call us:   0811-969-0809

Follow us:





Mana Lebih Baik Cetak Kaos dengan DTF atau DTG ?

Metode cetak kaos ada 2 yaitu metode DTF dan metode DTG. Keduanya memiliki perbedaan dan kelebihan tersendiri. Ini informasi lengkapnya.

Cetak kaos dengan desain yang di custom sendiri adalah salah satu opsi yang bisa dipilih saat Anda menginginkan kaos yang unik. Soal desain, bisa Anda sesuaikan dengan keinginan atau selera.

Saat ini jasa print kaos sangat mudah ditemukan, Namun, tahukah Anda bahwa jasa printing tersebut memiliki dua metode sablon kaos yang disebut DTF dan DTG? Kalau belum, mari simak informasi berikut untuk menambah pengetahuan. 

Apa Itu Metode DTF dan Metode DTG dalam Cetak Kaos?

Secara singkat, DTF merupakan singkatan dari Direct Transfer Film, sedangkan DTG merupakan singkatan dari Direct to Garment.

1. DTF atau Direct Transfer Film

Untuk DTF, ini adalah teknik yang akan menggunakan tinta khusus untuk melakukan proses transfer desain dengan memakai kertas film. Dalam kalimat yang lain, metode DTF merupakan metode printing yang memakai bantuan tepung perekat sablon serta kertas.

Melihat pengertian diatas, tidak heran jika DTF biasa dikenal juga dengan sablon tepung. Dalam proses transfer gambar dengan metode DTF ini, diperlukan tepung atau bubuk lem sablon khusus yang berguna untuk merekatkan gambar ke atas bahan kaos.

Nantinya, gambar ini akan ditekan pada suhu tertentu sehingga gambar dapat tercetak ke atas kaos. Secara sekilas, metode ini serupa dengan teknik sablon yang memakai kertas transfer. Hanya saja bedanya jika metode DTF proses cetaknya akan memakai kertas film.

Setelah itu, bubuk lem akan ditaburkan ke atasnya dengan tujuan seperti yang sudah disampaikan sebelumnya. Selanjutnya, tinta akan dilelehkan dengan memanfaatkan hot gun, baru setelah itu akan dilanjut dengan penekanan gambar ke atas kaos.

Metode DTF ini bisa diterapkan pada kaos dengan berbagai bahan mulai dari scuba, cotton, polyester, TC serta bahan yang berserat lainnya. Hasilnya nanti sudah tentu akan bagus, kuat dan warnanya tidak mudah luntur.

2. DTG atau Direct to Garment

Sementara DTG, ini merupakan metode yang seluruh prosesnya akan dilakukan mesin. Jadi jelas dalam metode ini tidak dikerjakan oleh manusia. Lalu, karena menggunakan mesin, sudah tentu proses pencetakan gambar ke atas kaos jadi lebih mudah dan cepat sehingga dinilai lebih efisien.

Metode ini juga termasuk metode yang populer dalam dunia percetakan. Dengan metode ini, maka gambar akan langsung dicetak di atas permukaan bahan kaos. Dalam prosesnya, biasanya kaos juga akan dikeringkan menggunakan hotgun setelah proses pencetakan berakhir.

Tujuannya, supaya kualitas warna hasil cetak tidak berubah. Dan agar tinta bisa lebih kuat lagi, hasil cetaknya nanti akan diberi Epoxy. Dengan bahan ini, tinta bisa menempel lebih kuat pada bahan kaos.

Namun, metode ini hanya cocok pada jenis bahan kaos tertentu, yaitu bahan polyester, viscose dan cotton. Kalau Anda tetap ingin menerapkan metode ini pada jenis bahan yang lainnya, biasanya hasilnya tidak akan maksimal serta tidak sebaik ketiga bahan tersebut.

5 Perbedaan Metode DTF dan Metode DTG dalam Cetak Kaos

Sebenarnya dalam pengertian metode DTF dan metode DTG di atas sudah bisa terlihat bagaimana perbedaannya. Hanya saja kalau ingin dirinci lebih jauh lagi, maka perbedaan antara metode DTF dan metode DTG ini ada 5, sebagai berikut.

1. Perbedaan Pada Jenis Tinta yang Digunakan

Pertama, dari jenis tinta yang digunakan. Secara umum, metode DTF biasanya menggunakan tinta Vator Ink DTF. Tinta ini adalah tinta yang bersifat water base, jadi cenderung aman untuk head mesin. Selain itu, tinta ini akan membuat hasil cetak jadi lebih maksimal serta lebih berkualitas.

