call us:   0811-969-0809

Follow us:





Metode Cetak Kaos

Kaos yang disablon menjadi salah satu jenis pakaian yang banyak digunakan saat beraktivitas. Hal ini tidak mengherankan karena kaos termasuk nyaman serta fleksibel untuk diterapkan desain sesuai keinginan. Untuk menerapkan kaos dengan desain khusus, tentu harus cetak kaos sendiri.

Mencetak kaos ini tidaklah sulit, sebab ada banyak jasa mencetak atau sablon kaos yang dapat dihubungi kapan saja. Namun, tahukah Anda bahwa metode pencetakan kaos atau metode sablon itu cukup beragam? Simak informasinya di bawah ini ya untuk menambah pengetahuan.

Macam-Macam Metode Cetak Kaos

1.  Metode DTG atau Direct to Garment

Salah satu metode yang populer dalam urusan mencetak kaos ialah metode DTG atau metode Direct to Garment. Karena termasuk metode yang populer, sudah tentu ada banyak pelaku bisnis cetak kaos digital yang menggunakan metode ini.

Dalam metode DTG, proses mencetak gambar pada kaos akan berlangsung seperti ketika mencetak kertas dengan menggunakan mesin printer. Jadi nanti kaos akan dimasukkan ke dalam mesin lalu desain akan langsung disetel dengan program komputer dan terakhir tinggal memasukkan perintah cetak.

Dengan demikian, bisa diketahui bahwa prinsip kerja yang dipakai dalam metode ini ialah tinta akan langsung ditransfer pada media kaos. Bukan harus dipindahkan ke kertas film terlebih dahulu. Dalam metode ini, akan dibutuhkan peralatan seperti berikut.

– Komputer yang akan dipakai untuk membuat desain dan mengeditnya sekaligus menjalankan software atau driver mesin

– Mesin printer, akan dipakai mencetak gambar atau desain menggunakan tinta khusus ke atas kaos. Mesin ini mempunyai sistem kerja yang secara umum mirip dengan printer kertas. Hanya saja, media, bahan serta tinta yang digunakan berbeda.-

– Metode DTG ini memiliki tiga kelebihan yaitu prosesnya cepat serta mudah, dalam prosesnya tidak memerlukan kertas transfer, bisa mencetak desain yang rumit serta penuh warna dan tinta akan meresap dalam kain. Sedangkan untuk kekurangannya antara lain:

– Hasilnya akan lebih optimal kalau diterapkan pada kaos yang warnanya terang

– Kalau diterapkan pada kaos yang bukan katun murni, warnanya bisa kurang presisi, antara lebih terang atau justru lebih pudar

– Tidak dapat dipakai untuk mencetak desain yang ukurannya besar

2. Metode Cutting

Metode cutting biasa digunakan untuk menghasilkan gambar yang terlihat timbul. Dalam metode ini, tidak diperlukan mesin printer. Karena alat-alat yang diperlukan hanya terdiri atas:

– Komputer untuk membuat desain, mengeditnya sekaligus menjalankan software atau driver mesin

– Mesin cutting sticker yang merupakan sarana untuk memotong bahan sejenis vinyl, sticker atau bahan polyflex yang juga bisa dipakai untuk sablon kaos dengan metode cutting

– Mesin hot press yang akan digunakan untuk menempelkan bahan polyflex yang sudah dipotong dengan mesin cutting sticker tadi

3. Metode Sublimasi

Metode sublimasi memiliki prinsip kerja dimana desain gambar yang diinginkan akan dicetak terlebih dahulu pada media transfer kertas. Setelah itu gambar tadi akan dirolling atau dipress dengan suhu tinggi, setidaknya 2000 derajat Celcius di atas kaos yang akan disublim tadi.

Metode ini biasanya hanya dapat diterapkan pada kaos yang warnanya muda atau cerah, seperti warna putih. Hasilnya juga akan lebih bagus kalau diterapkan pada bahan polyester. Sedangkan kalau diterapkan pada bahan cotton murni, biasanya hasilnya kurang memuaskan.

Adapun mesin-mesin yang dibutuhkan dalam metode ini antara lain:

– Komputer untuk mendesain gambar, mengedit gambar serta menjalankan software atau driver mesin

– Printer inkjet yang akan dipakai untuk mencetak hasil desain tadi ke atas kerta transfer paper dengan tinta yang digunakan ialah tinta sublim

– Mesin hot press yang akan digunakan dalam mentransfer tinta sublim ke atas kaos agar hasil cetak desain gambarnya jadi lebih tahan lama atau awet

Kelebihan metode ini terletak pada prosesnya yang relatif cepat dengan warna hasil cetak yang lebih cerah kalau diterapkan pada bahan polyester. Namun selain menjadi kelebihan, hal itu juga menjadi kekurangan metode ini karena terbatas untuk kaos yang warnanya terang dan berbahan polyester.

