call us:   0811-969-0809

Follow us:





Wellen Print
PrintMembuat Hardbox yang Kokoh

Membuat Hardbox yang Kokoh

Akhir-akhir belakangan ini budaya berkirim hampers semakin dikenal oleh banyak orang, sehingga hal ini membuat kemasan hardbox juga semakin dicari oleh beberapa orang. Sebab, kemasan yang sering disebut dengan nama rigid box tersebut memiliki beberapa keunggulan yang sangat menarik.

Nantinya, jenis kemasan ini akan melalui proses pembuatan yang cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Maka dari itu, semua orang bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya, perhatikan penjelasannya di bawah ini!

Cara Membuat Hardbox dengan Mudah

Umumnya, hampers akan diberikan pada hari-hari yang spesial seperti hari raya, hari ulang tahun, hari pernikahan, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, hampers harus dibungkus dengan menggunakan kemasan yang kokoh serta cantik. Dengan begitu, tampilannya akan terlihat lebih menarik.

Pada dasarnya, hampers itu sendiri memiliki makna yang tidak jauh berbeda dari parcel. Hanya saja, hampers lebih sering diartikan sebagai bingkisan berisi makanan dan minuman yang dikemas dengan cantik. Nantinya, hampers dapat dibungkus menggunakan hardbox yang melalui proses pembuatan:

1. Siapkan Mesin, Alat, dan Bahan yang akan Dipakai

Tak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya kemasan ini dapat dibuat dengan menggunakan 2 cara yang berbeda, yaitu manual serta memakai mesin yang berkualitas. Jika cara manual itu sendiri akan memakan waktu dan tenaga yang lebih banyak, untuk cara kedua akan terasa lebih praktis.

Ada beberapa jenis mesin yang bisa digunakan untuk membuat kemasan ini, yaitu mesin slotting V-Cut, mesin isolasi box, serta mesin lem. Jadi, sebelum membuat jenis kemasan ini yang kokoh, Anda perlu menyiapkan beberapa jenis mesin tersebut terlebih dahulu.

Setelah mesin yang akan dipakai sudah siap, maka sekarang Anda bisa menyiapkan beberapa jenis peralatan serta bahan lainnya. Mulai dari cutter, penggaris metal, lem, pensil, karton tebal seperti yellowboard, kappaboard, atau greyboard, dan beberapa bahan seperti ini lainnya akan dibutuhkan.

2. Tentukan Dimensi Kotak dengan Sebaik Mungkin

Jika bahan hardbox sudah disiapkan dengan baik, maka Anda bisa melanjutkan langkah ini dengan menentukan dimensi kotak yang akan dibuat. Dalam hal ini, dimensi dari kotak itu sendiri harus disesuaikan dengan ukuran hadiah yang akan diberikan ke orang-orang tersayang.

Tentukan panjang, lebar, serta tinggi dari kotak tersebut, sehingga Anda tidak melakukan kesalahan ketika menentukan dimensi kotaknya. Nantinya, ukuran dimensi kotak ini akan sangat berperan penting, meskipun proses pembuatannya dilakukan dengan menggunakan mesin profesional.

3. Buat Layout Kotak dengan Tepat

Selain dimensi kotak, layout dari kotak tersebut juga perlu diperhatikan dengan baik. Untuk membuat layout kotak yang tepat, Anda bisa melakukannya di kertas karton yang berukuran 2 mm. Gunakan penggaris untuk mengukur garis dari bahan dasar pembuatan kotak tersebut.

Dengan begitu, garis-garis yang telah dibuat tersebut bisa lebih terlihat lurus. Jika masih ada yang melengkung, Anda bisa mengoreksinya lagi sebelum melanjutkan ke tahapan berikutnya. Yang terpenting, semua langkah ini dilakukan secara presisi dan tepat.

Tahapan ini tidak boleh diabaikan begitu saja, karena dapat memengaruhi langkah-langkah yang akan dilakukan selanjutnya.

4. Potong Kertas Karton (Yellowboard, Kappaboard, atau Greyboard)

Dalam tahapan ini, Anda harus menyesuaikan ukurannya dengan ukuran layout yang telah dibuat sebelumnya. Jadi, orang-orang yang akan melakukan tahapan ini harus memperhatikan bagian mana saja yang benar-benar harus dipotong serta bagian yang bisa digaris saja.


Umumnya, beberapa bagian yang tidak harus dipotong ini akan diberi garis dengan menggunakan ujung punggung pisau cutter yang telah disiapkan. Dengan begitu, proses menekuk sisi-sisi kemasan tersebut bisa dilakukan secara lebih mudah serta cepat.

Selain itu, proses memotong kertas karton ini juga harus dilakukan dengan sangat teliti. Pastikan ukurannya benar-benar sama dengan layout yang telah dibuat, sehingga ukuran kotak tersebut sudah benar dan sesuai bentuk hadiahnya.

5. Ubah Bentuk Kertas Karton menjadi Kotak

Cara membuat hardbox yang selanjutnya adalah mengubah bentuk kertas karton yang telah dipotong tadi menjadi bentuk kotak. Untuk mengubah bentuk dari kertas karton tersebut, Anda bisa menekuknya dengan teliti. Dalam hal ini, gunakan penggaris yang terbuat dari besi untuk melakukan prosesnya.

Ketika proses ini dilakukan dengan menggunakan penggaris besi, maka hal ini akan membuatnya tidak membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, proses ini sebenarnya juga bisa dilakukan dengan menggunakan mesin rigid yang canggih.

Mesin rigid dapat memberikan hasil yang lebih presisi dan prosesnya pun dapat berlangsung secara lebih cepat. Jadi, Anda bisa lebih menghemat waktu, biaya, serta tenaga yang harus dikeluarkan untuk melakukan proses ini.

6. Rekatkan Bagian Sisi Kotaknya

Proses merekatkan bagian sisi kotak ini bisa dilakukan dengan menggunakan selotip yang benar-benar rekat. Meski begitu, Anda tidak harus memasang selotip tersebut dari bagian ujung ke ujung lainnya. Sebab, tahapan ini hanya perlu dilakukan sampai sisi-sisi kotak tersebut menempel dengan aman.

Sebelum masuk ke tahapan terakhir, proses ini memang harus dilakukan dengan benar. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan dengan baik seluruh bagian sisi dari kotak tersebut, apakah semua sudah tertempel dengan benar atau belum.

7. Beri Lapisan Luar yang Menarik

Untuk tahapan yang satu ini akan termasuk dalam proses finishing yang harus dilakukan dengan baik. Dengan memberikan lapisan luar yang menarik seperti ini, tampilan dari kemasan tersebut bisa terlihat lebih estetik serta cantik. Dalam hal ini, Anda bisa memakai kertas pembungkus yang paling cocok.

Sesuaikan kertas pembungkus tersebut dengan keinginan masing-masing orang. Selain itu, saat memotong kertas pembungkus tersebut, sesuaikan juga dengan polanya. Dengan begitu, hasilnya bisa terlihat lebih menarik, cantik, dan rapi.

Saat memasang kertas pembungkus ini, jangan lupa untuk memberi lapisan lem tipis pada bagian pinggir kertas pelapisnya. Dengan memberinya lem tipis seperti ini, akan membuat kertas pelapis lebih rekat ketika dipasang.

8. Hardbox Siap Dipakai

Jika semua tahapan di atas sudah dilakukan dengan benar, maka sekarang kemasan tersebut sudah bisa digunakan dengan baik. Orang-orang yang berhasil membuat rigid box tersebut bisa mengisi kotaknya dengan hadiah-hadiah yang akan diberikan ke teman, pasangan, ataupun keluarganya.

Umumnya, jenis kemasan ini akan digunakan untuk membungkus hadiah makanan, minuman, ataupun aksesoris-aksesoris mungil yang cantik. Meski begitu, hal ini tidak membuat kemasan kotak tersebut hanya bisa digunakan untuk membungkus jenis-jenis hadiah itu.

Pastikan ukuran dari kotak tersebut sudah sesuai dengan jenis hadiah yang akan diberikan, sehingga kualitas dari hadiah itu bisa selalu terjaga dengan baik. Sebab, jenis kemasan ini memang memiliki tingkat ketahanan yang cukup besar.

Bagi orang-orang yang merasa cara di atas terlalu sulit untuk dilakukan, Anda bisa membeli produk hardbox ini langsung di https://wellenprint.com/. Anda bisa mencetak berbagai jenis produk printing berkualitas di sini, sehingga Anda tidak perlu meluangkan waktu untuk membuatnya sendiri.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?