call us:   0811-969-0809

Follow us:





Mengenal Hardbox dan Manfaatnya

Ketika ingin memberikan hadiah atau souvenir pada momen tertentu, sebagian orang memilih menggunakan hardbox. Hard box atau disebut juga dengan rigid box merupakan sebuah kemasan yang keras, kokoh, dan kuat sehingga produk di dalamnya tidak mudah penyok atau rusak.

Selain memberikan proteksi yang baik, hard box juga mampu meningkatkan nilai estetika suatu barang sehingga tampak premium dan eksklusif. Untuk mengetahui apa itu hard box dan manfaatnya, berikut ulasan selengkapnya.

Mengenal Hardbox dan Jenis Kertas yang Digunakan

Hard box adalah sebuah kemasan yang dibuat dari kertas tebal dengan desain kubus atau balok yang kaku dan kokoh. Kemasan yang dikenal dengan sebutan rigid box ini biasanya digunakan untuk packaging produk atau souvenir.

Dengan desain yang menarik dan ukuran yang beragam, penggunaan hard box ini dapat memberikan kesan mewah dan eksklusif pada produk yang dikemas. Cara membuat hard box bisa menggunakan jenis kertas yang tebal seperti kappa board, duplex, kraft, dan jenis lainnya.

Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju, bentuk dan desain hard box semakin beragam mulai dari bentuk kubus, balok, hingga silinder. Berikut ini beberapa jenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat hard box.

1. Kertas Kraft

Jenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat hard box yaitu kertas kraft. Kertas yang biasa digunakan untuk pembuatan kardus ini juga bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat hardbox packaging.

Kertas yang terbuat dari kayu pinus dengan campuran bahan kimia ini memiliki tekstur yang cukup keras dan tebal. Ada 2 jenis kertas kraft antara lain brown kraft yang berwarna coklat dan white kraft yang berwarna putih.

2. Duplex

Duplex juga menjadi salah satu jenis kertas yang biasa digunakan untuk membuat hard box. Karakteristik dari kertas jenis ini yaitu permukaan bagian depannya yang berwarna putih dan permukaan lainnya berwarna abu-abu.

Bagian permukaan berwarna putih pada kertas ini biasanya dipakai untuk mencetak gambar atau logo. Karena memiliki gramasi antara 230450 GSM, kertas ini terbilang tebal dan cocok dijadikan sebagai bahan hardbox yang kokoh.

3. Kappa Board

Jenis kertas selanjutnya yang biasa digunakan untuk pembuatan hard box atau rigid box yaitu kertas kappa board. Kertas satu ini memang memiliki kualitas premium dan dibanderol dengan harga lebih mahal dibandingkan jenis kertas lainnya karena termasuk produk impor.

Kertas ini terdiri dari beberapa pilihan ketebalan yaitu mulai dari 2 mm hingga 4 mm. kertas ini memiliki tekstur yang halus, tebal, bebas bau, dan berwarna abu-abu muda. Jenis kertas ini juga aman dan bebas zat kimia berbahaya karena sudah memiliki sertifikasi khusus.

4. Yellowboard dan Greyboard

Selain kappa board, yellowboard dan greyboard juga menjadi salah satu jenis kertas tebal yang bisa digunakan untuk membuat hard box. Sama seperti namanya, kertas yellowboard memiliki warna kuning kotor dengan bobot yang ringan dan tekstur yang empuk.

Sementara itu, untuk kertas greyboard memiliki warna abu-abu gelap dengan ketebalan mulai dari 1 mm hingga 4 mm. Kertas jenis ini biasanya menggunakan kode nomor 40-45 di mana semakin kecil nomornya, maka semakin tebal pula kertasnya.

5. Kertas Linen

Sama seperti kain linen, kertas jenis ini juga memiliki permukaan dengan tekstur sedikit kasar. Kertas untuk membuat hard box ini terdiri dari 2 pilihan warna yaitu putih dan hitam.

6. Kertas Fancy

Fancy paper atau kertas fancy juga termasuk jenis kertas yang digunakan untuk membuat kemasan hard box. Kertas satu ini memiliki tekstur, warna, dan motif yang beragam dengan pilihan jenis yang variatif seperti RCP, Jasmine, Wibalin, dan lain sebagainya.

