call us:   0811-969-0809

Follow us:





Kemasan Hardbox

Hardbox memiliki fungsi yang beragam dengan sejumlah kelebihan yang ditawarkan seperti desain yang mewah, kokoh, dan solid, serta ukuran yang variatif.

Ini Dia 4 Fungsi Hardbox dan Kelebihannya

Memulai sebuah usaha memang tidak melulu soal modal saja, namun kemasan produk juga perlu untuk diperhatikan. Bagi Anda yang menjalankan bisnis aksesoris dan lain sebagainya, kemasan hardbox adalah pilihan yang tepat karena desainnya yang solid dan kokoh.

Lalu, berapakah harga cetak hard box custom?  Keunggulan apa saja yang ditawarkan dari kemasan hard box? Untuk mengetahui jenis kertas untuk hard box, fungsi, dan keunggulannya, mari simak ulasan berikut ini.  

Mengenal Kemasan Hard Box

Nilai dari sebuah produk memang bisa didongkrak dengan penggunaan kemasan yang menarik. Kemasan hard box bisa membuat produk terkesan mahal dan premium. Lalu, apa yang dimaksud dengan hard box?

Hard box atau disebut juga rigid box merupakan kotak yang dirancang sedemikian rupa dengan sisi-sisi yang solid dan kaku. Hardbox ini juga akan terasa kokoh ketika dipegang sehingga memberikan kesan premium yang tidak murahan.

Desain hard box yang kokoh dan solid ini tentunya tidak terlepas dari bahan yang digunakan untuk membuatnya. Cara membuat hard box bisa dilakukan dengan mudah, namun membutuhkan keterampilan khusus dan penggunaan kertas yang tebal seperti duplex, kappa board, dan lain-lain.

Jenis-jenis Kertas Hard Box

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jenis kertas yang digunakan untuk pembuatan hard box adalah jenis kertas yang kaku sehingga bisa menghasilkan hard box yang kokoh dan kaku. Berikut ini beberapa jenis kertas yang biasa digunakan untuk hard box.

1. Yellowboard dan Greyboard

Jenis kertas yang sering digunakan untuk membuat hard box yaitu Yellowboard dan Greyboard. Sesuai dengan namanya, kertas Yellowboard memiliki warna kuning kotor dengan bahan yang ringan, tidak keras, dan empuk.

Sementara itu, untuk kertas Greyboard memiliki warna abu-abu gelap dengan ketebalan sekitar 1-4 mm. Jenis kertas ini biasanya menggunakan kode nomor mulai dari 40-45 untuk menentukan ketebalannya. Semakin kecil nomornya, maka semakin tebal pula kertas Greyboardnya.   

2. Duplex

Jenis kertas selanjutnya yang biasa digunakan untuk membuat hard box yaitu kertas duplex. Jenis keras ini memiliki permukaan depan berwarna putih dan permukaan lainnya berwarna abu-abu. Kertas jenis ini cukup tebal sehingga cocok untuk kemasan produk yang rawan rusak atau pecah.

3. Art Paper

Art paper juga termasuk jenis kertas yang sering digunakan untuk pembuatan hard box. Kertas jenis ini memiliki permukaan berwarna putih dengan tekstur yang licin dan sedikit mengkilap (glossy).

4. Linen

Jenis kertas untuk hardbox selanjutnya yaitu kertas linen. Sama seperti kain linen, jenis kertas ini memiliki permukaan yang bertekstur sedikit kasar dengan pilihan warna hitam dan putih.

5. Ivory

Ivory juga menjadi salah satu jenis kertas yang biasa digunakan untuk hard box. Kertas satu ini memiliki karakteristik yang hampir sama seperti art paper dengan bagian sisi berwarna putih dan sisi lainya bertekstur doff.

Kertas jenis ini banyak digunakan untuk pembuatan hardbox packaging produk kecantikan atau kosmetik. Kertas ini tersedia dalam pilihan gramatur 210 gram hingga 400 gram di mana semakin tinggi gramaturnya, maka semakin tebal juga kertas ivory tersebut.

6. Kappa Board

Jenis kertas selanjutnya yang biasa dipakai untuk membuat hard box yaitu kappa board. Dibandingkan jenis kertas lainnya, kappa board dibanderol dengan harga paling mahal karena termasuk produk impor.