Sedangkan kalau pada metode DTG, tinta yang digunakan merupakan tinta textile germany. Selayaknya pada metode DTF, tinta ini juga merupakan tinta water base yang cenderung mudah kering. Sebab, begitu proses cetak gambar selesai, tinta akan langsung terserap oleh pori-pori kaos.

2. Perbedaan Pada Desain yang Digunakan

Perlu diketahui bahwa untuk metode DTF, format desain gambar yang sebaiknya digunakan tidaklah sembarangan. Desain tersebut harus memiliki warna yang solid, jadi tidak ada perpaduan warna sesuai dengan yang Anda inginkan. Selain itu, format filenya juga harus PNG.

Sedangkan kalau pada metode DTG, Anda cenderung bebas dalam menentukan desain. Pasalnya, metode ini mampu menghasilkan lebih banyak warna. Desain yang digunakan juga tidak terbatas pada format file asalkan resolusi gambar memang memadai.

3. Perbedaan Pada Teknik Mencetak

Kalau metode DTF, teknik mencetaknya mirip dengan proses transfer sablon baju secara umum. Jadi, nanti desain kaos perlu dicetak dengan kertas film yang berwujud roll to roll atau lembaran. Setelah itu, gambar akan ditaburi dengan lem bubuk lalu dilelehkan memakai oven atau hot gun.

Proses melelehkan tersebut dilakukan sembari menempelkan serta menekannya pada kaos. Sementara pada metode DTG, bahan yang akan digunakan harus melewati treatment terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar tinta print dapat menempel dengan baik pada kaos.

Setelah itu, proses mencetak desain dapat langsung dilakukan tanpa perlu melalui pencetakan gambar pada kertas terlebih dahulu.

4. Perbedaan Pada Mesin Serta Ukuran Bahan

Pada metode DTF, mesin yang digunakan ialah mesin printer riecat alfa basic dengan bahan yang bentuknya bisa roll atau lembaran kertas dengan ukuran A3. Sementara pada metode DTG, mesin yang digunakan ialah printer DTG riecat dengan bahan khusus serta ukuran yang lebih spesifik.

Contoh ukuran yang lebih spesifik ini adalah ukuran A3, A4 bahkan A5. Dengan adanya ukuran seperti ini, tentu bahan lebih fleksibel karena dapat disesuaikan dengan ukuran sablon.

5. Perbedaan Pada Hasilnya

Terakhir, perbedaan antara metode DTG dan metode DTF ada pada hasilnya. Metode DTF hasilnya lebih elastis sehingga tidak mudah retak. Tinta akan tetap merekat dengan kuat bahkan setelah Anda menyikatnya. Namun sayang, kaos dapat mengkerut saat terkena panas oleh setrika.

Sementara kalau metode DTG, resolusi hasil cetaknya lebih tinggi karena dilakukan melalui komputer. Dalam metode ini, gambar hasil cetaknya lebih presisi, lebih halus dan juga lebih lentur.

Mana yang Lebih Baik Antara DTF dan DTG?

Jadi, mana yang lebih baik antara metode DTF dan metode DTG? Mengenai hal ini, Anda dapat mempertimbangkan kelebihan dari kedua metode tersebut. Secara umum informasinya sebagai berikut.

● Kelebihan Metode DTG

– Lebih cocok kalau diterapkan pada pencetakan dengan jumlah kecil

– Bisa dilakukan tanpa perlu kertas transfer

– Hasil cetakannya lebih halus dengan waktu yang relatif cepat

– Dapat diterapkan saat ingin melakukan mencetak gambar yang full color

● Kelebihan Metode DTF

– Tekstur hasil cetak juga halus dan gambarnya lebih kuat serta bagus

– Dapat diterapkan pada berbagai media

– Kualitas hasilnya cetakannya cerah

Silahkan pertimbangkan dulu mau menggunakan metode yang mana saat ingin mencetak kaos berdasarkan poin-poin kelebihan kedua metode di atas. Kalau ingin gambar yang full color, tentu metode DTG lebih baik. Tetapi kalau ingin tidak terkekang oleh batasan bahan kaos, metode DTF lebih baik.

Kelebihan metode DTF dan metode DTG di atas semuanya bisa Anda dapatkan di wellenprint.com. Ini adalah salah satu tempat cetak kaos terbaik yang memungkinkan Anda untuk mencetak kaos dengan jumlah banyak ataupun satuan.

Kualitas hasilnya sudah terjamin karena mesin yang digunakan juga mesin yang berkualitas. Anda juga akan mendapatkan banyak penawaran terbaik jika mencetak kaos di tempat kami. Jadi jangan ragu lagi, kapanpun Anda ingin mencetak kaos, baik dalam jumlah sedikit maupun banyak, segera hubungi kami

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?