call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Ukuran3 Ukuran Cetak Stiker Kamu Buat Kamu yang Cari Ukurannya!

3 Ukuran Cetak Stiker Kamu Buat Kamu yang Cari Ukurannya!

Bagi kamu yang memiliki bisnis, stiker adalah salah satu media promosi yang ampuh untuk digunakan. Stiker bisa ditempelkan di produk untuk memperkenalkan brand atau ditempelkan di tempat-tempat umum yang mudah dilihat untuk mempromosikan perusahaan. Selain ditempelkan di lokasi tertentu, stiker juga bisa diberikan sebagai cinderamata.

Stiker sendiri adalah salah satu hasil cetak yang dibuat dengan menggunakan berbagai bahan stiker mulai dari kertas, plastik, vinyl dan lain sebagainya. Di salah satu sisi stiker ada perekat yang memudahkanmu menempelkannya ke berbagai media. Agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya, penting untuk memilih ukuran cetak stiker yang sesuai.

Untuk mencetak stiker, kamu bisa memilih ukuran custom. Namun biasanya penyedia jasa cetak sudah memiliki banyak pilihan ukuran kertas cetak stiker. Berapa saja ukuran standar untuk cetak stiker? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Komplit! Ukuran Kartu Nama Standard Indonesia dan Internasional

Baca juga

Ukuran Cetak Stiker Label

Stiker umumnya memiliki berbagai ukuran yang disesuaikan dengan kebutuhan. Namun, penting untuk memperhatikan proporsi agar stiker tidak terlalu kecil atau terlalu besar, sehingga objek yang ditempelkan tetap menarik secara visual.

Salah satu pilihan ukuran cetak stiker cutting yang perlu diketahui oleh pemilik bisnis adalah stiker label. Label ini tidak hanya digunakan pada produk seperti koper, makanan, buku, skincare dan lain sebagainya tapi juga bisa ditempelkan ke undangan. Ukuran label biasanya akan disesuaikan dengan media yang akan dipasangi label. Ukuran standar stiker untuk label adalah sebagai berikut:

Kode StikerUkuran Stiker (dalam cm)
880.7 x 3.6
990.5 x 3.6
1003.8 x 9.5
1015 x 9.5
1024.7 x 4.7
1033.2 x 6.4
1042.3 x 7.5
1052.4 x 3.7
1062.5 x 2.5
1071.8 x 5
1081.8 x 3.8
1091.3 x 3.8
1101.6 x 2.2
1111.2 x 1.8
1120.8 x 2
1213.7 x 7.5
1221.7 x 8.5
1231.2 x 3
1244.0 x 5.7
1251.6 x 3.1
1261 x 5
1291.7 x 5.8

Dengan kode-kode ini, kamu bisa langsung memilih dan memesannya ke jasa cetak stiker dengan mudah.

Ukuran Cetak Stiker Bulat

Selain ukuran, bentuk stiker juga berbeda-beda. Tidak ada standar baku yang menentukan bagaimana bentuk stiker yang bisa kamu gunakan. Dengan metode cutting stiker die and kiss, penyedia jasa cetak stiker bisa membuat bentuk apa saja yang dibutuhkan oleh klien. Salah satu bentuk yang umum digunakan adalah lingkaran. Standar ukuran untuk stiker bulat adalah sebagai berikut:

  • Diameter 1,5 cm
  • Diameter 2-2,5 cm
  • Diameter 5-5,5 cm
  • Diameter 6-6,5 cm
  • Diameter 7 cm.

Meski opsi ukuran di atas adalah pilihan yang standar, kamu tentu tetap bisa mencetaknya dengan ukuran yang dibutuhkan. Jadi kalau mau cetak stiker ukuran besar, kamu tinggal membicarakannya dengan penyedia jasa cetak. Namun, jangan lupa pastikan bahwa ukurannya proporsional dengan media yang akan ditempeli stiker.

Ini Perbedaan Die Cut dan Kiss Cut pada Cetak Stiker, Simak!

Baca Juga

Ukuran Cetak Stiker Persegi

Bentuk stiker lainnya yang umum digunakan adalah bentuk persegi. Seperti halnya ukuran stiker bentuk lingkaran, stiker dengan bentuk persegi memiliki berbagai ukuran yang bervariasi. Namun, rasio perbandingan yang umum digunakan untuk bentuk persegi adalah 1:1. Sementara untuk persegi panjang, rasio perbandingan dapat berkisar antara 1:2, 1:3, sampai 1:4, atau bahkan lebih.

Contohnya kamu ingin membuat stiker dengan bentuk persegi rasio 1:1. Jika panjangnya adalah 10 cm, maka lebarnya juga akan menjadi 10 cm, ini akan membuat stiker tersebut berbentuk persegi. Untuk stiker persegi panjang dengan rasio 1:2, jika tingginya atau lebarnya adalah 5 cm, maka panjangnya akan menjadi 10 cm. Demikian pula untuk rasio 1:3, tingginya atau lebarnya menjadi 15 cm, dan untuk rasio 1:4, panjangnya akan menjadi 20 cm.

Ukuran stiker yang akan dicetak bisa disesuaikan lagi, tergantung proporsinya dengan media yang akan ditempeli stiker. Selain dengan menggunakan penghitungan lewat rasio, kamu juga bisa memilih ukuran standar berikut ini:

  • 4 x 6 cm
  • 4,5 x 8 cm
  • 5 x 7 cm
  • 5 x 9 cm
  • 6 x 10 cm
  • 7 x 12 cm
  • 9 x 13 cm.

Ukuran Brosur yang Ada di Pasaran, Jangan Salah Pilih YA!

Baca juga

Apa Pengaruh Ukuran terhadap Proses Cetak Stiker?

Ukuran stiker memiliki dampak signifikan pada proses cetak dan kualitas hasilnya. Dimensi yang tepat mendukung ketajaman detail dan kejelasan pesan visual. Pertimbangan teknis, seperti resolusi dan skala produksi, memainkan peran kunci dalam menjaga kualitas cetakan. 

Memilih ukuran yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan melibatkan evaluasi desain stiker, pertimbangan lokasi pemasangan, dan preferensi audiens, sembari tetap mempertimbangkan kemampuan mesin cetak. Keselarasan ini penting untuk mencapai hasil stiker yang memuaskan secara estetis dan fungsional.

Sebagai salah satu media promosi, ukuran cetak stiker berpengaruh pada efektivitasnya. Ukuran stiker yang tepat dan proporsional tidak hanya memudahkan audiens untuk memahami isinya, tapi juga meningkatkan nilai estetikanya. Pastikan kamu memilih ukuran dan bentuk stiker yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Setelah menentukan pilihan, jangan lupa serahkan proses pembuatan stikermu kepada penyedia layanan percetakan tepercaya. Wellen Print sebagai percetakan Jakarta Selatan dan percetakan Tangerang dengan pengalaman bertahun-tahun di bidang percetakan digital, siap membantumu mewujudkan desain stiker yang dapat melesatkan bisnismu.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?