call us:   0811-969-0809

Follow us:





Peluang Usaha Digital Printing

Digital printing memiliki peluang usaha yang lebar dan cukup menjanjikan di masa sekarang dan masa depan. Ada banyak jenis produk yang bisa dijual.

Digital printing merupakan salah satu ide bisnis terbaru yang cukup menjanjikan di era serba digital seperti sekarang dan diprediksi berumur panjang karena tidak musiman. Peluang usaha di bidang ini masih terbuka lebar meski jumlah pesain tidak sedikit. Hal ini karena permintaan pasar yang semakin banyak.

Jika Anda tertarik untuk terjun ke dunia bisnis dan sedang memikirkan ide bisnis apa yang sedang ramai peminat saat ini, maka menjajal bisnis digital printing bisa dipertimbangkan. Berikut ide produk berbasis digital printing dan tips untuk memulai bisnis digital printing bagi pemula agar bisa bersaing di pasaran.

Sekilas Tentang Digital Printing

Salah satu alasan peluang usaha digital printing cukup menjanjikan adalah karena kemudahan yang ditawarkannya. Bisnis ini lebih mudah untuk dijalankan bahkan oleh pemula sekalipun.

Secara sederhana, prinsip kerja dari digital printing adalah mengubah gambar yang tadinya berupa digital atau berbentuk file (yang dapat dilihat dari layar komputer atau laptop) menjadi gambar di atas media cetak secara cepat dan instan. Media cetak ini bisa berupa kertas, kain, atau bahkan media plastik dan kayu.

Jika dibanding dengan teknik cetak tradisional, digital printing sebenarnya membutuhkan biaya yang lebih banyak tapi dengan hasil kualitas yang jauh lebih bagus dan dengan warna yang lebih tajam. Sejumlah kelebihan digital printing lainnya dibanding dengan teknik cetak konvensional adalah sebagai berikut:

– Proses produksi jauh lebih cepat sehingga bisa hemat waktu dan tenaga.

– Lebih minim tenaga kerja sehingga anggaran gaji karyawan menjadi jauh lebih minim. Bahkan pada beberapa kasus, bisnis ini jika dalam skala kecil bisa dijalankan sendiri atau dengan bantuan anggota keluarga di rumah.

– Lebih ramah lingkungan karena lebih hemat kertas atau bahan lain untuk uji coba.

– Jumlah produk bisa sedikit atau banyak, alias tidak ada minimal order.

– Desain jauh lebih beragam mulai dari yang sederhana hingga rumit.

– Dapat mencetak desain custom dengan lebih mudah.

– Desain bisa diubah dengan lebih mudah asalkan belum masuk ke proses percetakan.

– Secara keseluruhan, proses digital printing lebih sederhana untuk pemula.

Peluang Usaha dan Ide Produk Digital Printing

Peluang usaha digital printing jauh lebih menjanjikan daripada teknik cetak tradisional karena berbagai kelebihan yang telah disebutkan pada poin-poin di atas tadi. Sedangkan untuk ide produk berbasis digital printing yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut:

1. Kaos

Produk ini termasuk salah satu yang paling laris di pasaran karena permintaannya paling besar. Hal ini karena pakaian yang salah satu jenisnya adalah kaos merupakan satu dari tiga kebutuhan pokok manusia.

Terlebih ketika produk kaos memiliki aneka desain sablon yang unik, menarik, atau menggemaskan, maka akan jauh lebih banyak diminati oleh target pasar. Jadi, kaos dengan aneka desain ini bukan sekedar pakaian yang melekat di badan tapi juga untuk menunjang penampilan.

Anda bisa membuat kaos dengan sablon custom, sablon seragam untuk klub tertentu, atau sablon acak yang dijual ke pasaran. Beberapa kelebihan produk ini adalah:

– Target pasar sangat luas mulai dari anak hingga dewasa dan dari berbagai kalangan.

– Lebih banyak peminat.

– Lebih mudah dipasarkan.

– Cukup bermain di desain sablon dan harganya bisa menyesuaikan.

2.     Casing HP

Sekali lagi, perubahan zaman dan kecanggihan teknologi telah mengubah gaya hidup manusia dan membuat hampir setiap orang memiliki smartphone. Awalnya barang ini adalah kebutuhan sekunder, tapi kini telah bergeser menjadi kebutuhan primer pemilik smartphone.

Lalu awalnya casing HP juga hanya berfungsi menjadi pelindung dari HP tapi kini justru menjadi penghias HP untuk menambah estetika. Tidak heran jika saat ini casing HP memiliki desain yang sangat beragam dan hal ini berdampak pada bisnis casing HP yang semakin diminati.

Dengan bahan casing yang sebenarnya mungkin biasa atau bahkan murah, Anda bisa mendapat banyak laba dengan bermain pada desain yang menarik menggunakan teknik digital printing.

Peluang usaha dari berjualan casing HP disebut-sebut tidak akan pernah mati karena HP pasti akan selalu ada bahkan semakin banyak jumlahnya.

3. Stiker

Ingin bisnis digital printing tanpa modal besar? Maka produk stiker bisa Anda pertimbangkan. Produk kecil ini termasuk salah satu yang juga sangat laku dipasaran bukan hanya untuk perorangan, tapi juga para pebisnis karena bisa menjadi media promosi.

Target pasar dari produk ini sangat luas dan dari berbagai latar belakang yang membuat peluang usaha berjualan stiker dengan metode digital printing memiliki prospek yang sangat menjanjikan di masa sekarang dan masa depan. Ditambah lagi, modal untuk alat dan bahan yang dibutuhkan termasuk tidak besar.

4. Undangan

Memang benar bahwa saat ini undangan digital sudah mulai hadir di tengah-tengah masyarakat, namun ternyata udangan fisik atau cetak masih sangat tinggi peminat karena dirasa lebih ideal untuk mengundang rekan dan kerabat.

Undangan dengan aneka desain menarik bisa dibuat dengan mudah melalui teknik digital printing, mulai dari undangan pesta ulang tahun, khitanan, pertunangan, hingga acara kantor dan pernikahan atau event besar lainnya.

Anda tidak harus ahli dalam hal desain grafis karena saat ini sudah ada banyak sekali template undangan yang bisa ditemukan di internet bahkan ada yang gratis. Anda hanya perlu mengedit template sesuai permintaan konsumen dan cetak lalu packing dengan plastik atau beri hiasan pita sebagai pemanis.

5. Media Promosi

Salah satu ide produk digital printing lainnya yang juga minim modal adalah produk promosi, yang berarti dalam hal ini target pasar Anda adalah pemilik usaha lainnya alias bukan perorangan. Contoh produk media promosi sendiri adalah:

– Spanduk

– Flyer

– Pamflet

– Brosur

– Banner

Bukan hanya pelaku usaha lainnya, namun bisnis ini juga bisa mengarahkan Anda pada target pasar yang lebih besar. Misalnya para caleg yang saat sedang masa kampanye pasti membutuhkan media promosi seperti beberapa produk di atas.

Tips Usaha Digital Printing Pemula

Peluang bisnis dari digital printing memang terbuka lebar dan cukup menjanjikan tapi jika Anda tidak memiliki kiat-kiat yang bagus saat memulainya terutama untuk pemula, maka Anda akan kesulitan dalam bersaing di pasaran. Berikut beberapa tipsnya:

– Tentukan modal dan target pasar. Berapa banyak modal yang Anda miliki akan mengarahkan Anda pada produk digital printing apa yang tepat dan selanjutnya bisa dicocokkan dengan target pasar.

– Siapkan lokasi. Tidak harus langsung menyewa atau memiliki tempat besar karena bisnis ini bahkan bisa dimulai dari rumah sendiri di salah satu ruangan yang jarang dipakai.

– Dana operasional. Pastikan untuk membagi modal sesuai dengan yang dibutuhkan dan alokasikan dana dengan benar, serta selalu catat setiap pengeluaran dan pemasukan agar keuangan bisnis tidak berantakan.

– Pikirkan sejak awal teknik promosi apa yang akan diterapkan, apakah secara online, lewat mulut ke mulut, atau lainnya.

Secara keseluruhan, peluang usaha digital printing yang menjanjikan layak untuk dicoba. Tapi jika Anda masih sangat pemula dan khawatir untuk mencobanya secara langsung, maka bisa memulainya dengan menjadi reseller digital printing dengan supplier https://wellenprint.com/.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?