Selain itu, kekurangan lain metode ini ialah:

– Sablon tidak akan meresap ke dalam kain, jadi hanya sekedar menempel pada permukaannya

– Biaya cetak desain ke transfer paper cenderung lebih mahal

– Tidak dapat mencetak dalam ukuran yang besar, karena hanya sesuai dengan ukuran cetak pada printer inkjet

4. Metode Transfer Paper

Sesuai dengan namanya, metode ini akan dilakukan dengan cara mencetak desain terlebih dahulu ke atas kertas khusus atau yang biasa disebut dengan transfer paper. Dari kertas ini barulah kemudian gambar akan dicetak lagi ke kaos dengan memanfaatkan mesin khusus.

Sama seperti metode-metode sebelumnya, dalam metode ini juga diperlukan komputer, printer kertas dan mesin hot press. Biasanya tinta yang digunakan untuk mencetak desain ke atas kerta ialah tinta pigment. Metode ini terbagi menjadi dua bagian lagi sebagai berikut.

– Transfer Paper Standard atau Light yaitu metode yang biasa diterapkan pada kaos berwarna cerah seperti warna putih

– Transfer Paper Dark yaitu metode yang umum diterapkan saat mencetak desain gambar pada kaos yang warnanya gelap atau hitam

Layaknya metode yang lain, metode ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihan metode ini ialah dapat diterapkan pada berbagai jenis bahan kain seperti kanvas, sutra, polycotton, polyester, katun dan lain-lain.

Selain itu, metode ini bisa digunakan saat ingin mencetak desain atau gambar yang rumit dengan warna yang juga kompleks. Sedangkan kekurangan dari metode ini ialah:

– Diperlukan perawatan khusus pada hasil cetakan, khususnya ketika dicuci. Hasil cetakan juga sebaiknya tidak disikat maupun dikucek, bagian gambarnya tidak boleh disetrika dan tidak boleh menggunakan bleach

– Gambar akan terkelupas setelah 10 hingga 20 kali cuci walaupun sudah dirawat dengan baik. Sebab, tinta tidak meresap ke dalam kain, hanya sekedar menempel di permukaannya saja.

5. Metode Rubber Transmax

Kalau metode yang satu ini, sebenarnya adalah upgrade dari metode sublimasi. Metode ini lebih cocok diterapkan pada kaos yang dibuat dari bahan katun combed. Proses pembuatannya juga sangat singkat, hanya sekitar 15 menit.

Hanya saja sama seperti metode sublimasi, dalam metode ini tinta juga tidak meresap ke dalam kain. Melainkan hanya menempel di permukaan kain saja. Jadi, agar lebih awet, desain yang dibuat dengan metode ini harus diberikan perlakuan khusus.

6. Metode Heat Press Printing

Kemudian ada metode Heat Press Printing. Kalau dilihat saat proses pencetakannya, metode yang satu ini juga mirip dengan metode sublimasi. Namun tetap ada perbedaannya. Perbedaan tersebut ialah dalam metode Heat Press Printing, kaos yang digunakan bisa berwarna cerah maupun gelap.

Berbeda dengan metode sublimasi yang hasilnya lebih optimal hanya pada kaos yang warnanya cerah. Dalam proses pencetakan, tinta yang digunakan adalah tinta yang dapat menempel dengan baik pada transfer paper khusus untuk heat press.

Kertas tersebut kemudian akan ditempel pada kaos yang ingin dicetak. Dalam proses ini akan melibatkan mesin heat press layaknya metode sublimasi.

Berbagai metode di atas umum digunakan pada jasa cetak kaos termasuk di Wellenprint. Wallenprint merupakan salah satu jasa pembuatan kaos yang bisa dihubungi kapan saja saat Anda ingin mencetak kaos dengan desain sendiri.

Pemesanannya bisa dilakukan baik dalam jumlah kecil maupun dalam jumlah banyak loh. Soal kualitas hasilnya, tentu sudah tidak perlu dipertanyakan lagi karena mesin yang digunakan adalah mesin berkualitas. Apakah Anda tertarik? bisa langsung hubungi customer service atau wellenprint.com.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?