call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
Apparel6 Perbedaan Sablon DTG dan DTF yang Bingung Mau Cetak yang Mana

6 Perbedaan Sablon DTG dan DTF yang Bingung Mau Cetak yang Mana

Belum terlalu paham dengan perbedaan sablon dtg dan dtf? Keduanya merupakan teknik sablon yang berbeda, baik dari segi mesin cetak, ukuran, metode pengaplikasian, desain, dan ketahanannya. Kamu perlu mengetahui semuanya agar lebih mudah menentukan jika hendak menyablon kaos. Yuk, kenalan dulu dengan masing-masing jenis sablon tersebut, baru membahas tentang perbedaannya!


Pengertian Teknik Sablon Direct to Garment (DTG)

Sablon DTG (Direct To Garment) adalah jenis sablon kaos dengan teknik modern yang mencetak gambar langsung pada kain menggunakan printer khusus – tanpa perantara alat. Inilah yang membedakan dtg dengan sablon tradisional yang menggunakan media bantu (layar atau saringan tipis) dengan tinta manual. Mulai dari proses gambar hingga finishing, menggunakan mesin.

Pengertian Teknik Sablon Direct to Transfer (DTF)

Lantas, bagaimana dengan sablon kaos dtf? Teknik sablon Direct To Film merupakan metode penyablonan di mana mencetak gambar pada kain menggunakan media perantara berupa film khusus. Metode ini merupakan inovasi alias pengembangan dari sablon konvensional. Peralatan yang dibutuhkan banyak dan prosesnya lebih rumit dari dtg, tapi soal hasil, sama bagus.

Apa Saja Perbedaan Cetak DTG dan DTF

Jadi, apa perbedaan sablon dtg dan dtf yang kamu tangkap dari deskripsi teknik sederhana di atas? Jika kamu masih merasa bingung, maka bisa menyimak masing-masing poin berikut untuk lebih memahami tentang perbedaannya:

Dari Jenis Mesin Cetak yang Digunakan

Perbedaan sablon dtg dan dtf yang pertama adalah mesin cetak yang dipakai untuk mengaplikasikan desain pada kaos. Jika sablon dtg menggunakan mesin printing modern untuk mencetak langsung desain pada kaos, teknik dtf tidak menggunakan mesin, melainkan media transfer berupa kertas film terlebih dahulu. Setelah itu, baru desain dicetak ke kaos.

Ukuran Cetak Sablon yang Dihasilkan

Jika diminta jelaskan perbedaan sablon dtg dan dtf , perbedaan mencolok berikutnya adalah ukuran hasil cetak. Jika dtf memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu setara dengan kertas A3, sedangkan dtg ukurannya lebih kecil, namun bervariasi, seperti a4 dan A5. Namun, dtg bisa diatur untuk ukuran A3, hanya resolusinya jadi pecah.

Perbedaan Metode Sablon Baju Kaos

Tidak ada persiapan khusus sablon dtg, karena printer yang digunakan sudah didukung sistem pengaturan standar. Tinta dipersiapkan dalam mesin untuk kemudian dicetak langsung pada kaos lengan pendek maupun panjang yang hendak dicetak. Berbeda dengan dtf yang harus melelehkan tinta terlebih dahulu, kemudian menempelkan disertai tekanan pada kaos agar desain tercetak.

Jenis Tinta yang Digunakan untuk Mencetaknya

Berikutnya, untuk sablon kaos lengan panjang dan pendek, menggunakan tinta berbeda untuk masing-masing teknik. Teknik dtf memakai jenis tinta Vator Ink yang berbahan dasar air. Seperti apa hasilnya? Sablon yang sudah diaplikasikan bersifat kenyal, tidak mudah retak, dengan kesolidan warna yang bagus. Bagaimana dengan tinta yang digunakan untuk teknik dtg?

Inilah perbedaan sablon dtg dan dtf lainnya. Teknik dtg memakai jenis tinta Textile Germany Basic Water Based. Bahan dasarnya sama-sama air, namun lebih cepat kering sehingga tidak perlu melalui proses penjemuran manual dan bisa langsung dikemas – bahkan dikenakan. Hasil desain yang tercetak pada kaos juga jadi lebih tajam dan halus.

Bagaimana Desain Baju Sablon yang Dihasilkan?

Lantas, bagaimana dengan hasil cetak kaos dengan masing-masing teknik di atas? Kamu bisa menyimak tabel berikut untuk mempermudah mengetahuinya:

Sablon DTGSablon DTF
Menampilkan gradasi warna halus.Tidak mudah retak.
Desain tercetak dengan tajam dan detail.Elastisitasnya bagus.
Presisi gambar lebih bagus karena ada pengaturan otomatis dari mesin.Detail warna akurat dan elemen desain tercetak sempurna, cocok untuk desain rumit.

Kualitas dan Daya Tahan Kaos Sablon

Jika berbicara tentang kualitas cetak, tentu keduanya seimbang. Begitu pula dengan daya tahan kaos karena masing-masing sama awetnya jika dirawat dengan benar. Kaos dengan sablon dtg sebaiknya tidak sering dicuci karena akan mudah membuat hasil sablonannya retak. Sebaiknya juga tidak menggunakan mesin cuci, melainkan tangan, dan sablonan diarahkan ke dalam.

Sementara untuk sablon dtf, sebaiknya tidak terkena setrika terlalu sering. Bisa juga dengan tidak menyetrika di bagian desain sablonannya. Perhatikan juga temperatur setrika agar dalam posisi sedang. Mengapa demikian? Sebab hasil sablon dengan teknik cetak ini retak bila berkaitan dengan suhu tinggi mengingat materialnya berupa tinta yang dilelehkan suhu panas.

Tunggu Apalagi? Penuhi Kebutuhan Cetak Kaos DTG dan DTF Anda Di Wellen Print!

Sudah paham bukan tentang perbedaan sablon dtg dan dtf? Sederhananya, pilih sablon dtg jika Anda ingin mencetak langsung pada kain dengan gradasi warna terang dan kuantitas besar dan cepat selesai. Sedangkan untuk kuantitas kecil atau pengerjaan yang membutuhkan ketelitian, kamu bisa memilih sablon dtf.

Sementara soal biaya, dtg sedikit lebih mahal dari dtf akibat jenis tinta dan mesin yang digunakan. Namun, untuk segi tampilan pada kaos, sama-sama bagus. Namun, tentu hal itu juga bergantung pada percetakan tempat kamu melakukan sablon. Percayakan pada Wellen Print saja untuk hasil sablon kaos dengan teknik dtg maupun dtf.

Kenapa harus di Wellen Print? Karena Wellen Print menggunakan mesin canggih dan peralatan serta bahan yang berkualitas. Mempercayakan kebutuhan sablon kamu di sini tidak akan mengecewakan, baik untuk pemesanan skala kecil, sedang, maupun besar. Apalagi untuk kebutuhan penunjang bisnis seperti kaos seragam kantor untuk event atau souvenir. Yuk, pesan sekarang! 

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?