call us:   0811-969-0809

Follow us:





Spanduk Kampanye Pemilu Pilpres Pilkada

Pemilihan umum merupakan salah satu momen pesta demokrasi yang paling dinanti. Banyak calon mulai memasang spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada di jalan-jalan hingga perkampungan. Banyak sosok baru dan lama yang bersaing memperebutkan hati rakyat.

Di antara sekian banyak baliho dan spanduk, beberapa pasti ada yang menarik hati namun banyak yang biasa saja. Hal ini seringkali terjadi karena pemesan produk belum memahami manfaat penggunaan spanduk dan cara membuat spanduk tersebut terlihat menarik. 

Manfaat Penggunaan Spanduk Kampanye Pemilu Pilpres Pilkada

Spanduk bukan hanya sekedar kain yang dibentangkan di titik tertentu saja. Namun, spanduk juga memiliki manfaat penting seperti berikut ini:

1. Menciptakan Kesadaran pada Sosok yang Dipromosikan

Di dalam sebuah spanduk untuk keperluan pemilu, pasti terdapat informasi mengenai sosok yang akan dikenalkan kepada masyarakat. Di dalamnya pasti terdapat foto, nama, asal partai, visi dan misi serta berbagai informasi lainnya.

Meskipun singkat, namun informasi yang dituliskan harus detail dan tepat sasaran. Spanduk tersebut memiliki fungsi sebagai sarana promosi memperkenalkan tokoh tersebut. Tentunya setiap tokoh memiliki target pasar mereka, meskipun sasaran umumnya tetap masyarakat luas. 

Misalnya jika target utama dari tokoh tersebut adalah anak muda usia 20-30 tahun, maka bahasa yang digunakan harus kekinian dan penuh dengan kreativitas. Bahkan, pemilihan warna pun juga harus disesuaikan dengan target pasar tersebut. 

Dengan menggunakan spanduk, maka tokoh baru sekalipun akan dikenal oleh masyarakat karena ada wajah yang terpampang dan juga agenda kerja yang jelas.

 

2. Media Sosialisasi Berbagai Informasi Penting

Selain sebagai informasi tentang tokoh yang spesifik, tentunya spanduk pemilu dan semacamnya juga harus memuat informasi tentang berbagai informasi tentang pemilihan umum itu sendiri. Banyak pihak terkait, misalnya Komisi Pemilihan Umum yang juga membuat spanduk.

Spanduk tersebut akan berisikan cara pemungutan suara, jadwal dan juga informasi lain yang terkait dengan pemilu tersebut. Hal ini digunakan sebagai sosialisasi sehingga saat acara akbar tersebut datang, masyarakat luas tidak lagi bingung dengan tujuan maupun tata laksananya.

3. Meningkatkan Kesadaran Akan Hak Pilih

Meskipun hanya terlihat sebagai kain terbentang biasa, namun ternyata spanduk pun memiliki pengaruh besar. Calon pemilih bisa terarahkan untuk mengambil keputusan terkait pemungutan suara, baik itu ikut atau tidak berpartisipasi di dalamnya. 

Degan melihat informasi dalam cetak spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada tersebut, maka calon pemilih bisa menentukan calon pilihan yang sesuai dengan visi mereka, mempersiapkan diri untuk hari pemilihan, dan lain sebagainya.

4. Meluruskan Distorsi Informasi

Jauh sebelum pemilu berlangsung pun, akan muncul banyak informasi, baik yang benar maupun tidak. Sayangnya, disinformasi sering lebih banyak diterima daripada informasi yang benar. Hal ini karena orang-orang seakan enggan memberikan informasi yang benar.

Itulah sebabnya spanduk perlu dibuat. Salah satu manfaatnya adalah meluruskan informasi keliru yang terlanjur menyebar di masyarakat. Dengan melihat spanduk, maka mereka yang sudah terpapar informasi keliru bisa memahami hal yang sebenarnya. 

Cara Agar Spanduk Kampanye Pemilu Pilpres Pilkada Menarik

Spanduk pilkada sama dengan spanduk iklan produk tertentu, yaitu tentang promosi. Itulah sebabnya spanduk pun harus dibuat menarik:

1. Letakkan Posisi Logo Paling Atas

Jika dilihat, maka nama tokoh beserta lambang partainya pasti akan ditulis di bagian atas. Hal ini dikarenakan posisi atas merupakan titik penting yang menjadi pusat perhatian masyarakat. Ini sama seperti judul di buku yang pasti juga ditaruh di atas.

Posisi ini adalah posisi yang pasti pertama kali dilihat orang, sebab hampir tidak ada orang yang membaca dari bawah terlebih dahulu. Maka informasi pertama yang harus diterima oleh masyarakat adalah nama tokoh dan juga asal partainya.

Paling tidak, orang-orang sudah mengenal siapa tokoh yang terpampang tersebut beserta asalnya. Baru kemudian, jika mereka menemukan lagi spanduk yang sama, mereka akan membaca informasi lanjutan terkait tokoh tersebut di baris-baris bawah. 

2. Tulisan Tidak Terlalu Banyak

Spanduk memiliki ukuran yang terbatas. Maka dari itu, informasi yang akan disampaikan harus dibuat singkat namun padat. 

Meskipun pasti ada banyak hal yang ingin disampaikan, namun tokoh yang akan buat spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada harus bisa memprioritaskan hal yang benar-benar ingin disampaikan sebagai informasi awal.

Jadi tidak perlu menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Lagipula, spanduk paling lama hanya dilihat selama 3 menit, terutama jika diletakkan di perempatan jalan. Orang hanya sempat membaca saat mereka berhenti di lampu merah.

Di waktu yang singkat tersebut, informasi yang disampaikan harus bisa diterima dengan cepat namun membekas. Tulisan yang terlalu panjang hanya akan membuat pembaca menjadi malas atau malah tidak paham dengan informasi yang diberikan. 

3. Pemilihan Kata yang Menarik

Selain harus pendek dan singkat, kata-kata yang ada di dalam spanduk harus dibuat menarik hati. Itulah sebabnya tidak jarang Anda melihat slogan atau jargon nyeleneh yang tertera di spanduk, bahkan di spanduk pemilu.

Hal ini dikarenakan sesuatu yang unik akan lebih membekas dibandingkan dengan hal umum. Orang akan menjadi penasaran dan selalu teringat dengan hal unik tersebut. Dibutuhkan lebih dari sekadar kreativitas untuk bisa menciptakan jargon unik tersebut. 

4. Gambar Berkualitas Tinggi

Jika Anda ingin membuat spanduk, maka selalu berikan gambar dengan kualitas tinggi untuk dicetak. Sebab, spanduk memiliki ukuran yang cukup besar, maka dibutuhkan gambar yang beresolusi tinggi agar gambar tidak pecah saat dicetak.

Selain itu, sebagai seorang tokoh yang ingin lekat di hati rakyat, maka gambar yang akan dicetak harus memunculkan kesan ramah dan dekat. Wajah-wajah tersenyum dengan pancangan mata yang tulus harus ditampilkan. Hal ini bisa dibilang sebagai kesan pertama yang harus ditangkap oleh pembaca. 

5. Komposisi Warna

Kontestasi pemilu akan melibatkan banyak tokoh dan juga partai. Setiap partai sudah memiliki ciri khas tersendiri terkait warna. Ada partai yang memiliki basis warna merah, biru, hijau dan lain sebagainya.

Maka, tokoh yang akan bersaing dalam pemilu juga harus memilih warna yang sama dengan partai mereka. Jadi orang pun akan langsung memahami asal partai tokoh tersebut, bahkan sebelum mereka membaca informasi yang disajikan. 

Warna adalah spektrum pertama yang akan diterima indera, baru kemudian tulisan dan gambar. Itulah sebabnya, warna selalu penting dalam berbagai hal yang berkaitan dengan promosi. Setelah latar belakang warna ditentukan, maka warna untuk detail lain bisa menyesuaikan. 

6. Pemilihan Bahan

Ada banyak bahan yang bisa digunakan sebagai spanduk. Namun, pada dasarnya bahan tersebut dibagi menjadi dua peruntukan, yaitu untuk dalam dan luar ruangan. Biasanya, bahan untuk area luar ruangan akan lebih tebal daripada dalam ruangan.

Agar spanduk tetap awet sampai batas waktu pemilihan umum yang ditentukan, maka bahan spanduk juga harus dipikirkan. Anda dapat berkonsultasi dengan pihak percetakan untuk mendapatkan hasil terbaik. 

Anda sedang mencari tempat membuat spanduk kampanye pemilu pilpres pilkada yang amanah dan terpercaya? Kami hadir sebagai solusi akan kebutuhan percetakan Anda. Kunjungi saja https://wellenprint.com/ dan dapatkan informasi yang Anda butuhkan sekarang juga!

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?