call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Ukuran4 Jenis Ukuran Tali Lanyard ID Card Biar Cocok Untuk Kamu

4 Jenis Ukuran Tali Lanyard ID Card Biar Cocok Untuk Kamu

Kesesuaian ukuran tali lanyard turut mempengaruhi nyaman tidaknya saat Anda mengenakan item tersebut. Lanyard sering digunakan dalam aktivitas sehari-hari, seperti untuk gantungan identitas pegawai, panitia acara, hingga ponsel. Masing-masing tentu membutuhkan konfigurasi berbeda supaya nyaman dikenakan. Maka dari itu, kenali lebih jauh tentang berbagai ukurannya supaya tidak sampai salah dalam memilih!


Apa Faktor yang Mempengaruhi Ukuran Lanyard

Namun, sebelum mengetahui tentang masing-masing panjang lanyard berikut lebarnya, Anda perlu memahami dulu ukuran tali lanyard id card dan yang lainnya dipengaruhi oleh beberapa hal berikut:

  • Fungsi dalam cetak lanyard menjadi tolak ukur utama apakah benda tersebut membutuhkan tali panjang / pendek dan lebar / sempit.
  • Estetika di mana ukuran desain lanyard proporsi pemakai dengan tinggi badan dan lebar bahu, serta desain apakah membuat lanyard jadi tampak cantik atau justru buruk.
  • Harga bahan lanyard yang sekaligus mempengaruhi kualitas, kuantitas, dan ketahanannya.
  • Standar tertentu seperti ISO, aturan perusahaan, dan sejenisnya.

4 Jenis Ukuran Tali Lanyard ID Card Biar Cocok Untuk Kamu

Baca juga

Lebih lengkapnya, berikut ini masing-masing patokan ukuran dalam mengerjakan produk percetakan berupa lanyard:

Ukuran Lanyard ID Card Sesuai ISO

ukuran lanyard ISO

Sebenarnya, tidak ada standar ISO yang mengatur dan menjadi pakem ukuran desain lanyard. Namun, ada ukuran panjang dan lebar yang paling sering dipilih dalam mencetak lanyard, apalagi untuk produksi massal, yaitu:

– Panjang 80 – 100 cm x lebar 1,5 – 2 cm.

Biasanya, ukuran tersebut yang menjadi standar lanyard untuk cetak id card maupun kartu tanda pengenal lainnya. Terutama untuk pemakaian di Indonesia di mana tinggi badan bagian atas rata-rata hanya 50 – 100 cm. Mengambil patokan di atas sebagai standar ukuran lanyard sudah cukup untuk menghasilkan produk yang nyaman dikenakan.

Namun, tentu saja standar panjang lanyard dan lebarnya tidak akan serta merta digunakan saat mencetak. Khususnya untuk lanyard yang penggunaannya cukup eksklusif. Ukuran di atas merupakan perkiraan utama untuk menciptakan lanyard yang nyaman, berkualitas, dan tahan lama.

Ukuran ID Card Standard Indonesia dan Internasional

Baca juga

Ukuran Tali Lanyard ID Card Polos

ukuran lanyard polos

Ukuran lanyard id card polos sebenarnya memiliki panjang yang sama, yaitu 90 cm. Perbedaannya ada pada ukuran lebar yang mempengaruhi jumlah kaitan tali dan stopper yang ditambahkan. Lebih lengkapnya, untuk lanyard polos sesuai dengan ukuran id card, berikut aturan umumnya:

  • Panjang 90 cm lebar 1 cm menggunakan satu kaitan tali tanpa tambahan stopper.
  • Panjang 90 cm lebar 1,5 cm menggunakan 1-2 kaitan tali dengan tambahan stopper.
  • Panjang 90 cm lebar 2 cm menggunakan 2 kaitan tali dan stopper.

Sesuai namanya, tali lanyard polos tidak memiliki tulisan, logo, bahkan motif. Hanya tersedia dalam berbagai pilihan warna. Tali ini juga sangat mudah ditemukan karena memang biasanya dipakai untuk kebutuhan komersil sehingga diproduksi massal. Dari segi harga, tentu lanyard ini dibanderol dengan harga paling murah.

Cetak ID Card

Baca juga

Ukuran Tali Lanyard ID Card Sablon

ukuran lanyard id card sablon

Berikutnya, ada ukuran tali lanyard yang ditambahkan dengan teknik sablon untuk memberi logo, gambar, dan semacamnya. Sama dengan pengaplikasian sablon pada kaos, begitu pula pada lanyard, hanya saja dimensi objeknya berbeda. Selain itu, sablon untuk lanyard tentu menggunakan jenis tinta yang bagus sehingga bisa tahan lama alias tidak memudar.

Biasanya, tali lanyard yang ditambahkan cetakan sablon memiliki ukuran sebagai berikut:

  • Ukuran 1,5 cm lebar dengan 90 cm panjang, memakai 1 – 2 tambahan kaitan tali dan stopper.
  • Ukuran 2 cm lebar dan 90 cm panjang, juga memakai 1 – 2 kaitan tali dengan stopper.

Tidak terlalu berbeda dengan ukuran tali lanyard polos, hanya saja lebar tidak boleh lebih kecil dari itu karena khawatir sablonan tidak tercetak dengan sempurna. Atau justru rusak karena terlalu rentan saat penyablonan berlangsung.

Jasa Sablon Kaos Murah Kualitas Tinggi

Baca juga

Ukuran Tali Lanyard ID Card Tisu

ukuran lanyard tisu

Pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan lanyard id card polos ataupun bersablon. Hanya saja, material yang digunakan, yaitu tissue, lebih mahal dari lanyard biasa. Namun, harganya sebanding dengan durabilitasnya, permukaan halus dan rata. Secara keseluruhan, lanyard dari bahan tisu ini cantik dan elegan.

Ukuran lanyard yang satu ini hanya tersedia satu pakem, yaitu lebar 2 cm dengan panjang 90 cm. Supaya lebih kokoh dan praktis, Anda dapat menambahkan 1 – 2 kaitan tali dan stopper. Namun, pembuatan tali lanyard dari tisu cukup terbatas mengingat biaya total yang dikeluarkan cukup besar untuk sekali produksi.

Apalagi, belum ditambah dengan biaya sablon bila Anda ingin menambahkan merek, logo, atau semacamnya pada tali lanyard tersebut. Tidak heran jika lanyard tisu hanya digunakan pada event khusus atau produk yang cukup pricey.

Sudah paham bukan tentang berbagai ukuran tali lanyard? Ketika melakukan pemesanan, Anda perlu mempertimbangkan berbagai aspek mulai dari fungsi, material, dan budget dengan baik hingga opsi ukurannya, lalu melakukan pemesanan sesuai kebutuhan. Jika butuh konsultasi lebih lanjut maupun jasa pembuatan lanyard berbagai ukuran dan desain, digital printing Jakarta, Wellen Print solusinya.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *