih besar dari A3, kekurangannya adalah tidak semua percetakan memiliki mesin printer untuk ukuran ini.

Namun, ukuran ini tetap efektif dalam menarik perhatian tanpa mengorbankan terlalu banyak ruang di tempat pemasangan. Cocok untuk pemasangan di tempat-tempat keramaian seperti halte bus, stasiun dan lain-lain.

6 Jenis Tinta Printer Buat Bisnis Percetakan, Beda Fungsi Loh!

Baca juga

4. Ukuran Poster A3

Tidak berhenti pada A3+, ada juga ukuran cetak A3 yang seringkali diminati banyak orang. Poster A3 (297 x 420 mm) adalah pilihan yang serbaguna dalam promosi. Cukup besar untuk menarik perhatian tetapi tetap ringkas. Kelebihannya adalah memungkinkan penyampaian pesan yang jelas dan efektif dengan desain visual yang memikat. Sehingga cocok untuk ditempatkan di berbagai lokasi dengan ruang reklame yang sedikit.

Selain itu harganya lebih murah ketimbang saudaranya A3+. Dengan tanpa mengurangi kemampuannya menarik khalayak. Asalkan dipasang tidak bersebelahan dengan poster yang lebih besar.

5. Ukuran Poster A4

Untuk poster A4 memiliki dimensi 210 x 297 mm. Ukuran satu ini sudah menjadi pilihan poster untuk promosi produk atau acara pada umumnya. Terlebih banyak jasa offset printing yang telah memiliki mesin percetakan poster ukuran A4. Kelebihannya adalah ukurannya yang praktis dan mudah dalam penempelannya.

Meski ukurannya memaksa Anda untuk memberikan informasi dan desain visual yang terbatas, namun harganya jauh lebih murah ketimbang poster berukuran lebih besar. Bahkan memungkinkan membuat poster A4 dalam bentuk mosaic.

Ukuran Poster B

Selain ukuran A, ukuran B juga sering digunakan untuk poster di Indonesia. Ukuran ini memiliki variasi yang cukup beragam. Ukuran Poster B menawarkan beragam dimensi yang lebih besar dari ukuran A. Cocok untuk promosi di ruang luas dan memberikan kesan yang mencolok dengan visual yang lebih besar dan detail yang lebih terperinci. Cek rinciannya di bawah ini:

1. Ukuran Poster B1

Poster B1 memiliki dimensi 700 x 1000 mm. Menonjol dengan dimensinya yang besar. Ukuran ini sering digunakan untuk promosi di tempat-tempat yang memiliki ruang yang luas, ideal untuk promosi di ruang luas seperti lobi hotel atau pusat perbelanjaan.

Kelebihannya adalah kemampuannya untuk menarik perhatian secara dramatis. Kemampuan memikatnya inilah yang membuat biaya cetak poster ini yang relatif besar tidak terlalu terasa.

2. Ukuran Poster B2

Poster B2, berukuran 500 x 700 mm, adalah pilihan yang populer karena ukurannya yang cukup besar untuk menarik perhatian namun tetap fleksibel dalam penempatannya. Poster B2 cocok untuk ditempatkan di area dengan ruang terbatas namun tetap ingin menarik perhatian.

Kelebihannya adalah memberikan visual yang cukup besar untuk menonjol di ruang terbatas, tetapi kelemahannya adalah kurangnya ruang untuk informasi detail pada poster yang memiliki konten yang kompleks.

3. Ukuran Poster B3

Poster B3 punya dimensi 353 x 500 mm telah menjadi solusi yang tepat untuk promosi di ruang yang lebih kecil namun tetap ingin menciptakan dampak visual yang berkesan.

Kelebihan dari ukuran yang satu ini adalah ukurannya yang masih cukup untuk menarik banyak perhatian. Meski tidak memberi ruang yang lebih besar, di tangan yang tepat, desain poster B3 bisa menarik minat lebih banyak bahkan melampaui B1.

Dengan beragamnya poster dengan berbagai ukuran yang tersedia di pasaran, penting untuk memilih yang sesuai dengan kebutuhan promosi Anda. Dengan memahami perbedaan antara ukuran-ukuran tersebut, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat untuk kampanye promosi Anda.

Tentu saja, untuk dapat hasil yang terbaik, pastikan pesan ke jasa digital printing Jakarta Selatan yang berkualitas dan profesional. Dengan begitu, Anda bisa memilih ukuran poster dengan custom sesuai keinginan.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *