call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Mesin PercetakanPerbedaan Stapler dan Staples, Loh Emang Ada Bedanya?

Perbedaan Stapler dan Staples, Loh Emang Ada Bedanya?

Pinjam staples dong.” Kalimat tersebut biasa dikatakan seseorang saat hendak meminjam sebuah alat untuk menyatukan tumpukan kertas. Namun ternyata, alat yang dimaksud adalah stapler.

Meskipun mayoritas orang mengerti tentang alat yang sangat penting di dunia percetakan tersebut, masih banyak yang menghiraukan perbedaan stapler dan staples. Untuk itu mari kita ketahui perbedaan dari kedua benda tersebut agar kamu memakai istilah yang benar untuk ke depannya.



Apa Pengertian dari Stapler

stapler
Stapler

Stapler adalah perangkat yang digunakan untuk menggabungkan atau menyatukan berbagai media, seperti kertas, dengan cara memasukkan staples ke dalamnya

Orang-orang sering keliru dalam mengartikan perbedaan stapler dan staples. Lalu apa itu staples? Staples sendiri merupakan bahan yang digunakan sebagai penghubung yang ada di dalam stapler. 

Dengan kata lain, fungsi utama stapler adalah untuk merekatkan berbagai media dengan menggunakan staples sebagai pengikatnya.

Ini Standar Ukuran Kertas dari Seri A4 Hingga Seri R, Simak!

Baca juga

Apa Saja Jenis dari Stapler?

Terdapat tiga jenis stapler, dan satu di antaranya lebih sering kita temui di kehidupan sehari-hari dibanding dua jenis lainnya. Berikut keterangan lebih lengkapnya.

Stapler Manual

stapler manual
Stapler Manual

Sesuai namanya, stapler manual dioperasikan menggunakan kekuatan tangan. Jenis stapler yang satu ini tersedia dalam berbagai ukuran dan merupakan jenis yang paling sering digunakan.

Stapler manual yang berukuran kecil cocok digunakan untuk pekerjaan ringan seperti menyatukan beberapa lembar kertas. Stapler ini juga sangat praktis karena dapat dengan mudah dibawa ke manapun.

Selain itu, terdapat juga staples manual besar untuk memudahkan tugas yang lebih berat seperti menyatukan lembaran buku. Namun, staples ini tidak terlalu praktis dan biasa ditempel di atas meja.

Stapler Elektrik

stapler elektrik
Stapler Elektrik

Jenis stapler elektrik pada dasarnya memiliki kegunaan yang sama dengan stapler manual. Perbedaan terdapat pada sumber tenaga yang dibutuhkan, yaitu listrik.

Dengan itu, stapler listrik sangat dibutuhkan saat kekuatan tangan tidak mampu untuk mengaplikasikan stapler manual pada media yang sangat tebal seperti ratusan lembar kertas. Stapler jenis ini juga dapat menyelesaikan tugasnya dengan lebih cepat dan mudah.

Stapler Jahit Kawat

stapler jahit
Stapler Jahit Kawat

Tidak seperti stapler manual atau elektrik yang memakai staples “U”, alat ini memanfaatkan gulungan kawat untuk menjepit buku. Pemakaian mesin ini sangat sesuai bagi industri berskala besar karena efisien dan menghemat biaya.

Pengertian dari Staples

staples
Staples

Staples merupakan potongan logam berbentuk seperti gigi yang berbentuk “U”, staples digunakan untuk mengikat atau menggabungkan berbagai media. Fungsinya adalah sebagai pengencang dalam dua arah. Ukuran dan ketebalan staples memengaruhi kekuatannya dalam menyatukan media.

Staples dianggap efektif jika kedua ujungnya lebih panjang dari ketebalan media yang akan digabungkan. Jika ujungnya tidak terlipat, disarankan untuk memilih staples yang lebih besar dan lebih tebal agar penggabungan media menjadi lebih kuat dan kokoh. 

Contohnya, staples diperlukan saat mencetak buku, maka staples yang dipilih harus lebih besar dan tebal dibanding tebal lembaran yang akan digabung. Selain staples berukuran kecil dan tipis, terdapat juga staples yang lebih besar dan tebal yang biasanya digunakan untuk mengikat media seperti kertas tebal, kardus, dan karton. 

Bahkan, ada staples yang sangat besar dan tebal yang dapat digunakan untuk menggabungkan media seperti kayu, atap, dan media berat lainnya, biasanya dengan menggunakan alat seperti gun staples dan palu.

Cetak Buku Yasin

Baca juga

Bentuk dari Staples

Selain tersedia dalam bentuk memanjang, staples juga tersedia dalam bentuk roll. Dengan variasi bentuk ini, diperlukan perangkat dan mesin yang berbeda pula untuk menggunakannya. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut dari berbagai macam bentuk staples:

Bentuk Full Strip Staples

Staples yang dikenal sebagai staples lajur penuh atau full strip staples ini memiliki dimensi yang memanjang dan biasanya mengandung sekitar 200 biji staples. Hal ini menyebabkannya membentuk suatu lajur staples yang memanjang, sesuai dengan namanya.

