call us:   0811-969-0809

Follow us:





Spanduk Kampanye Pemilu

Spanduk sering dijadikan sebagai Alat Peraga Kampanye (APK) yang dapat memberikan hasil terbaik kepada para kandidat. Kendati demikian, spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada harus dibuat dengan tata cara yang tepat. Untuk itu, Anda perlu mengetahui tata caranya dengan baik.

Ketika masa kampanye sudah mulai dekat, hal ini bisa dilihat dari banyaknya spanduk kampanye yang terpampang di jalanan. Ada beragam jenis spanduk yang dipasang untuk kepentingan kampanye dari setiap kandidat. Dalam hal ini, kami akan membahas tentang tata cara membuat spanduk kampanye.

Cara Menentukan Desain Spanduk Kampanye Pemilu Pilpres Pilkada

Proses pemasangan spanduk untuk kebutuhan kampanye harus dilakukan sesuai dengan prinsip serta aturan yang berlaku di setiap daerah. Jadi, setiap tim kampanye harus memperhatikan aspek lingkungan, etika, dan estetika dari suatu daerah yang akan menjadi tempat dari spanduk tersebut.

Mereka harus memastikan bahwa pemasangan spanduk tersebut tidak akan merusak lingkungan maupun pemandangan yang ada di sekitar. Selain itu, spanduk ini juga harus dibuat sesuai dengan tujuan awalnya. Berikut adalah cara tepat untuk menentukan desain spanduk kampanye terbaik:

1. Perhatikan Struktur dan Susunan Elemen pada Spanduk

Tips buat spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada yang pertama adalah dengan memperhatikan struktur serta susunan elemen yang ada dalam spanduk tersebut. Pastikan di dalam spanduk tersebut hanya ada 5 elemen atau komponen yang berkaitan dengan aktivitas kampanye.

Nantinya, setiap elemen yang ada di spanduk ini dapat saling melengkapi sehingga pesan yang ada pada spanduk tersebut bisa lebih mudah untuk tersampaikan. Biasanya, pesan yang ada pada spanduk kampanye akan bersifat persuasif.

Sebab, tujuan dari pembuatan dan pemasangan spanduk kampanye adalah untuk mengajak masyarakat memilih kandidat yang ada di spanduk tersebut sebagai pemimpin daerah. Jadi, spanduk tersebut harus dibuat dengan mengutamakan tujuan ini.

2. Perhatikan Kombinasi Warna Spanduk

Selain struktur dan susunan elemen yang ada pada spanduk kampanye, Anda juga harus memperhatikan kombinasi warna yang ada di dalamnya. Biasanya, spanduk kampanye akan memiliki warna yang sesuai dengan partai masing-masing kandidat.

Namun, spanduk kampanye juga boleh dibuat dengan menggunakan warna yang lebih menarik. Dengan begitu, akan ada lebih banyak orang yang tertarik untuk melihat spanduk tersebut. Semakin banyak orang yang melihat spanduk tersebut, hal ini dapat meningkatkan peluang untuk hasil terbaik.

Pasalnya, semakin ada banyak orang yang mengetahui keunggulan dari kandidat pada spanduk tersebut. Jadi, dapat dipastikan bahwa spanduk kampanye harus dibuat dengan perpaduan warna yang cocok, menarik, serta konsisten.

3. Pastikan untuk Menggunakan Gambar yang Menarik

Saat ini sudah ada banyak perusahaan yang siap membantu Anda untuk cetak spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada berkualitas terbaik. Perusahaan-perusahaan seperti ini yang sudah berpengalaman biasanya akan memberikan solusi terbaik kepada para kliennya.

Salah satu solusi dan saran yang akan diberikan oleh perusahaan jasa percetakan seperti ini adalah berkaitan dengan penggunaan gambar pada spanduk tersebut. Sangat disarankan kepada Anda untuk tidak menggunakan gambar yang terlalu besar.

Untuk melengkapi gambar yang ada pada spanduk tersebut, Anda bisa mencantumkan beberapa keunggulan dan janji yang bisa ditepati oleh para kandidat. Dengan begitu, masyarakat akan lebih merasa tertarik untuk memilih kandidat tersebut.

4. Gunakan Jenis dan Ukuran Font yang Mudah Dibaca

Tips yang keempat adalah menggunakan jenis dan ukuran font yang mudah dibaca. Dalam hal ini, ukuran font pada spanduk sendiri bisa disesuaikan dengan ukuran spanduk tersebut. Jadi, semakin besar spanduk yang akan dipasang, hal ini membuat ukuran font-nya juga harus besar.

Dengan begitu, pesan yang ada pada spanduk tersebut bisa lebih mudah untuk tersampaikan ke masyarakat luas. Biasanya, perusahaan jasa percetakan spanduk akan memberikan rekomendasi mengenai rekomendasi ukuran spanduk kampanye yang paling terbaik.

Mulai dari ukuran 300×250, 728×90, 970×90, 160×600, 300×1050, dan beberapa jenis ukuran spanduk lainnya bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Hal yang terpenting, ukuran spanduk ini akan sesuai dengan ukuran font yang ada di dalamnya.

5. Gunakan Metode Call to Action (CTA)

Tidak hanya spanduk iklan saja yang membutuhkan metode Call to Action (CTA), tapi spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada pun juga membutuhkan metode ini. Kendati demikian, jenis CTA yang digunakan pada spanduk kampanye akan berbeda dari CTA yang digunakan pada spanduk iklan.

Spanduk kampanye akan membutuhkan CTA yang terdiri dari 2-3 kata saja. Namun, susunan kata ini harus dibuat dengan semenarik mungkin karena perannya sendiri tergolong cukup besar. Gunakan CTA yang dapat membuat masyarakat merasa yakin untuk memilih kandidat tersebut.

Maka dari itu, di beberapa paragraf sebelumnya kami sempat mengatakan bahwa spanduk kampanye harus mengandung susunan kata yang berkaitan dengan keunggulan para kandidat. Dengan begitu, hal ini bisa meningkatkan peluang untuk kandidat mendapat kepercayaan yang tinggi dari masyarakat.

Lokasi Terbaik untuk Memasang Spanduk Kampanye

Pada dasarnya, ada beberapa jenis tempat yang tidak boleh dipasangi spanduk kampanye sehingga Anda harus mengetahui di mana saja lokasi terbaik untuk memasang spanduk kampanye yang legal. Sebelum membahas tentang lokasi yang cocok, kami akan membahas lokasi yang dilarang dulu.

Spanduk kampanye tidak boleh dipasang di beberapa tempat ibadah dan pendidikan. Selain itu, jenis spanduk ini juga tidak boleh dipasang di gedung pemerintah, tangsi-tangsi militer, kepolisian, maupun pohon-pohon yang dilindungi. Lalu, di mana lokasi terbaik untuk memasang spanduk kampanye?

1. Pinggir Jalan Raya

Meskipun lokasi ini bisa menjadi lokasi terbaik untuk memasang spanduk kampanye, tapi pemilik spanduk tetap harus mengantongi izin dari pemerintah setempat. Sebab, tidak semua daerah di Indonesia memperbolehkan pemasangan spanduk kampanye di pinggiran jalan raya.

Jika pemerintah dan penduduk setempat sudah memberikan izin untuk pemasangan spanduk tersebut, maka spanduk bisa langsung dipasang dengan posisi yang tepat. Dengan begitu, spanduk kampanye bisa selalu dilihat oleh orang-orang yang melewati jalan tersebut.

2. Jalanan Desa

Penting untuk Anda ketahui bahwa satu desa hanya boleh ada satu spanduk kampanye. Ini merupakan aturan baru yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Selain itu, ukuran spanduk yang dipasang ini juga tidak boleh merusak lingkungan dan pemandangan yang ada di desa tersebut.

Aturan ini dibuat untuk menjaga ketertiban pada proses kampanye. Sementara itu, orang-orang yang hendak memasang spanduk kampanye di sebuah tempat harus mengetahui secara jelas terlebih dahulu apakah tempat tersebut benar-benar mengizinkannya.

Salah satu daerah yang mengizinkan pemasangan spanduk kampanye adalah kota Blitar. Namun, hal ini juga diikuti dengan pedoman PKPU 23 tahun 2018 yang berisi tentang peraturan kampanye pemilu. Jadi, Anda tidak boleh mengabaikan peraturan tersebut.

Ingin mendapat desain spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada yang terbaik? Segera cetak di http://wellenprint.com/. Kami menyediakan jasa percetakan berkualitas terbaik dengan harga yang terjangkau. Jadi, Anda bisa segera menggunakan jasa kami untuk mencetak spanduk kampanye.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?