Bikin Poster Kekinian

Digital Printing ialah sebuah mesin yang memakai Metode Percetakan dari Gambar berbasis Digital, yang seringkali berupa File, kemudian dapat langsung dicetak di sekian banyak  Media dengan teknik yang Instan dan Cepat. Digital Printing adalah Hasil Inovasi Perkembangan dari Metode Percetakan yang konvensional, yang hadir seiring dengan Kemajuan Teknologi Dunia yang telah masuk di Era Digital.

Tanpa kualitas percetakan yang baik dan sesuai, semua desainer digital biasanya kecewa sebab desain khayalan mereka tidak bisa terwujud. Oleh sebab itu, kita membutuhkan strategi khusus supaya hasil cetak cocok dengan desain yang dibuat. Berikut ini sejumlah tips yang bisa Anda gunakan sebelum Anda mencetak karya desain terbaik anda. Dengan tips di bawah ini, Anda bisa menemukan hasil cetak yang maksimal. Beberapa petunjuk ini sangat sesuai untuk Anda yang hendak mencetak poster entah guna pajangan di lokasi tinggal sendiri ataupun poster pertunjukkan, kampanye, dan sebagainya.

1. Pilih CMYk atau RGB?

Sebelumnya anda sudah membicarakan bersangkutan dengan warna. Seperti yang anda ketahui, CMYK yang adalah kepanjangan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Black ini biasanya ialah kombinasi pewarnaan yang dipakai untuk percetakan. Sangat gampang sekali mengubah bentuk warna RGB (Red, Green, Blue) menjadi CMYK. Misalnya pada software Photoshop, Anda dapat memilih menu Image > Mode > CMYK Colour. Pewarnaan ini dipakai untuk merepresentasikan warna dengan akurat cocok dengan desain anda.

2. Setting resolusi yang tepat

Untuk menghasilkan percetakan yang sesuai, usahakan kita menciptakan file dalam ukuran besar. Ketika resolusinya terlampau rendah, maka gambar bakal buram atau pecah ketika dicetak. Pastikan file yang Anda buat mempunyai resolusi 300 dot (Dots Per Inch). Pengaturan ini dapat dilaksanakan dengan teknik File > New dan memenuhi 300 pada kotak resolution.

3. Mengatur ukuran Digital Printing yang tepat

Hal ini adalah yang simple. Namun dapat fatal akibatnya andai tidak dibereskan. Ada beberapa ukuran cetak, contohnya A2 (594mm x 420mm), A3 (420mm x 297mm), dan A4 (297mm x 210mm), dan sebagainya.

4. Memilih kertas yang cocok

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan ialah mempunyai jenis kertas yang tepat guna hasil cetak anda. Tak lupa juga untuk berat kertas yang sesuai. Bagi poster lebih sesuai menggunakan Art Paper dengan berat 120-150 gsm.

5. Format file

Tentukan bentuk file Digital Printing  yang aman sehingga cocok untuk desain anda. Anda dapat mengubahnya ke bentuk PDF dengan resolusi 300 dpi. Anda juga dapat menggunakan file JPEG andai resolusinya cocok dengan anda.

6. Lakukan Spellcheck

Tentu akan paling menyebalkan, bila Anda sudah menciptakan karya desain yang terbaik tetapi salah dalam penulisan. Oleh karena hal tersebut kita perlu mengerjakan check & recheck terhadap penulisan yang anda buat. Kesalahan penulisan bakal menyia-nyiakan semua desain poster anda. Pastikan tidak terdapat pemilihan kata yang salah, pengetikan huruf yang salah, terutama jika Anda menggunakan bahasa asing.

7. Menggunakan Vektor

Jika Anda hendak mencetak file Digital Printing dalam bentuk yang lumayan besar, Anda dapat mencetak memakai vektor. Anda dapat menggambar Vektor pada software Adobe Illustrator. Dengan vektor hasil cetak bakal terlihat lebih jernih.

8. Tentukan percetakan yang tepat

Pastikan Anda memilih lokasi percetakan yang dapat mencetak sesuai kemauan anda. Printer yang bertolak belakang akan menghasilkan hasil cetak yang bertolak belakang pula. Perhitungan pun kecepatan percetakan supaya hasilnya dapat berlalu pada masa-masa yang Anda inginkan. Pertimbangkan juga harga dan kualitas yang ditawarkan.

Percetakan Digital Printing yang bisa bikin poster kekinian dengan kualitas terbaik dan harga yang murah, hubungi WELLEN PRINT.

Artikel lainnya :

Cetak Spanduk Murah

Tips Memilih Tempat Percetakan yang Tepat dan Berkualitas

Tips Cetak Banner

Wellen print adalah perusahaan cetak digital yang berdiri sejak tahun 2007 di Jakarta. Kami melayani berbagai kebutuhan cetak promosi baik untuk personal, umkm maupun korporasi. Produk- produk cetak yang kami sediakan antara lain : sticker, spanduk, dokumen, kartu nama, merchandise dll. Kami dengan senang hati akan selalu memberikan solusi dan pelayanan cetak yang cepat, professional dan berkualitas untuk anda.

Digital Printing, Digital Printing Terdekat, Digital Printing Jakarta, Digital Printing Tangerang, Percetakan Digital Tangerang, Percetakan Digital Jakarta, Percetakan Digital Terdekat