Meskipun mempunyai ukuran yang panjang, staples ini dapat dipotong menjadi beberapa bagian jika diperlukan. Namun, untuk menggunakan staples ini secara keseluruhan, diperlukan stapler yang memiliki dimensi panjang dan besar. 

Umumnya, stapler untuk full strip staples digunakan dalam industri percetakan atau untuk pekerjaan yang membutuhkan penggunaan staples dalam jumlah besar, berbeda dengan stapler konvensional yang biasanya ditemukan di rumah atau toko-toko kecil.

Perbedaan Emboss dan Deboss, Emang Boleh Sebeda Itu?

Baca juga

Bentuk Half Strip Staples

Staples lajur separuh atau half strip staples, seperti yang dideskripsikan dari namanya, merupakan varian staples yang hanya memiliki separuh dari jumlah staples dalam full strip staples. Umumnya, satu lajur staples lajur separuh berisi sekitar 100 biji staples, menjadikannya sebagai pilihan yang lebih ringkas daripada full strip staples.

Selain itu, seperti halnya full strip staples, staples lajur separuh ini juga dapat dipotong menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan. Stapler untuk staples lajur separuh lebih umum ditemukan di berbagai tempat seperti rumah, kantor, atau sekolah karena kepraktisannya dalam penggunaan sehari-hari.

Perbedaan Fotokopi dan Fotocopy Menurut KKBI dan PUPI

Baca juga

Bentuk Roll Stapler

Staples jenis roll memiliki bentuk yang berbeda dengan full strip staples dan half strip staples yang biasanya memanjang. Staples jenis ini hadir dalam bentuk gulungan, dengan staples yang rata atau lurus, tidak seperti tapal kuda atau huruf “U” pada umumnya, sehingga terlihat berbeda dari jenis staples lainnya.

Penggunaan staples jenis ini tidak memiliki batasan jumlah yang pasti, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Staples yang tergulung dalam satu roll besar ini umumnya digunakan untuk pekerjaan yang membutuhkan tekanan besar dan hanya dapat dipakai menggunakan alat atau mesin jahit kawat.

Ukuran dari Staples

ukuran staples
Ukuran Stapler

Staples sering diidentifikasi dengan format X/Y, misalnya pada sebuah wadah staples tertera label 24/6. X mengacu pada diameter kawat staples dalam satuan AWG (American Wire Gauge), yang diukur dalam milimeter (mm). Sedangkan Y menunjukkan panjang batang kawat dalam mm. Namun, terdapat pengecualian, seperti ukuran No. 10.

Untuk kebutuhan kantor dan rumah, ukuran staples umumnya adalah 13/6, 13/8, 24/6, 24/8, 26/6, dan No. 10 untuk stapler mini. Sedangkan staples untuk pekerjaan berat menggunakan ukuran 13/10, 13/14, 23/8, 23/12, 23/15, 23/20, dan 23/24.

Berikut adalah beberapa ukuran staples yang umum digunakan:

  • Staples kecil, seperti No. 10 (JIS) atau No. 23 (Eropa-Amerika), cocok untuk menjilid kertas fotokopi hingga sekitar 20 lembar.
  • Staples sedang, dengan isi No. 3 atau No. 35, mampu menjilid kertas fotokopi sekitar 30-75 lembar contohnya pada cetak majalah, tergantung pada stapler yang digunakan.
  • Staples besar menggunakan isi No. 1 atau No. 12, dapat menjilid kertas fotokopi dari sekitar 50-250 lembar seperti jenis jilid buku, sesuai dengan kapasitas stapler. Namun, staples ini tidak cocok untuk jumlah kertas yang sedikit karena stapler yang digunakan memiliki bentuk yang panjang.

Cara Membuat Hard Cover Jilid, Loh? Segampang Itu?

Baca juga

Kelebihan dari Staples

Dari berbagai bahan untuk merekatkan media, staples adalah salah satu yang terbaik. Pertama, staples tidak meninggalkan noda seperti lem saat digunakan, menjadikannya pilihan yang bersih dan praktis. 

Kelebihan lainnya adalah permukaan crown staples yang lebih luas dan besar dibandingkan dengan bahan pengencang lain seperti benang, sehingga cocok untuk media yang tipis. 

Crown staples juga berperan sebagai penghubung antara leg sisi kanan dan kiri, yang membuatnya mudah dalam menyatukan media. Selain itu, produksi staples lebih sederhana dibandingkan dengan sekrup dan paku. 

Harganya yang terjangkau, terutama untuk penggunaan pribadi dengan ukuran staples standar, juga menjadi nilai tambah. Pembelian satu wadah umumnya berisi minimal 50-100 staples, sehingga ekonomis dalam penggunaan jangka panjang.

Staples dan stapler memiliki peran yang krusial dalam proses percetakan yang efisien dan berkualitas. Perbedaan stapler dan staples adalah stapler sebagai alat yang berfungsi untuk menyatukan berbagai media seperti kertas dengan menggunakan staples sebagai pengikatnya. 

Staples sendiri adalah bahan pengikat yang ada di dalam stapler. Kelebihannya termasuk kemampuan dalam menyatukan media dengan baik, tidak meninggalkan noda, dan relatif ekonomis.

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *