call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
UkuranIni Jenis dan Ukuran Kalender Meja dan Dinding, Beda Emang?

Ini Jenis dan Ukuran Kalender Meja dan Dinding, Beda Emang?

Kalender adalah hasil cetak dari sistem penanggalan yang punya fungsi untuk mengatur dan merencanakan agenda individu maupun perusahaan. Terdiri dari serangkaian hari, minggu, dan bulan. Tergantung jenisnya, sistem penanggalan yang ada pada kalender terkait dengan pergerakan matahari atau bulan. Dan berbagai ukuran kalender sudah lama menjadi andalan masyarakat dalam setiap aktivitasnya.

Ini membantu dalam penentuan tanggal acara, jadwal kerja, dan perencanaan aktivitas. Artikel ini akan menjelaskan berbagai jenis ukuran kalender dan jenis-jenis kalender yang ada di Indonesia.


Apa Aja Jenis Kalender yang Ada di Indonesia

Di Indonesia, terdapat berbagai jenis kalender seperti Masehi, Hijriah, Jawa, Sunda, dan Saka yang mencerminkan keragaman budaya dan agama. Ini merupakan alat yang penting untuk mengorganisir dan merencanakan kegiatan sehari-hari, sosial, dan keagamaan. Berikut beberapa jenisnya:

1. Kalender Masehi

kalender masehi
Contoh kalender masehi

Kalender Masehi, juga dikenal sebagai kalender Gregorian, adalah sistem penanggalan yang paling banyak penggunaannya di dunia. Berdasarkan pada penanggalan Matahari, kalender ini mengatur tahun menjadi 12 bulan. Masing-masing dengan jumlah hari antara 30 atau 31, kecuali bulan Februari yang memiliki jumlah antara 28 atau 29 hari.

Mulai dari peradaban Romawi, banyak yang mengadopsi kalender ini secara luas karena akurasinya dalam menentukan musim dan hari libur agama Kristen. Kalender Masehi mencakup tahun-tahun sebelum dan setelah kelahiran Yesus Kristus dan menjadi dasar waktu yang umum di dunia modern.

2. Kalender Hijriah

kalender hijriah
Contoh kalender hijriah

Kalender Hijriah adalah sistem penanggalan lunar yang banyak umat muslim gunakan. Fungsi utamanya untuk menentukan hari-hari penting dalam agama Islam. Berdasarkan pergerakan bulan, kalender ini terdiri dari 12 bulan dengan jumlah hari yang berbeda dengan kalender Masehi setiap tahun.

Kalender Hijriah menentukan tahun pertamanya pada waktu Nabi Muhammad melakukan hijrah dari Mekah ke Madinah. Umat muslim menggunakan kalender ini untuk menentukan bulan Ramadhan dan hari-hari besar lainnya dalam agama Islam. Kalender Hijriah memiliki pengaruh besar dalam budaya dan tradisi umat Islam di seluruh dunia.

3. Kalender Jawa

kalender jawa
Contoh kalender jawa

Kalender Jawa adalah sistem penanggalan tradisional yang kebanyakan penggunanya merupakan warga etnis Jawa dari pulau Jawa, Indonesia. Mendasarkan pada kombinasi perhitungan astronomi dan kepercayaan Hindu-Buddha, kalender ini memiliki tahun berdasarkan siklus bulan dan matahari.

Terdiri dari 12 bulan dengan jumlah 30 atau 31 hari, kalender Jawa sering menjadi acuan untuk merencanakan upacara adat, perayaan, dan hari baik. Meskipun tidak resmi, masih banyak masyarakat yang memakainya dan memiliki dampak besar dalam budaya Jawa.

4. Kalender Sunda

kalender sunda
Contoh kalender sunda tahun 1947

Kalender Sunda adalah sistem penanggalan tradisional yang mayoritas pengguna utamanya merupakan orang-orang asli suku Sunda di Jawa Barat, Indonesia. Mirip dengan kalender Jawa, sistem ini berdasarkan pada perhitungan matahari dan bulan.

Dengan 12 bulan dalam setahun, kalender Sunda sering jadi acuan masyarakat untuk menentukan hari baik, perayaan adat, dan aktivitas pertanian. Meskipun negara tidak mengakuinya secara resmi, kalender ini masih banyak yang menggunakannya dan memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari serta budaya masyarakat Sunda.

5. Kalender Saka

kalender saka bali
Contoh kalender saka

Kalender Saka, juga memiliki sebutan lain sebagai kalender Hindu-Buddha, adalah sistem penanggalan yang menjadi andalan masyarakat di India dan Asia Tenggara. Berdasarkan pergerakan matahari, kalender ini terdiri dari 12 bulan dengan 30 atau 31 hari.

Dengan tahun dimulai pada bulan Chaitra, penggunaan utama kalender ini untuk menentukan hari libur agama dan perayaan. Meskipun di jaman modern tidak banyak yang menggunakannya, namun beberapa orang masih memakainya untuk keperluan sehari-hari. Kalender Saka tetap memegang peranan penting dalam tradisi dan budaya umat Hindu dan Buddha di Indonesia.

Lalu Apa Aja Ukuran Kalender?

Ukuran kalender merujuk pada dimensi fisik dari kalender itu sendiri, yang dapat bervariasi tergantung pada jenis dan tujuan penggunaannya. Anda bisa custom ukuran kalender di digital printing Jakarta Selatan terbaik terpercaya. Berikut adalah beberapa ukuran umum yang digunakan untuk kalender:

1. Ukuran Kalender Dinding

kalender dinding
Kalender dinding

Ukuran kalender dinding bervariasi, mulai dari A3 hingga lebih besar, agar mudah terlihat dari jarak jauh di dinding. Biasanya banyak hiasan dengan gambar menarik dan informasi penting. Banyak yang menggunakan kalender dinding ini di rumah, kantor, atau tempat umum untuk merencanakan aktivitas sehari-hari. Untuk dapat melakukan cetak kalender dinding gunakan jasa cetak terbaik agar mendapatkan hasil berkualitas.

Ukuran kalender dinding bervariasi seperti 31 cm x 48 cm, 31 cm x 54 cm, 60 cm x 40 cm dan 70 cm x 50 cm. Ukurannya yang besar memungkinkan untuk mencantumkan tanggal, hari libur, dan catatan penting lainnya dengan jelas. Kalender dinding merupakan alat yang berguna untuk mengatur waktu dan merencanakan kegiatan.

Ini Standar Ukuran Kertas dari Seri A4 Hingga Seri R, Simak!

Baca juga

2. Ukuran Kalender Meja

kalender meja
Kalender Meja

Ukuran dari kalender meja atau kalender duduk umumnya lebih kecil dan ringkas, sering kali sekitar ukuran A5 atau lebih kecil dan paling umum menggunakan ukuran 15 cm x 20 cm, cocok untuk meja kerja atau meja samping tempat tidur. Meskipun kecil, kalender ini tetap menyediakan ruang untuk mencatat tanggal, catatan, dan jadwal penting. Untuk mencetak jenis kalender ini harus menggunakan mesin percetakan khusus sehingga bisa membuat berbagai macam model dan desain kalender meja.

Sementara, yang membutuhkan jasa cetak kalender meja biasanya individu ataupun perusahaan. Umumnya berguna untuk aksesoris meja kerja yang memiliki banyak fungsi. Ukurannya yang ringkas membuat siapapun tidak sulit untuk membawanya dan peletakkannya pun bebas tergantung keinginan pelanggan.

Jenis Ukuran Spanduk yang Ideal Untuk Promosi Bisnis

Baca juga

3. Ukuran Kalender Poster

kalender poster
Kalender Poster

Ukuran kalender poster seringkali seukuran poster biasa, dan digunakan untuk dekorasi atau promosi. Dengan dimensi yang lebih besar,membuat salah satu produk percetakan bernama kalender poster ini menyediakan ruang untuk gambar yang menarik dan informasi yang jelas. Ukuran kalender poster biasanya menggunakan ukuran 35 cm x 50 cm, 38 cm x 55 cm, 60 cm x 40 cm atau 70 cm x 50 cm.

Cocok untuk dihias di dinding ruangan atau digunakan sebagai alat promosi di tempat umum. Kalender poster merupakan pilihan populer bagi mereka yang menginginkan kalender yang mencolok dan mudah dilihat, serta menambahkan sentuhan visual yang menarik pada ruangan.

5 Jenis Ukuran Poster di Indonesia, Kamu Udah Liat?

baca juga





Memilih jenis dan ukuran untuk kalender yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda dapat membantu Anda mengatur waktu dan merencanakan aktivitas dengan lebih efisien. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai jenis dan ukuran kalender yang tersedia di Indonesia. Jika Anda masih bingung dimana bisa mendapatkan berbagai macam model kalender menarik, Anda bisa mendapatkannya di jasa digital printing.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *