call us:   0811-969-0809

Follow us:





Faktor yang Mempengaruhi Hasil Cetak Kaos

Melihat orang yang mengenakan kaos sablon adalah hal yang sering dilakukan walaupun tidak disengaja. Ya, cetak kaos seperti ini bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda yang ingin tampil istimewa dengan desain kreasi sendiri.

Namun, pernahkah Anda melihat seseorang mengenakan kaos dengan gambar yang terlihat kurang menarik atau justru sebaliknya? Hal itu bisa terjadi karena memang ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil cetak atau sablon kaos. Biasanya berbagai faktor tersebut adalah sebagai berikut.

Ragam Faktor yang Dapat Mempengaruhi Hasil Cetak Kaos

1. Tinta yang Digunakan

Pertama adalah tinta yang digunakan. Pemilihan tinta untuk mencetak kaos adalah hal yang harus diperhatikan. Sebab, kalau tinta tersebut tidak tepat, sudah tentu hasil cetakannya nanti tidak bagus. Selain harus menggunakan tinta yang tepat, warnanya juga harus bagus.

Dalam artian, warna tinta yang digunakan ini sebaiknya yang sesuai dengan warna dasar kaosnya. Entah itu warna gelap atau warna cerah, tinta yang dibutuhkan juga jenisnya berbeda. Bahkan teknik yang digunakan juga demikian.

Untuk bisa mendapatkan tinta yang tepat, selain perlu memperhatikan bahan kaos dan warna kaos, perhatikan juga metode sablon yang akan digunakan nanti. Sebab, metode ini juga turut berpengaruh pada jenis tinta yang sebaiknya dipilih.

Misalnya, kalau ingin menggunakan metode DTG atau Direct to Garment, tinta yang sebaiknya dipilih adalah tinta textile DTG yang kualitasnya bagus. Hal ini tentu berlaku ketika menggunakan metode yang lainnya juga.

Contoh lainnya yakni metode menggunakan transfer paper sublim, tinta yang lebih cocok untuk dipilih adalah tinta sublimasi. Pemilihan tinta yang tepat ini tentunya bertujuan agar hasil sablon bisa meresap pada kaos dan tinta tersebut tidak mudah rontok. Jadi, gambarnya juga bisa lebih awet.

2. Proses Sablon

Bahkan proses cetak atau proses sablon juga turut berpengaruh terhadap hasil akhirnya nanti. Khususnya ini dalam menentukan apakah hasil tersebut mudah luntur atau justru sebaliknya. Oleh karenanya, proses sablon atau proses cetak sebaiknya tidak dilakukan secara terburu-buru.

Proses ini sebaiknya dilakukan dengan penuh perhitungan. Selain itu, tunggu sampai tinta benar-benar kering terlebih dahulu. Sebab, kalau tinta masih basah, ini akan membuat sablon tersebut jadi mudah menempel pada benda lain saat bergesekan.

Selain itu, setiap metode sablon yang dipilih juga memiliki prosedur tertentu. Pastinya, prosedur ini harus diikuti secara berurutan supaya hasilnya bisa lebih maksimal. Contoh kalau metode yang akan digunakan adalah metode DTG atau Direct to Garment, prosedurnya sebagai berikut.

– Permukaan kaos akan diberikan pre-treatment sebelum mulai di print

– Proses press tahap 1 supaya cairan treatmen dapat meresap ke dalam kaos sekaligus membuat pori-pori kaos jadi tertidur

– Proses pengaturan warna pada software yang digunakan, dalam hal ini digunakan komputer atau laptop

– Proses print dengan menggunakan printer DTG riecat serta tinta textile DTG

– Proses pengeringan menggunakan hot gun supaya hasil sablon tetap bagus dan tidak terjadi perubahan warna

– Proses finishing desain yang telah diprint dengan memanfaatkan cairan Epoxy

– Proses press tahap 2 dengan tujuan agar hasil sablonnya lebih kuat serta tidak mudah luntur. Tahap ini bisa diulangi hingga 2 kali

Atau kalau metode yang dipilih adalah polyester sublimasi, maka prosesnya sebagai berikut.

