call us:   0811-969-0809

Follow us:





Peluang Digital Printing Bisa Dicoba

Cari tambahan penghasilan ada banyak caranya termasuk dengan digital printing. Ini peluang usaha, estimasi modal yang dibutuhkan, dan tips menjalankannya.

Digital printing adalah salah satu ragam peluang usaha yang bisa dianggap sangat menjanjikan apabila dimanfaatkan dengan baik. Ini juga bisa menjadi salah satu opsi untuk Anda yang tengah cari tambahan penghasilan.

Digital printing ini sendiri adalah proses pencetakan gambar yang sebelumnya sudah didesain terlebih dahulu ke berbagai media fisik. Pada dasarnya digital printing ini telah berkembang sejak tahun 1990-an. Namun semakin lama mesin yang digunakan juga semakin canggih seperti yang ada pada saat ini.

Peluang Usaha Menjalankan Usaha Digital Printing

Meskipun digital printing sebenarnya sudah berkembang sejak lama, namun ini tetap bisa dianggap sebagai peluang usaha yang pastinya akan menguntungkan Anda yang sedang cari tambahan penghasilan. Bagaimana tidak, pangsa pasar digital printing bisa dikatakan tidak ada matinya.

Sebab, ada banyak pihak yang membutuhkan produk digital printing dan ada kalanya pihak tersebut bukanlah pihak sembarangan. Sebagai contoh, perusahaan yang membutuhkan kaos seragam untuk para karyawannya atau seseorang yang ingin membuat souvenir pernikahan.

Bahkan, tidak sedikit juga orang yang membutuhkan case smartphone dengan desain kreasinya sendiri dan desain tersebut bisa diterapkan dengan digital printing. Stiker yang bisa digunakan untuk mempercantik dinding, helm, mobil atau motor, itu juga merupakan produkn­ya digital printing.

Atau kalau Anda pernah menghadiahkan sepasang mug pada teman yang menikah dengan desain kreasi Anda sendiri, ini juga merupakan bagian dari digital printing. Intinya, produk digital printing sangat dibutuhkan oleh banyak pihak dan ini bisa kapan saja.

Modal Usaha yang Diperlukan 

Anda yang masih pemula pun tidak perlu takut bersaing dengan pemain lama. Sebab, dengan metode promosi yang menarik, usaha Anda tetap tidak akan mati. Lalu sekarang pertanyaannya adalah berapa modal yang dibutuhkan untuk menjalankan usaha ini? Mari simak informasi berikut.

1. Alat yang Diperlukan

Soal alat, digital printing sangat memerlukan mesin print atau digital printing serta printer khusus. Untuk estimasi harga mesinnya sekitar Rp30.000.000. Kemudian untuk printer khusus, harganya sekitar Rp45.000.000.

Selain itu, diperlukan juga komputer yang harganya sekitar Rp30.000.000 kemudian tinta harganya sekitar Rp5.000.000. Dari berbagai harga tersebut, estimasi modal awalnya sekitar Rp110.000.000.

Sekali lagi, biaya di atas adalah estimasi bukannya harga pasti. Sebab, masalah harga ini ada beberapa faktor yang mempengaruhinya termasuk waktu Anda membelinya. Saat momennya pas dan sedang ada diskon, Anda bisa dapat harga lebih murah.

2. Tempat dan Gaji Karyawan

Bagaimanapun digital printing adalah sebuah usaha yang memerlukan tempat khusus untuk menjalankannya. Sebenarnya, tepat jika Anda menyewa tempat yang ada di dekat jalan besar. Tetapi juga tidak masalah kalau Anda memilih lokasi yang masih masuk gang.

Namun dengan catatan akses menuju ke sana mudah agar calon pelanggan juga bisa menemukannya dengan mudah. Jangan lupa nanti tambahkan papan nama atau neon box yang ukurannya lumayan besar.

Untuk menyewa tempat ini, nanti Anda masih memerlukan biaya yang besarnya cukup bervariasi bahkan bisa sekitar Rp10.000.000 per tahun atau bahkan lebih. Selain itu, kalau mau merekrut karyawan juga harus dipikirkan bagaimana gajinya nanti.

Tips Cari Tambahan Penghasilan dengan Usaha Digital Printing

1. Tentukan Segmen Pasar yang Ingin Disasar

Pertama, tentukan siapa yang akan Anda bidik sebagai konsumen. Kalau bisa, tentukan secara spesifik dan dalam hal ini diantara pilihannya adalah retail, corporate atau personal. Masing-masing pilihan tersebut tentu ada kelebihan serta kekurangannya tersendiri ya.

