call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Mesin PercetakanMudah Aja Ternyata, Ini Cara Laminating Tanpa Mesin Dirumah!

Mudah Aja Ternyata, Ini Cara Laminating Tanpa Mesin Dirumah!

Rupanya, cara laminating tanpa mesin tidak sulit. Melaminasi dokumen penting untuk mengamankan dari debu, percikan air, gigitan hewan, dan segala potensi kerusakan lainnya. Terutama untuk dokumen-dokumen penting seperti akta, ijazah, sertifikat, dan sejenisnya. Dan ternyata, melakukan proses laminating bisa kamu coba sendiri di rumah. Ada beberapa opsi yang bisa dipraktekkan.


Cara Laminating Sendiri dengan Mudah tanpa Alat

Cara laminating sendiri tanpa alat yang dimaksudkan di sini adalah tidak menggunakan mesin laminasi yang biasanya hanya dimiliki pabrikan besar di bidang percetakan. Teknik yang satu ini menekankan pada bahan laminasi yang dipakai untuk menggantikan peranan alat laminating untuk menghasilkan lapisan pelindung dokumen. Kamu bisa memilih salah satu metode berikut:

 Jilid Menggunakan Lembaran Laminating (Self-Laminating Sheet)

Kamu bisa menggunakan jenis plastik laminating berupa lembaran plastik film yang satu ini. Ada dua jenis tampilan, yaitu bening dan doff. Biasanya, lembaran ini dijual mulai dari Rp20.000,00 per pack isi 50 lembar. Teknik pengaplikasiannya sangat mudah, karena masing-masing permukaan plastik laminasi sudah terpasang lem di bagian ujung setiap sisi.

Cukup pisahkan plastik bagian atas dan bawah, posisikan dokumen tepat di tengah-tengah, kemudian atur agar letaknya presisi. Tekan-tekan sedikit kuat, tunggu selama 5 – 10 menit, maka laminating memakai jenis lembaran ini menunjukkan perekatan sempurna. Inilah salah satu perbedaan press dan laminating yang mana press dokumen harus mengandalkan bantuan alat pemanas.

Jilid Menggunakan Kantong Laminating (Laminating Pouch)

Metode laminating tanpa mesin selanjutnya adalah dengan memanfaatkan laminating pouch. Plastik – tepatnya kantong, yang umumnya berwarna buram atau doff, bisa dipakai sebagai lapisan laminasi. Kamu hanya perlu memasukkan dokumen ke dalam kantong tersebut. Namun, bukankah kantong itu tidak memiliki segel maupun lem yang menjamin dokumen akan aman dimasukkan ke dalamnya?

Meskipun tidak ada segel maupun lem yang otomatis terpasang, kantong laminating tetap mampu mengamankan dokumennya. Kamu hanya perlu menggunakan setrika dengan temperatur sedang, kemudian melapisi dengan kain, lalu menggosokkannya ke kantong untuk menghasilkan panas dan dokumen tersimpan sempurna di dalamnya. Kamu bisa mencoba menerapkannya pada kantong laminasi doff dan glossy.

Jilid Menggunakan Isolasi Transparan (Transparent Package Tape)

Cara laminating tanpa mesin lainnya yaitu dengan menggunakan isolasi transparan atau bening. Jadi, kamu perlu menggunting isolasi dengan kelebihan 1 cm dari ukuran dokumen yang hendak dilaminasi, kemudian letakkan dokumen di atasnya dan mulai perekatan perlahan. Melalui deskripsi singkatnya saja kamu tentu sudah paham bahwa teknik ini memerlukan konsentrasi tinggi.

Sebab, sekali ditempel dan terjadi kesalahan seperti tidak tertutupnya keseluruhan permukaan dokumen, kamu tidak akan bisa mengulangnya tanpa menyebabkan kerusakan. Memang, kamu tidak perlu datang ke fotokopi atau fotocopy untuk melakukannya, tapi teknik dan material laminasi yang satu ini terlalu riskan. Jika bukan orang yang teliti dan ulet, jangan dicoba!

Cara Laminating Sendiri Menggunakan Setrika

Selain menggunakan mesin laminating yang cukup mahal, ada alternatif alat lain yang bisa kamu jadikan bantuan. Sebagaimana sudah disinggung melalui salah satu poin di atas, kamu bisa memanfaatkan panas dari setrika untuk melaminasi dokumen. Bagaimana cara laminating sendiri dengan setrika mulai dari persiapan alat, bahan, hingga tahapannya? Berikut uraian selengkapnya!

Persiapan Alat dan Bahan Laminating di Rumah

Pertama, kamu wajib mempersiapkan alat-alat serta bahan yang akan digunakan. Tenang saja, karena bisa dipastikan perlengkapan yang dibutuhkan tidak serumit persiapan membuat ID card. Adapun alat dan bahan yang harus disiapkan antara lain:

  • Setrika; usahakan yang memiliki lapisan anti lengket.
  • Plastik laminating, biasanya jenis kantong atau plastik film yang berperekat di mana panas setrika akan mengurangi durasi menunggu lem plastik film kering.
  • Dokumen / kertas / foto yang ingin dilaminasi.
  • Kain tipis atau handuk untuk lapisan antara plastik dengan setrika agar tidak berkontak langsung.

Panduan dan Langkah-langkah Laminating dengan Setrika

Jika semua persiapan alat dan bahan sudah sempurna, tinggal melakukan langkah-langkah di bawah ini supaya dokumen kamu bisa terlaminasi:

1. Siapkan plastik dan dokumen yang akan dilaminasi.

2. Panaskan setrika dengan suhu sedang.

3. Letakkan dokumen di dalam kantong laminating atau di tengah dua lembar plastik film.

4. Tutupi dokumen dan plastik memakai kain tipis atau handuk. Sebab, jika setrika berkontak langsung dengan plastik jelas akan gosong hingga bolong.

5. Posisikan setrika, kemudian gosok dengan gerakan memutar ke seluruh permukaan dokumen dan plastik.

6. Lakukan beberapa kali, kemudian pastikan plastik telah menempel sempurna. Jika belum, maka kamu hanya perlu mengulangi langkah-langkah di atas.

7. Pastikan dokumen dan lapisannya sudah menempel sempurna sebelum merapikan sudut-sudut yang sudah dilaminasi.

Tidak sulit bukan cara laminating tanpa mesin sebagaimana penjabaran di atas? Pastikan untuk mencoba mempraktekkannya di rumah, apalagi untuk kebutuhan laminating skala kecil seperti ijazah pribadi. Namun jika butuh laminasi kertas / dokumen dalam kuantitas besar, sebaiknya percayakan pada percetakan profesional seperti Wellen Print untuk mengurusnya dengan cepat dan tepat.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?