Print desain dan siapkan kertas sublimasi serta tinta sublimasi

– Proses press kaos yang masih tahap 1 supaya pori-pori kaosnya tertidur

– Tahap peletakan desain pada permukaan kaos kemudian dilapisi dengan kain teflon

– Proses press tahap 2 supaya desain berpindah pada permukaan kaos dan tahap ini dapat diulangi sebanyak 2 kali

Sekali lagi, proses sablon tidak bisa dilakukan dengan terburu-buru. Karena kalau tinta masih belum kering tidak akan dapat menciptakan gambar yang tercetak dengan bagus. Selain itu, kalau dicuci warnanya juga akan mudah luntur atau rontok.

3. Bahan Kaos yang Digunakan

Tidak kalah penting, perlu diperhatikan juga bahan kaos yang akan dicetak. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pemilihan bahan kaos ini adalah hal yang sangat krusial dan wajib diperhatikan. Sebab, bahan ini turut menentukan kualitas hasil cetak serta menentukan keawetan hasil cetak.

Tentunya ada banyak bahan kaos yang dapat dipilih. Ada bahan cotton combed, cotton carded, Supima, Tri-Blends dan masih banyak lagi.

Bahan Terbaik untuk Cetak Kaos

Melanjutkan bahan kaos sebelumnya, seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa salah satu bahan terbaik untuk mencetak kaos ialah bahan katun. Hal ini dikarenakan bahan katun lebih mudah dalam menyerap tinta

Dengan karakter ini, tinta jadi lebih cepat kering serta tidak mudah terkelupas bahkan dalam waktu lama. Jadi, hasil cetakannya nanti juga bisa lebih awet. Untuk cotton combed juga kalau komposisi katunnya lebih banyak, hasilnya juga akan lebih bagus.

Kemudian, bahan katun itu ada bermacam-macam. Diantaranya yang sangat bagus kalau dijadikan bahan sablon kaos adalah:

● Cotton Carded

Kata carded yang menjadi nama jenis katun ini asalnya dari mesin pemintalan yang dipakai saat membuatnya, yaitu mesin carding. Untuk jenis katun yang pertama ini secara umum serat benangnya terlihat lebih kasar.

Jadi kalau hendak dibandingkan dengan cotton combed, bisa dikatakan kalau cotton carded kualitasnya masih berada di bawah cotton combed. Dengan karakter yang seperti itu, cotton carded terlihat tidak halus serta tidak rata.

Kemudian, cotton carded itu tidak disisir. Jadi jangan heran kalau ada serat-serat kapas halus yang masih tersisa pada kain. Walaupun cenderung tidak halus seperti itu, cotton carded masih menjadi pilihan yang bagus untuk dijadikan pakaian.

Sebab, cotton carded soal kenyaman masih sama dengan cotton combed. Kainnya juga dingin serta menyerap keringat dengan baik.

● Cotton Slub

Cotton slub ialah jenis kain katun yang bisa dibuat dari polyester, katun ataupun campuran dari kedua bahan tersebut. Cotton slub memiliki tekstur yang cenderung tidak rata karena merupakan efek dari hasil pengolahan kapas yang memang hanya dipelintir.

Walaupun teksturnya seperti itu, ternyata cotton slub ini ringan dipakai sehingga nyaman digunakan. Selain itu, karena termasuk kain katun, cotton slub ini juga mudah menyerap keringat. Cotton slub juga cenderung dingin saat dikenakan sehingga mampu meminimalisir rasa gerah.

● Cotton Bamboo

Sesuai dengan namanya, cotton bamboo adalah kain yang dibuat dari campuran benang kapas dengan benang bambu. Karena bahan dasarnya ini, tidak heran jika kemudian cotton bamboo dikenal sebagai kain yang mempunyai banyak kelebihan.

Diantara kelebihannya itu adalah tidak berpotensi menimbulkan alergi karena memang serat yang digunakan untuk membuatnya adalah serat alami yang halus. Selain itu, kain ini terasa dingin saat musim panas tetapi juga mampu menghangatkan saat musim dingin.

Kemudian, cotton bambu ini juga tidak mudah berbau, tidak mudah lembab, cenderung ringan saat digunakan, lentur dan bersifat anti bakteri. Namun sayangnya, biasanya kain cotton bambu tidak memiliki banyak variasi warna.

Pada intinya memang cetak kaos tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Jika Anda tertarik, pilih saja kami, wellentprint.com. Sebab, kami adalah salah satu pemain lama untuk urusan cetak atau sablon kaos.

Kami mampu mengerjakan pesanan dengan cepat tanpa mengabaikan faktor proses sablon seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Mesin yang digunakan merupakan mesin berkualitas tinggi sehingga dapat memaksimalkan hasil cetakan.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?