Contoh untuk klien retail. Biasanya klien seperti ini akan order produk dalam jumlah yang sangat variatif. Namun, klien ini umumnya pembayarannya kontan dan lebih cepat prosesnya. Sementara jika meninjau klien corporate, mereka umumnya akan order produk dalam jumlah besar.

Sayangnya, proses pemesanannya lebih rumit dan pembayarannya juga biasanya lebih lama. Tidak main-main, klien ini umumnya menuntut agar diberi produk dengan kualitas terbaik.

Nah, kalau Anda lebih ingin menangani klien personal, biasanya mereka akan order satuan sehingga pengerjaannya pun bisa lebih santai. Dari berbagai opsi ini, silahkan pertimbangkan dengan baik manakah yang akan dijadikan sasaran.

Selain itu, tentukan juga pasar yang seperti apa yang akan Anda tangani, apakah yang low price atau sebaliknya. Ini juga perlu dipikirkan dengan matang karena nanti akan berhubungan dengan layanan, kualitas produksi serta lama waktu penyelesaian pesanan.

2. Siapkan Modal dan Lokasi Usaha

Memulai usaha apapun selalu memerlukan modal, termasuk usaha digital printing ini. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, modal tersebut harus dialokasikan pada hal-hal yang sifatnya krusial seperti perangkat elektronik serta printer digital yang spesifikasinya memadai.

Pemilihan perangkat ini tentunya harus disesuaikan dengan target pasar yang dipilih. Selain itu, siapkan juga lokasi usahanya. Perlu diketahui bahwa mesin digital printing dimensinya lumayan lebar, jadi ruangan yang akan digunakan juga harus lumayan luas.

Selain itu, Anda juga harus menyiapkan ruangan khusus untuk proses finishing produk. Untuk kedua ruangan ini sebenarnya tidak sangat luas juga tidak apa-apa, asalkan Anda bisa bekerja dengan nyaman di dalamnya sudah cukup. Sebaiknya juga ruangan ini dilengkapi dengan AC ya. Mengapa?

Sebab, mesin digital printing ini harus berada dalam ruangan yang suhunya antara 20-25 derajat Celcius. Lalu seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lokasi yang dipilih pastikan yang mudah dijangkau oleh konsumen ya.

3. Siapkan Dana Operasional

Anda yang berminat menjalankan usaha digital printing sebaiknya tidak hanya menyediakan dana untuk membeli alat dan menyewa tempat. Siapkan juga dana operasionalnya. Sesuai dengan namanya, ini adalah dana yang akan dipakai untuk menjalankan usaha.

Dana ini mutlak diperlukan, sebab ada sejumlah bahan baku yang sifatnya harus ada sebelum pencetakan produk dimulai. Diantaranya adalah tinta serta media yang akan dijadikan produk, bahkan kalau perlu dengan aksesorisnya juga.

Dana operasional ini harus ada karena dana inilah yang akan mendukung pergerakan usaha Anda. Usahakan agar dana operasional ini jumlahnya tidak terlalu terbatas agar Anda bisa memberikan produk berkualitas pada pelanggan khususnya untuk mendapatkan kesan yang baik dari mereka.

4. Lakukan Pemasaran

Pemasaran atau promosi menjadi salah satu hal yang harus dilakukan begitu usaha digital printing Anda berdiri. Sebab, tanpa adanya pemasaran, usaha Anda cari tambahan penghasilan melalui digital printing akan sulit mengingat pemasaran inilah yang akan membuat orang jadi tahu usaha Anda.

Pemasaran ini sendiri juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda perlu menyusun strategi promosi yang efektif agar ada lebih banyak orang yang tahu usaha Anda dan tertarik menggunakan jasa digital printing milik Anda.

Zaman sekarang pemasaran adalah hal yang cukup mudah dilakukan dan metodenya pun terdiri atas berbagai pilihan. Anda bahkan bisa memanfaatkan media iklan berbayar atau media sosial untuk menjangkau lebih banyak orang.

Pastinya, dalam aktivitas pemasaran ini terkadang ada sejumlah dana yang harus dikeluarkan. Oleh karenanya, Anda bisa membuat anggaran khusus untuk kegiatan satu ini.

Cari tambahan penghasilan melalui digital printing adalah hal yang tepat dilakukan. Anda hanya perlu mengikuti berbagai tips di atas dan siapkan dana serta pastikan Anda mempunyai kemampuan khususnya dalam hal desain.

Lalu, kalau Anda ingin mengetahui lebih banyak seputar bisnis digital printing, bisa kunjungi website wellenprint.com. Di sana ada banyak informasi bermanfaat seputar digital printing. Tidak hanya untuk mencari info saja, di sini juga tersedia produk digital printing berkelas yang bisa dijual.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?