call us:   0811-969-0809

Follow us:





Spanduk Kampanye Pilpres Pilkada

Dalam masa kampanye, pemasangan spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada memiliki peran penting. Selain sebagai sarana pembagi informasi, spanduk juga kerap digunakan tokoh yang akan mencalonkan diri sebagai salah satu pendekatan ke masyarakat.

Bagi orang yang belum memahami desain, maka terkadang tidak terlalu memikirkan masalah pemilihan jenis font atau tulisan. Padahal, jenis font ini memegang peran penting dalam menyampaikan ide dan informasi di dalam spanduk.

Pentingnya Memilih Huruf Spanduk Kampanye Pemilu Pilpres Pilkada

Meskipun terkesan hanya rentetan huruf, namun ternyata dapat membawa dampak cukup besar seperti berikut ini:

1. Daya Tarik Pertama

Selain gambar, hal yang menarik untuk dilihat tentu adalah tulisan. Dengan menggunakan jenis huruf yang tepat, maka kesan yang didapatkan juga tepat. Berbeda jenis huruf, maka karakter yang disampaikan juga berbeda.

Itulah sebabnya, spanduk yang dikhususkan untuk anak-anak akan memilih font yang berbeda dengan font yang dipakai dalam spanduk orang dewasa. Spanduk untuk hal kasual pun menggunakan font yang berbeda dengan spanduk acara resmi.

Itulah sebabnya judul selalu menjadi fokus pertama. Biasanya selain dibuat dengan perpaduan huruf besar dan kecil, tulisannya akan dibuat dengan bentuk tebal.

Jadi, orang yang melihatnya akan langsung tertuju pada bagian ide yang merupakan inti dari semua bagian informasi yang disampaikan. 

2. Kesesuaian dengan Format 

Spanduk memiliki ruang yang terbatas sehingga baik panjang tulisan maupun bentuk font harus disesuaikan. Sebab, terkadang satu font akan memiliki panjang yang berbeda dengan font lain. Hal ini bisa membuat tulisan menjadi bertumpuk dan tidak terbaca jika formatnya tidak tepat.

Itulah sebabnya mereka yang pintar akan desain pasti berusaha mengolah font dan ide tulisan dengan maksimal. Namun, jika tidak terlalu piawai dalam mendesain dan memilih font, Anda dapat mempercayakan hal tersebut kepada tim dari percetakan. 

3. Menentukan Ketersampaian Ide

Spanduk adalah media untuk menyampaikan informasi, termasuk spanduk tokoh-tokoh yang mencalonkan diri dalam kontestasi pemilu atau semua informasi terkait pemilu.

Dengan memilih format font yang tepat, maka ide yang ingin disampaikan bisa diterima oleh para pembaca dengan baik.

Saat membaca spanduk dalam waktu yang singkat, pembaca diharapkan sudah bisa menelaah maksud dari pembuatan spanduk tersebut. Itulah sebabnya, tulisan kerap dipadukan dengan simbol atau gambar.

Selain untuk mempersingkat tulisan, perpaduan ini juga membuat efek yang bagus dalam ingatan seseorang. Tempat percetakan terpercaya memiliki template yang sudah sering digunakan dalam membuat spanduk, hal ini dapat dijadikan referensi bagi Anda yang ingin membuat hal serupa. 

Rekomendasi Font yang Tepat untuk Spanduk Kampanye Pemilu Pilpres Pilkada

Sama seperti sema jenis tulisan, spanduk juga memiliki judul dan bagian badan teks. Untuk bagian judul, beberapa jenis font di bawah ini sangat tepat untuk digunakan:

1. Playfair Display

Font ini merupakan salah satu jenis font yang populer karena dirasa sebagai font yang tepat dan sempurna untuk bagian judul. Tampilan font ini bukan tampilan font template yang tampak konvensional, namun memberikan efek yang dinamis.

Bahkan jenis font ini menjadi salah satu font yang menjadi tren di tahun ini. Salah satu jenis font seri ini memberikan tampilan efek yang meningkat dan mengejutkan. Kontrasnya yang berani dan tinggi memberikan kesan tegas. Dengan demikian, fokus pembaca langsung kepada judul.

2. Veteran Typewriter

Bagi mereka yang menyukai gaya vintage, maka font satu ini bisa dipilih. Tampilan yang mirip dengan huruf mesin tik menjadikan font Veteran Typewriter sangat cocok dalam menampilkan kesan klasik dan retro. 

Tipe huruf yang hampir menyerupai tampilan serif ini memang terlihat cukup bergaya. Tipe ini cocok untuk judul cetak spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada karena menimbulkan keinginan untuk ikut bertindak.

Spanduk yang cocok menggunakan tipe huruf ini adalah spanduk untuk sosialisasi ajakan menggunakan hak pilih, memerangi hoax dan lain sebagainya.  

3. Poiret One

Jenis huruf ini terlihat menarik ketika ditempatkan di mana saja, baik judul, logo, badan teks, dan bagian lainnya. Tampilannya yang dekoratif dan geometris menimbulkan kesan inovatif dan dinamis. Bentuk huruf ini sangat cocok untuk mensosialisasikan hal yang berbau anak muda.

Tokoh yang ingin menyampaikan pesan bahwa mereka sederhana dan terus terang juga dapat menggunakan jenis font ini karena selaras dengan tampilan yang ditimbulkan. Jika ingin menyajikan pesan singkat, maka Poiret One juga dapat diletakkan di bagian badan teks.

4. Luckiest Guy

Bentuk huruf dari Luckiest Guy jika dilihat hampir serupa dengan tulisan tangan. Itulah sebabnya jenis huruf ini selalu dapat memenangkan perhatian dalam beberapa detik pertama. Hanya saja, berbeda dengan tulisan tangan yang cenderung tipis, Luckiest Guy dibuat dalam bentuk yang lebih tebal.

Jenis huruf ini memberikan kesan apa adanya dan reguler. Huruf ini cocok digunakan untuk spanduk yang menyampaikan sosialisasi tentang perilaku sehari-hari dan kegiatan konvensional lainnya.

5. Knewave

Font yang satu ini berbanding terbalik dengan Luckiest Guy karena memiliki tampilan yang berani. Jenis huruf ini cocok untuk menyampaikan ide inovatif yang penuh gebrakan. Jika digunakan dalam judul, maka orang akan langsung mengerti makna yang ditekankan.

Meskipun gaya yang ditampilkan tampak biasa, namun huruf ini dapat memberikan dukungan pada pada ide yang disampaikan. Huruf ini cocok ditampilkan dalam bentuk miring, huruf kecil, maupun tebal.

6. Gill Sans

Salah satu logo yang menggunakan jenis font ini adalah milik BBC. Huruf yang diciptakan oleh Eric Gill ini diciptakan tahun 1928 dan masih digunakan hingga sekarang. Font dalam keluarga Sans Serif ini merupakan huruf dengan gabungan gaya klasik dan modern.

Selain dapat digunakan untuk buat spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada, jenis huruf ini juga cocok digunakan dalam poster maupun logo. Pesan yang disampaikan dalam huruf ini adalah kesuksesan dan individual.

7. Avant Garde

Salah satu jenis font yang dianggap futuristik pada zamannya adalah Avant Garde. Huruf yang diciptakan oleh Herb Lubalin dianggap revolusioner. Font ini pertama kali tercipta dan dipampang di majalah Avant Garde sebagai logo terbaru mereka.

Sejak itulah huruf ini menjadi terkenal dan digunakan hingga sekarang. Karakternya sangat sesuai dengan namanya yang grande dan besar.

8. Franklin Gotik

Jenis huruf yang satu ini masuk ke dalam penciptaan modern karena dirilis pada awal abad ke-20 Pencipta dari huruf ini adalah Morris Fuller benton yang mendapatkan kesuksesan besar setelah merilis jenis huruf fenomenal ini.

Hal ini dikarenakan banyak judul tajuk utama di berbagai koran dan iklan menggunakan jenis huruf satu ini. Jenis huruf ini sangat cocok untuk menonjolkan ide yang ingin disampaikan dari spanduk, baik tentang tokoh maupun produk.

Bagi Anda yang membutuhkan spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada, kami menyediakan solusi untuk kebutuhan tersebut. Kunjungi saja situs resmi kami di https://wellenprint.com/ dan temukan berbagai informasi dan penawaran menarik sekarang juga!

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?