7. Ivory

Kertas ivory juga sering digunakan untuk hardbox kemasan produk kosmetik karena terbilang tebal. Kertas ini memiliki permukaan berwarna putih dan sisi lainnya bertekstur doff.

8. Art Paper

Jenis kertas selanjutnya yang sering dijadikan sebagai bahan untuk membuat hard box yaitu art paper. Art paper memiliki kedua permukaan berwarna putih dengan tekstur yang licin dan glossy (mengkilap).

Manfaat Hard Box Untuk Kebutuhan Bisnis

Dibandingkan kemasan lainnya, keunggulan hardbox terletak pada karakteristiknya yang kokoh dan kuat sehingga tahan lama. Desain dan ukuran hard box juga sangat beragam sehingga bisa disesuaikan kebutuhan. Nah, berikut ini beberapa manfaat hard box untuk kebutuhan bisnis Anda.

1. Memberi Kesan Eksklusif

Hard box memang memiliki desain yang terkesan mewah dan elegan sehingga mampu meningkatkan kesan menarik pada produk bisnis Anda. Dengan menggunakan kemasan hard box, tampilan produk yang Anda jual akan terlihat eksklusif.

Hal ini tentunya memberikan dampak positif terhadap usaha yang Anda geluti. Selain memperhatikan kualitas produk yang dijual, Anda juga wajib memperhatikan nilai estetika kemasan yang digunakan.

Semakin menarik kemasan yang dipakai, maka semakin banyak konsumen yang tertarik untuk membeli produk Anda. Kemasan hard box ini sangat cocok untuk Anda yang menjalankan bisnis perhiasan, aksesoris, hampers, atau produk kosmetik. 

Dengan menggunakan kemasan hard box yang unik dan menarik, maka dapat meningkatkan nilai jual produk yang Anda jual. Penggunaan kemasan yang eksklusif dan premium ini juga dapat membantu Anda dalam meningkatkan penjualan, branding produk, dan menghadapi kompetitor.

2. Menciptakan Ciri Khas dan Branding Produk

Manfaat lain dari penggunaan kemasan hard box untuk bisnis Anda yaitu dapat menciptakan ciri khas dan branding produk. Menggunakan hardbox sebagai kemasan produk bisa menjadi salah satu strategi terbaik untuk menghadapi persaingan bisnis dengan kompetitor Anda.

Bisnis Anda dengan kompetitor mungkin menjual produk yang sama. Nah, dengan penggunaan hard box custom, maka akan membantu menciptakan ciri khas sekaligus branding produk. Produk yang Anda jual akan memiliki tampilan yang beda dari produk kompetitor.

Penggunaan hard box yang unik dan eksklusif juga akan meningkatkan nilai jual sekaligus membantu target audience untuk mengenali produk Anda. Dengan menggunakan hard box sebagai kemasan, produk yang Anda jual akan lebih berpotensi menarik banyak pembeli.

3. Memberikan Pengalaman Lebih Untuk Konsumen

Selain mampu meningkatkan nilai jual dan kesan eksklusif pada produk, kemasan hard box juga memiliki ketahanan yang lebih baik dibandingkan kemasan lainnya.

Kemasan hardbox terbuat dari kertas yang tebal dan kaku sehingga lebih awet dan tahan lama dibandingkan kemasan kardus atau box packaging lainnya. Dengan karakteristiknya yang tebal dan terkesan eksklusif, keamanan produk di dalamnya menjadi lebih terjamin.

Hard box juga lebih kuat dibandingkan kemasan atau packaging lainnya sehingga bisa digunakan kembali untuk menyimpan barang. Desain hard box juga lebih modern dan menarik sehingga dapat memberikan pengalaman lebih bagi konsumen yang membeli produk Anda.

Bagi Anda yang ingin meninggalkan kesan baik untuk pelanggan, penggunaan hard box sebagai kemasan produk adalah pilihan yang tepat.

Dari ulasan di atas, Anda tentunya akan semakin paham mengenai apa itu hardbox dan manfaatnya untuk bisnis. Bagi Anda yang sedang mencari jasa pembuatan hard box berkualitas dengan harga murah, cek segera di https://wellenprint.com/.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?