Kertas jenis ini memiliki karakteristik yang tebal, permukaan halus, dan tidak berbau. Kertas dengan ciri khas warna abu-abu muda ini memiliki ketebalan yang variatif yaitu 2-4 mm. Keunggulan lain dari kertas ini yaitu sudah bersertifikasi khusus sehingga aman dan bebas zat kimia berbahaya.

7. Kraft

Kraft juga menjadi salah satu jenis kertas yang sering dipakai untuk hard box. Kertas jenis ini terbuat dari olahan kayu pinus dengan 2 pilihan warna yaitu brown kraft (coklat) dan white kraft (putih).

8. Kertas Fancy

Fancy paper atau kertas fancy juga menjadi salah satu jenis kertas yang sering digunakan untuk hard box. Kertas jenis ini memiliki tekstur, warna, dan motif yang beragam seperti RCP, Jasmine, Wibalin, dan masih banyak lagi.

Fungsi Hardbox

Setelah mengetahui jenis kertas yang biasa dipakai untuk bahan hard box, Anda juga harus tahu fungsi dari penggunaan hard box. Hard box sendiri sering digunakan sebagai tempat untuk kado, kemasan souvenir, dan keperluan lainnya. Nah, berikut ini beberapa fungsi dari hard box. 

1. Tempat Souvenir

Hard box sering digunakan untuk tempat souvenir untuk memberikan kesan mewah dan premium. Souvenir dengan kemasan hard box ini sering dijumpai di acara kantor atau acara-acara resmi lainnya.

2. Kotak Kado

Selain untuk tempat souvenir, hard box juga sering digunakan untuk tempat kado. Dengan desain yang elegan, kokoh, dan solid, hard box dapat memberikan kesan aesthetic dan berkelas. Cukup ditambah dengan pita sebagai pemanis, tampilan kotak kado dari hard box akan terlihat semakin menarik.

3. Kemasan Produk Mewah

Produk-produk yang dikemas dengan hard box biasanya akan terlihat lebih menarik dan terkesan mewah. Karena mampu memberikan kesan premium dan classy, maka tidak heran jika hard box sering dipakai untuk mengemas produk-produk mewah seperti perhiasan, jam tangan, dan lain-lain.

4. Hampers atau Parcel

Karena desain dan bentuknya yang kokoh dan aesthetic, hard box sering dipakai untuk tempat parcel atau hampers. Ukuran hard box juga sangat variatif apalagi jika Anda order custom sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Selain bisa menambah nilai estetik, penggunaan hard box untuk kemasan parcel atau hampers juga mampu melindungi barang di dalamnya dari tekanan atau benturan karena bentuknya yang kokoh dan kuat.

Kelebihan Hard Box Dibandingkan Kemasan Lainnya

Dibandingkan kemasan kardus atau kertas lainnya, hard box memang menawarkan sejumlah kelebihan. Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan dari hard box atau rigid box.

1. Kokoh

Karena terbuat dari jenis kertas yang tebal, hard box memiliki karakteristik yang kuat, kokoh, dan solid. Hard box juga tidak mudah rusak sehingga cocok digunakan untuk kemasan produk mewah, kotak kado, dan lain sebagainya.

2. Bisa Dipakai Kembali

Kelebihan lainnya yang ditawarkan dari hard box yaitu bisa digunakan kembali. Bentuk hard box didesain dengan menarik, kuat, dan tidak mudah rusak sehingga orang akan merasa sayang untuk membuangnya dan akan menggunakannya kembali untuk menyimpan barang.

3. Bentuk dan Ukuran Beragam

Hard box tersedia dalam berbagai pilihan bentuk dan ukuran yang beragam mulai dari ukuran kecil hingga besar. Dengan bentuk dan ukuran hard box yang variatif, Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan keinginan.

4. Memberi Kesan Mewah dan Aesthetic

Penggunaan hard box untuk kemasan produk, kotak kado, atau tempat penyimpanan barang memang mampu memberikan kesan mewah dan aesthetic. Karena karakteristiknya yang kokoh dan solid, hard box akan membuat suatu barang terlihat makin elegan dan classy.

Ulasan di atas bisa menambah wawasan dan referensi Anda mengenai hard box dan fungsinya. Bagi Anda yang membutuhkan jasa pembuatan hardbox murah dan berkualitas, Wellen Print adalah pilihan terbaik. Untuk info selengkapnya, cek segera di http://wellenprint.com/.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?