call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Digital Printing7 Warna Banner Makanan yang Menarik, Kunci Pikat Pelanggan

7 Warna Banner Makanan yang Menarik, Kunci Pikat Pelanggan

Bingung memilih warna banner makanan yang menarik? Persaingan di industri kuliner semakin ketat, sehingga pelaku usaha perlu untuk memilih strategi promosi yang efektif dan efisien. Banner menjadi salah satu media promosi visual yang tepat dengan tugas menampilkan citra bisnis dan menu lezat yang ditawarkan. 

Pemilihan warna yang tepat untuk desain banner berpengaruh besar terhadap penerimaan visual audiens. Warna bukan hanya sekadar estetika, tetapi juga memiliki kekuatan untuk menggugah selera, menciptakan kesan tertentu, dan bahkan mempengaruhi keputusan pembelian. Anda dapat menggunakan rekomendasi aneka warna banner yang menarik untuk bisnis kuliner berikut.

1. Cobain Warna-Warni Full Colour!

Pilihan warna banner yang bagus untuk bisnis makanan adalah warna warni (full colour). Pemilihan warn aini memberikan kesan ceria, dinamis, dan modern. Cocok sekali untuk bisnis kuliner yang ingin menyasar anak muda sebagai target konsumen. Gradasi warna halus dan perpaduan warna kontras membuat banner lebih hidup dan menarik perhatian audiens!

Tips:

  • Cetak banner makanan dengan kombinasi warna harmonis dan enak dilihat.
  • Gunakan warna-warna yang merepresentasikan merek atau jenis makanan yang dijual.
  • Pastikan teks tetap mudah dibaca di atas latar belakang warna-warni.

2. Warna Hitam/Putih yang Estetik

Hitam dan putih juga bisa menjadi warna banner makanan yang menarik. Keduanya merupakan warna klasik yang bersifat eternal; tak lekang zaman. Kesan elegan, minimalis, dan profesional yang dihasilkan cocok buat brand makanan yang ingin tampil eksklusif.

Tips:

  • Mainkan kontras antara hitam dan putih untuk menonjolkan elemen penting seperti nama menu atau promo.
  • Pilih font yang mudah terbaca dengan latar warna monokrom.
  • Tambahkan sentuhan warna lain sebagai aksen, misalnya warna emas atau merah pada logo.

3. Warna Merah dan Gold

Contoh banner makanan yang menarik bisa menggunakan warna merah yang identik dengan energi, semangat, dan meningkatkan nafsu makan. Di sisi lain, emas melambangkan kemewahan dan prestise. Bila Anda menggabungkan keduanya, akan tercipta kesan mewah, berani, dan pastinya membuat lapar.

Tips:

  • Gunakan warna emas secara proporsional agar tidak terkesan berlebihan.
  • Padukan dengan elemen grafis dan font yang elegan sesuai ukuran banner

4. Warna Spanduk Makanan Kuning

Anda juga bisa memilih warna kuning untuk mempercantik desain pada bahan backlite banner. Kuning biasanya menjadi simbol dari kebahagiaan, kehangatan, dan aura positif. Warna ini juga merangsang nafsu makan, lho! Sangat cocok digunakan untuk spanduk makanan dan minuman, terutama yang bercita rasa manis atau asam. 

Tips:

  • Gunakan berbagai tingkat kecerahan kuning untuk menciptakan dimensi pada desain.
  • Padukan dengan gambar makanan yang menarik dan menggugah selera.

5. Warna Desain Spanduk Biru

Warna banner makanan yang menarik lainnya adalah biru. Warna ini memberikan kesan tenang, percaya diri, dan segar. Biru cocok untuk berbagai jenis makanan, terutama makanan laut (seafood), dan minuman dingin.

Tips:

  • Gunakan berbagai gradasi biru untuk menciptakan desain yang menarik.
  • Padukan dengan warna putih atau abu-abu; warna netral yang tidak akan tumpang tindih dengan biru.
  • Jangan menambahkan warna yang terlalu gelap karena justru membuat hasilnya kurang menarik.

6. Warna Pastel yang Soft untuk Spanduk Makanan

Menarik perhatian audiens bukan berarti harus memilih warna-warna mencolok dan bertabrakan yang membuat sakit mata. Anda bisa memilih warna-warna pastel yang lembut untuk menciptakan kesan manis, feminin, dan modern. Cocok untuk sarana promosi bisnis kuliner berupa makanan pencuci mulut, kedai kopi, atau produk makanan ringan yang menyasar wanita sebagai konsumen.

Tips:

  • Gunakan kombinasi warna pastel yang harmonis agar sedap dipandang. 
  • Pastikan untuk menambahkan elemen grafis menarik, seperti pola atau ilustrasi.

7. Warna Desain yang Gelap

Warna banner makanan yang menarik terakhir adalah warna-warna gelap, seperti: hitam, biru tua, atau abu-abu tua. Pemilihan warna gelap memberikan kesan misterius, elegan, dan berkelas. Warna-warna gelap cocok untuk brand makanan yang ingin menonjolkan eksklusivitas dan cita rasa premium.

Tips:

  • Anda wajib membuat desain yang menarik agar meskipun banner menggunakan warna gelap, tapi tetap mudah dibaca dengan menggunakan font yang tepat dan cukup pencahayaan.
  • Padukan dengan warna terang untuk menciptakan kontras dan atur kombinasinya agar tidak menciptakan warna yang bertubrukan.

Berikut beberapa tambahan dalam pemilihan warna dan mempertegas perbedaan spanduk dan banner.

  • Pertimbangkan target audiens Anda secara matang. Siapa target pasar Anda? Anak muda, dewasa, atau keluarga? Sesuaikan warna banner dengan preferensi target konsumen.
  • Pertimbangkan lokasi pemasangan banner. Pastikan warna banner terlihat kontras dengan latar belakang sekitarnya supaya lebih mudah menarik perhatian.
  • Gunakan material banner yang berkualitas meskipun harga cetak banner jadi sedikit lebih mahal. Material yang baik akan membuat warna terlihat lebih tajam dan durabilitas media promosi ini juga lebih panjang.
  • Sertakan call to action yang jelas. Arahkan calon pelanggan untuk melakukan tindakan yang diinginkan, misalnya: “Beli Sekarang Diskon 50%!” atau “Kunjungi Outlet Kami!”.

Banner makanan merupakan alat promosi yang powerful! Masing-masing warna  mengandung filosofi tersendiri yang memengaruhi konsumen secara psikologis. Banner dengan pemilihan warna yang tepat dapat menjadi jembatan visual menuju hidangan lezat yang Anda tawarkan. Pengaruh warna dapat menggugah selera, meningkatkan daya tarik bisnis, dan mendorong target konsumen membeli sehingga penjualan meningkat.Jadi, pastikan memilih warna banner makanan yang menarik. Eksplorasi berbagai kombinasi warna sesuai selera target konsumen, dan sesuaikan dengan citra brand yang  ingin  dibangun. Bila Anda menemukan kesulitan untuk memilih warna bahkan mendesain banner, jangan ragu berkonsultasi dengan tim Wellen Print yang akan memberikan masukan secara profesional dan pasti tepat.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?