call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Digital Printing5 Jenis Finishing Banner yang Bisa Kamu Pilih Saat Mau Cetak

5 Jenis Finishing Banner yang Bisa Kamu Pilih Saat Mau Cetak

Finishing banner merupakan tahapan penting dalam pembuatan banner yang tidak hanya meningkatkan estetika, tetapi juga meningkatkan daya tahan dan fungsionalitasnya. 

Proses finishing juga diperlukan untuk menghindarkan banner dari kerusakan cuaca dan  memberi penampilan yang indah serta profesional. Pastinya kamu tidak mau kalau banner yang sudah di-design sedemikian rupa malah terlihat kurang menarik hanya karena finishing yang buruk.

Di artikel ini, kamu dapat mengenal berbagai jenis finishing banner yang tersedia, serta membantumu mengetahui manfaat lebih lanjut dari finishing banner.


Apa Itu Finishing Banner?

Finishing spanduk atau banner merujuk pada sentuhan akhir yang diberikan untuk melengkapi tampilan keseluruhan jenis banner. Setelah proses pencetakan, pemasangan banner harus dilakukan dengan hati-hati sesuai rencana.

Pemasangan banner harus dilakukan secara terencana agar tidak memengaruhi penampilan akhirnya. Finishing dalam konteks ini juga mencakup metode pemasangan pada lokasi yang telah ditentukan.

Pentingnya pemilihan finishing banner terletak pada kesesuaian dengan bahan dan metode pemasangan. Sebagai contoh, bahan banner yang ringan tidak cocok jika dipasang dengan menggunakan kayu karena tidak dapat membentang dengan baik. 

Karenanya, penampilan banner sangat bergantung pada pilihan dan pelaksanaan finishingnya.

Jenis Finishing Banner untuk Cetak Banner

Bermacam-macam jenis finishing untuk cetak spanduk atau banner tersedia memiliki manfaatnya masing-masing. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya:

1. Finishing Mata Ayam (Eyelet)

jenis finishing banner mata ayam
Mata Ayam

Finishing banner mata ayam, atau yang dikenal sebagai eyelet, adalah lubang di ujung banner yang digunakan untuk mengikat banner pada tiang atau penyangga lainnya dengan tali. Bentuknya bulat dan cukup besar, menyerupai mata ayam sehingga diberi nama serupa.

Banner umumnya berbentuk persegi empat atau persegi panjang, memerlukan eyelet di keempat sudutnya, yaitu ujung kanan atas dan bawah serta kiri atas dan bawah. Tali yang dimasukkan ke dalam eyelet berfungsi untuk memperkuat kaitan banner pada tiang.

Panjang tali yang disiapkan untuk eyelet banner dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Jika banner lebih besar, kamu dapat menambahkan panjang sekitar 12 atau 24 inch. Jenis finishing banner ini umum ditemukan di jalanan, contohnya pada spanduk kampanye.

Perbedaan Spanduk dan Banner, Loh Emang Beda?

Baca Juga

2. Finishing Lubang Angin

jenis finishing banner lubang angin
Lubang Angin pada Banner

Banner, terbuat dari bahan ringan, dapat dengan mudah didukung oleh tali dan tiang. Namun, ketika dipasang di luar ruangan, banner rentan terhadap angin, menyebabkan kemungkinan lipatan dan kelonggaran yang menghambat keterbacaan.

Bahan jaring pada banner memiliki banyak lubang kecil, memungkinkan angin untuk melewati, sementara material vinyl memiliki permukaan tertutup tanpa lubang. Untuk mengatasi masalah ini, Kamu dapat membuat lubang atau menyayat banner agar angin dapat lewat, menjaga kestabilan dan keterbacaan saat angin kencang.

Meskipun lubang angin bukan suatu keharusan, Kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan spesifik.

Cetak Spanduk Terdekat, Termurah dan Tercepat

Baca Juga

3. Finishing Kelim Banner

jenis finishing banner kelim
Finishing Kelim Banner

Kelim atau jahitan tepi pada banner berfungsi untuk mencegah robek halus dan menjaga kekokohan ujung banner. Proses pembuatannya dilakukan dengan rapi, tidak mengganggu eyelet atau finishing tambahan lainnya. 

Meskipun pemilihan kelim pada banner tidak wajib, tetapi disarankan untuk penggunaan outdoor agar tahan cuaca dan tidak mudah robek, terutama pada ujungnya. Banner yang ditempatkan di dalam ruangan tetap terlihat rapi tanpa kelim.

Cari Cetak Spanduk Murah? Gas ke Wellen Print Aja!

Baca juga

4. Rongga dan Tiang

rongga tiang spanduk
Lubang rongga dan tiang pada banner

Kamu dapat memilih finishing banner lain dengan cara membuat celah pada bagian atas dan bawahnya, kemudian memasukkan tiang ke dalamnya. Rongga ini terbentuk di ujung banner, yang membuatnya terlihat rapi tanpa perlu menggunakan kelim.

Penggunaan tiang bertujuan untuk menjaga kekokohan dan mencegah lipatan pada banner, sehingga dapat dibaca dengan jelas dari jarak jauh. Jenis penyelesaian ini umumnya digunakan dalam berbagai acara, seperti konferensi, toko, dan pusat perbelanjaan.

7 Ukuran Banner Standar yang Ada, Pilih yang Mana?

Baca Juga

5. Finishing Kedar Banner

finishing kedar banner
Finishing kedar banner

Kedar banner merujuk pada jenis penyelesaian banner dengan tiang berbentuk hook yang memiliki ruang untuk meletakkan banner di dalamnya. Banner dipasang pada tiang untuk mengikuti bentuknya, dan untuk menampilkannya. 

Kamu dapat menarik tiang di bagian bawah sehingga banner yang tergulung di dalamnya muncul. Proses membuka kedar banner mirip dengan menarik rolling banner, tetapi dengan fokus pada bagian finishing yang kokoh dan tahan lama.

Cetak X Banner

Baca Juga



Pemilihan finishing yang tepat sangat penting agar banner dapat digunakan dengan maksimal. Ada beberapa jenis finishing banner yang tersedia, seperti eyelet, lubang angin, kelim, rongga dan tiang, dan kedar.

Masing-masing jenis finishing banner memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Maka dari itu, penting untuk memilih finishing yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaan banner. Misal, kamu ingin cetak spanduk 5 meter, maka kamu perlu mempertimbangkan finishing mana yang paling cocok untuk ukuran tersebut.

Jika kamu berada di Jakarta dan membutuhkan jasa untuk percetakan, baik itu untuk spanduk atau banner atau yang lainnya, kamu dapat mengandalkan wellenprint.com yang merupakan jasa percetakan Jakarta yang berkualitas dan terjangkau.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *