call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
UkuranBingung Cari Ukuran Undangan yang Tepat? Liat Aja Disini

Bingung Cari Ukuran Undangan yang Tepat? Liat Aja Disini

Memilih ukuran undangan merupakan langkah penting dalam merencanakan sebuah acara. Ukuran kertas tidak hanya memengaruhi tampilan dan kesan keseluruhan undangan. Akan tetapi juga memengaruhi seberapa efektifnya informasi mengenai acara sampai kepada para tamu undangan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai berbagai ukuran kertas yang umumnya jadi bahan untuk undangan. Kita juga akan membahas kelebihan dan kekurangan masing-masing ukuran untuk referensi tambahan bagi Anda.


1. Ukuran A4

ukuran undangan a4
Ukuran Undangan A4

Pemilihan ukuran kertas undangan merupakan langkah penting dalam merencanakan acara.  Dan umumnya undangan menggunakan ukuran A4. Ukuran kertas undangan A4 (210 x 297 mm) adalah pilihan populer untuk acara formal. Kelebihannya terletak pada ruang yang luas untuk desain kreatif dan informasi detail.

Cocok untuk pernikahan, acara bisnis, hingga acara gala dinner. Namun, kelemahan cetak undangan dengan ukuran kertas satu ini adalah ukurannya yang besar, membuatnya kurang cocok untuk acara santai.

Meskipun demikian, fleksibilitasnya dalam mencetak desain rumit atau berwarna-warni menjadikannya pilihan yang menarik. Dengan kertas undangan A4, Anda dapat menciptakan undangan yang elegan dan informatif untuk membuat kesan yang tahan lama bagi para tamu undangan.

5 Perbedaan Flyer dan Brosur Paling Menohok dan Mencolok

Baca juga

2. Ukuran A5

ukuran undangan a5
Ukuran Undangan A5

Ukuran kerta sundangan A5 (148 x 210 mm) menawarkan kepraktisan dalam presentasi undangan. Cocok untuk acara yang lebih santai seperti pesta ulang tahun atau pertemuan keluarga. Kelebihannya terletak pada kemudahan penyimpanan dan kemampuan untuk dicetak dengan jelas.

Namun, ruang yang terbatas mungkin menjadi kendala dalam mencantumkan informasi detail. Meskipun demikian, ukuran yang ringkas membuat undangan terlihat ramah tas dan mudah untuk membawanya. Dengan kertas undangan A5, Anda dapat memberikan kesan yang menyenangkan dan santai kepada para tamu undangan, menciptakan suasana yang hangat dan akrab untuk acara Anda.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa memesan di digital printing Jakarta selatan terbaik guna mendapatkan hasil terbaik pula. Jangan lupa pastikan ukurannya sudah sesuai dengan kebutuhan.

4 Ukuran Buku Menu Biasanya Digunakan Di Tempat Makan, Cek

Baca juga

3. Ukuran Custom

Selain dua produk percetakan undangan di atas, Anda juga bisa memiliki ukuran undangan custom. Ukuran undangan custom memberikan keleluasaan untuk menyesuaikan ukuran kertas dengan kebutuhan dan gaya acara.

Kelebihannya termasuk kemampuan untuk menciptakan undangan yang unik dan sesuai dengan tema, serta memberikan ruang lebih untuk kreativitas. Namun, kelemahannya adalah biaya produksi yang mungkin lebih tinggi dan waktu yang dibutuhkan untuk perancangan yang lebih detil.

Undangan satu ini mengusung kata custom yang artinya pelanggan bebas memesan ukuran mana saja untuk cetak undangan. Hal ini dapat memberikan kesan personal dan eksklusif untuk setiap undangan yang dibuat. Beberapa jenisnya bisa Anda cek di bawah ini:

a. Ukuran Undangan Acara Anak

Jenis yang pertama ada ukuran undangan acara untuk anak-anak. Ukuran undangan acara anak biasanya lebih kecil dan ceria. Dengan desain yang lucu dan warna-warni, seperti desain undangan ulang tahun dimana undangan ini menciptakan kesan yang menyenangkan bagi anak-anak dan orang tua.

Produk undangan ini dicetak dengan mesin percetakan khusus yang konsep menyesuaikan dengan permintaan pembeli. Jika Anda ingin membuat jenis undangan ini, siapkan saja konsepnya seperti apa. Tim percetakan yang akan mengatur semua prosesnya untuk Anda.

b. Ukuran Undangan Acara Syukuran

Undangan acara syukuran biasanya berukuran sedang atau lebih besar dengan desain yang lebih formal namun tetap ramah. Cocok untuk acara keluarga atau teman. Memberikan informasi dengan jelas untuk merayakan momen bahagia bersama.

Untuk ukuran kertas satu ini sesuai dengan namanya yaitu custom. Artinya disesuaikan dengan permintaan pembeli yang tentunya sesuai juga dengan kebutuhan mereka.

Dengan memahami berbagai ukuran kertas undangan yang tersedia, Anda dapat memilih ukuran yang paling sesuai dengan tema, gaya, dan kebutuhan acara Anda. Maka Anda bisa fokus pada acara yang akan Anda adakan.

Setiap ukuran memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pastikan untuk mempertimbangkan dengan cermat sebelum membuat keputusan akhir. Dengan memilih ukuran kertas undangan yang tepat, Anda dapat menciptakan undangan yang sempurna untuk acara Anda.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *