call us:   0811-969-0809

Follow us:





Digital Sablon vs Manual Sablon

Cetak kaos menggunakan sablon digital dan sablon manual tentu memiliki unsur plus minus. Beberapa unsur ini perlu diketahui agar tidak salah memilih teknik pengerjaan sablon kaos.

Saat ini ada berbagai macam metode cetak kaos yang dikembangkan. Sebagai imbas dari kemajuan zaman dan semakin majunya teknologi, maka mulai dikenal teknik sablon digital (Digital Sablon). Kehadiran teknik ini semakin menambah kekayaan ide, kreasi dan desain untuk kaos yang ingin dicetak.

Seringkali teknologi disinonimkan dengan kemudahan dalam melakukan sesuatu. Termasuk dalam hal teknik sablon kaos. Untuk mengetahui sejauh mana efektifitas teknik ini, ada baiknya Anda mengetahui apa saja perbedaan digital sablon bila dikaitkan dengan sablon manual untuk mencetak kaos.

Perbandingan Digital Sablon Untuk Cetak Kaos

Ada beberapa poin yang membedakan digital sablon untuk mencetak kaos bila dibandingkan dengan teknik manual. Masing-masing diantaranya memuat unsur kelebihan dan kekurangan:

1. Kompleksitas Proses Pengerjaan

Bila dilihat dari sisi kompleksitas proses pengerjaan kaos, maka tentu saja sablon manual jauh lebih kompleks dibandingkan sablon digital, dimana hal ini (kompleksitas proses pengerjaan) akan berpengaruh juga pada besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk biaya mencetak kaos.

Berbeda dengan proses pengerjaan sablon digital yang terbilang lebih ringkas dan sederhana. Namun bukan berarti sisi keterampilan dipinggirkan disini. Barangkali keterampilan serta pengalaman dalam hal pengoperasian alat bantu yang lebih diperlukan.

Untuk poin ini jelas digital sablon lebih unggul, karena banyak keuntungan yang bisa diperoleh dari proses pengerjaan yang lebih singkat dan sederhana namun dengan hasil yang sama. Bahkan bila terjadi kesalahan atau kekeliruan cetak, pengeditan atau pengulangan bisa dilakukan dengan singkat.

2. Durasi Pengerjaan

Dari segi durasi pengerjaan, tentu ini tidak lepas dari faktor kerumitan yang dijelaskan sebelumnya. Bila dihubungkan dengan poin sebelumnya. maka waktu pengerjaan yang lebih cepat dapat dikerjakan oleh digital sablon. Jadi bila ingin mencetak kaos dalam waktu yang relatif singkat, pilih sablon digital.

Untuk sablon manual prosesnya lebih panjang serta terkesan lebih rumit. Hal ini dapat dikarenakan sablon manual selain membutuhkan beberapa macam peralatan yang terpisah, juga karena proses mencetak desain yang masih dikerjakan secara manual.

3. Biaya yang Diperlukan

Bila membandingkan biaya cetak kaos sablon digital dan sablon manual, maka dapat dilihat dari uraian poin-poin sebelumnya terkait kerumitan serta durasi pengerjaan masing-masing metode. Secara awam tentu saja persepsi yang terbangun adalah lebih murah biaya untuk pengerjaan dengan digital sablon.

Namun persepsi tersebut tak sepenuhnya benar. Terkait berapa biaya yang diperlukan untuk mencetak kaos, sebenarnya semuanya relatif dan tergantung beberapa hal seperti jumlah jumlah kaos yang ingin dicetak dan jenis kain yang digunakan.

Sebagai gambaran, bila hanya ingin mencetak satu kaos saja, maka digital sablon akan jauh lebih murah biayanya. Tetapi bila ingin mencetak kaos dengan jumlah yang banyak, maka dari segi biaya jatuhnya akan lebih murah bila menggunakan metode sablon manual.

Hal ini dikarenakan untuk mengerjakan satu atau banyak kaos, modal produksi sablon manual tetap sama yakni menyiapkan bahan dan peralatan seperti tinta, screen, dan sebagainya. Selain itu, banyak jenis warna yang dibutuhkan juga masuk dalam perhitungan biaya sablon manual.

Sedangkan untuk sablon digital, selain memasukkan biaya produksi sebuah orderan, juga memasukkan biaya lainnya sebagai pertimbangan. Pertimbangan tersebut diantaranya biaya modal atas investasi peralatan pendukung seperti komputer dan printer yang cukup besar biayanya.

Belum lagi biaya terkait perawatan alat produksi dan biaya listrik yang juga dihitung dalam menentukan harga sebuah orderan.

4. Jenis Bahan Kaos yang Dicetak

Untuk cetak kaos, bahan kaos polos merupakan bahan yang sering digunakan atau dipakai untuk sablon digital. Sedangkan sablon manual memiliki kemampuan yang relatif lebih fleksibel dan mampu melakukan pencetakan pada semua jenis bahan kaos.

Sedangkan jenis bahan kain yang dapat memaksimalkan hasil cetak dengan metode digital sablon adalah bahan yang 100% dari Cotton (kapas). Untuk bahan lainnya secara kualitas hasilnya masih sedikit dibawah hasil cetakan kain berbahan dasar Cotton.

5. Kerumitan Desain

Bila menginginkan kepuasan hasil cetakan kaos dengan teknik sablon, maka jawabannya cukup relatif, baik dikerjakan secara manual atau digital. Namun teknik manual jelas membutuhkan waktu lebih lama. Wajar karena desain untuk mencetak kaos adalah foto.

Untuk hal ini jelas teknik digital yang dapat memberikan kepuasan maksimal bagi hasil cetakannya karena dapat menyamai foto itu sendiri. Selain foto, desain apapun agaknya hampir semuanya dapat dilakukan oleh sablon manual maupun digital.

Sekali lagi, untuk pengerjaan sablon manual, sebuah hasil sablonan berkualitas dikembalikan lagi pada skill, pengalaman, serta kemahiran dari tenaga yang mengerjakannya. Selain itu, kualitas tinta yang digunakan juga ikut menentukan hasil.

Pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa hasil cetakan melalui teknik sablon digital relatif lebih sesuai dengan desain yang diinginkan. Adapun hasil sablon manual sangat ditentukan oleh tenaga atau operator yang mengerjakan proses pencetakan tersebut.

6. Ukuran Desain

Untuk cetak kaos, dimensi sebuah desain yang mampu dituangkan dalam sebuah screen pada sablon digital akan nampak lebih terbatas. Wajar karena hal ini sangat tergantung pada dimensi atau ukuran printer yang hendak digunakan untuk mencetak, baik itu untuk sablon digital DTG ataupun sublim.

Sedangkan pada sablon dengan teknik manual, ukuran atau dimensi layar (screen) dapat mencapai ukuran sekitar 40 x 50 cm, dimana dengan screen ukuran ini terbilang cukup mampu mengakomodir desain dengan kebutuhan dimensi yang relatif besar.

7. Kualitas Warna

Untuk masalah kualitas warna, hal ini sebenarnya ditentukan oleh faktor. Untuk sablon digital, faktor yang mempengaruhi kualitas warna adalah jenis tinta yang digunakan. Sedangkan pada sablon manual, faktor yang sangat berpengaruh tidak hanya terbatas pada jenis tinta yang digunakan melainkan juga kepiawaan serta pengalaman tenaga yang mengerjakannya.

Tetapi bila diamati secara umum, rata-rata warna dari hasil cetakan teknik sablon digital terlihat kurang tajam atau jernih. Hal ini disebabkan tingkat ketebalan tintanya relatif lebih tipis. Bahkan yang sering ditemui adalah hasil warnanya lebih cepat pudar dibandingkan dengan hasil cetakan sablon manual.

Untuk sablon manual, tingkat ketebalan warna dapat disesuaikan dengan keinginan. Selain itu, warna yang dihasilkan secara umum terlihat lebih cerah, jernih, tebal, dan desain yang dicetak terlihat lebih real.

8. Keawetan Hasil Cetakan

Tingkat keawetan atau daya tahan hasil cetakan sablon digital atau sablon manual sering menjadi bahasan saat membandingkan kedua metode tersebut. Adapun persepsi umum yang terbentuk ada daya tahan yang dimiliki kaos hasil cetakan sablon digital lebih tahan lama.

Namun, fakta yang ada menunjukkan bahwa daya tahan hasil cetakan dari kedua metode tersebut tergantung pada bahan kaos yang digunakan, tinta yang dipakai, serta teknik dan kesempurnaan proses pengerjaannya.

Dari semua perbandingan cetak kaos dengan metode digital maupun manual diatas, tentunya Anda harus jeli dan berhati-hati bila hendak memilih jasa desain dan sablon kaos. Untuk itu, Wellent Print hadir sebagai partner design dan printing terbaik Anda.

Dengan pengalaman selama bertahun-tahun dan kepiawaian para tenaga ahli kami di bidang desain dan percetakan. Percayakan semua kebutuhan cetak sablon kaos Anda kepada kami. Untuk konsultasi dan info lebih lanjut, silahkan kunjungi https://wellenprint.com/.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?