call us:   0811-969-0809

Follow us:





Cetak Kaos Teknik Sablon Digital dan Sablon Manual

Cetak kaos dengan sablon ternyata memiliki beberapa teknik, diantaranya teknik sablon secara digital dan sablon secara manual. Bila kedua hasil teknik sablon tersebut disimak, mungkin sekilas hasilnya nampak sama, namun secara pokok tentu ada beberapa perbedaan dari beberapa aspek.

Menentukan teknik sablon untuk mencetak kaos tentu saja harus dilakukan secara tepat, terutama bagi konsumen yang menginginkan kaos dengan desain miliknya sendiri. Walaupun kebanyakan konsumen yang tidak terlalu memperhatikan masalah teknis seperti ini.

Dua Teknik Sablon Untuk Cetak Kaos

Bila berbicara mengenai teknik-teknik dalam menyablon, terdapat dua teknik atau metode dasar yang secara umum dipakai dalam pencetakan kaos melalui cara sablon. Kedua teknik atau metode yang dimaksud adalah teknik sablon digital dan teknik sablon manual.

Pada dasarnya, tentu saja kedua teknik ini memiliki perbedaan, dimana perbedaan tersebut tidak hanya terletak pada cara dan proses pembuatannya saja. Terlebih ada beberapa aspek yang membedakan keduanya seperti daya tahan, pilihan bahan, fleksibilitas dan juga biaya produksi.

Untuk lebih jelasnya, berikut penjabaran kedua teknik tersebut.

Cetak Kaos dengan Sablon Digital

1. Apa Itu Sablon Digital

Mencetak kaos dengan digital sablon dapat diartikan sebagai sebuah proses pencetakan kaos melalui penyablonan yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu utama media komputer dan printer.

Sedangkan orang yang mengerjakannya kurang lebih bertindak selayaknya operator yang menjalankan dan mengontrol kedua alat bantu tersebut.

Ada dua tipe digital sablon yang dikenal secara umum, yakni:

– Tipe Pertama, yakni digital sablon yang masih dilakukan secara manual tatkala memperbaiki sablonnya dengan cara menekan panas serta mentransfer mesin kertasnya.

– Tipe Kedua, yakni digital sablon yang proses penyablonannya dilakukan secara langsung pada kain atau kaos dengan menggunakan DtG Printer (Direct to Garment).

2. Mekanisme Sablon Digital

a. Tipe Pertama

– Untuk digital sablon tipe pertama, desain akan dicetak terlebih dahulu dengan menggunakan komputer pada kertas yang telah dibalik (terpantul)

– Kemudian proses pencetakan pada kaos atau kain yang sebelumnya telah dilapisi kertas transfer dimulai

– Selanjutnya dilakukan penekanan dengan menggunakan mesin pemanas sehingga desain tersebut akan bergerak dan tercetak sesuai desain normalnya pada bahan kaos atau kain

b. Tipe Kedua

– Untuk digital sablon tipe kedua dengan menggunakan DTG printer, sebelum proses pencetakan dimulai kain atau kaos akan diletakkan pada printer

– Kemudian kain atau kaos tersebut akan langsung dicetak tanpa adanya perantara

– Mesin pemana menekan kain atau kaos tersebut sehingga desain atau sablon benar-benar menempel secara kuat pada kain atau kaos

Cetak Kaos dengan Sablon Manual

1. Apa Itu Sablon Manual

Mencetak kaos dengan sablon manual merupakan sebuah teknik atau metode penyablonan menggunakan sebuah alat berupa screen (layar), dimana layar tersebut tersedia dengan berbagai bentuk, ukuran, dan ketebalan, serta dilengkapi dengan jaring yang tebal dan ada juga yang tipis.

Screen atau layar adalah alat berbentuk persegi dengan bingkai yang biasa terbuat dari alumunium atau kayu. Di bagian tengahnya terdapat semacam jaring sutra yang memiliki pori-pori dengan kepadatan yang berbeda-beda.

Untuk pencetakan kaos dengan sablon manual, umumnya screen yang digunakan adalah jenis screen 48T dan 90T. Screen dengan ukuran ini memiliki jaringan lubang pori yang cukup besar.

2. Mekanisme Manual Sablon

Berdasarkan namanya, diketahui bahwa setiap langkah atau proses pengerjaannya dilakukan dengan cara manual, mulai dari membuat serta menentukan area kaos yang ingin didesain hingga proses penyablonan. Berikut langkah-langkah pengerjaannya:

a. Proses Pre-press

Pada proses pre-press ini, terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan, mulai dari membuat desain, pembuatan film (klise sablon), dan proses templat yang umum disebut afdruk.

– Proses desain adalah proses menentukan dan membuat desain untuk gambar yang akan digunakan dalam sablon (berbagai ide kreatif sangat diperlukan pada tahap ini)

– Setelah menentukan desain atau gambar yang dipakai, dilakukan pengecekan ulang untuk melihat apakah perlu dilakukan pengeditan terhadap desain yang telah jadi tersebut

– Langkah selanjutnya adalah membuat klise sablon dari desain yang telah siap dan siap cetak tersebut (tahap ini mengacu pada warna desain atau gambar cetak)

– Setelah klise sudah jadi, selanjutnya adalah memindahkan desain atau gambar pada klise tersebut dimana proses ini disebut afdruk

– Pada proses pre-press, meja yang akan digunakan untuk melakukan pencetakan harus sudah disiapkan (termasuk dalam hal ini menyiapkan tinta dan perlengkapan lainnya)

b.     Proses Pencetakan

Dalam proses pencetakan ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena tahap ini tergolong cukup sederhana. Secara teknis, tahap ini hanya mentransfer tinta pada media yang telah disiapkan dengan menggunakan kain saringan atau screen.

Hal-hal yang dimaksud adalah pelajari terlebih dahulu karakteristik tinta yang akan digunakan dalam mencetak. Hal ini disebabkan sifat dari setiap tinta cetak berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Salah satunya yang terpenting adalah kecepatan mengeringnya tinta. Ini penting karena untuk tinta yang cepat mengering pengaruhnya adalah terhadap layar atau screen. Tinta yang mengeringnya terlalu cepat akan membuat pori-pori screen tersumbat, sehingga fungsi screen sebagai saringan akan terhambat.

Tentu saja bila tidak diantisipasi hal ini akan menjadi hambatan besar dalam proses pencetakan. Solusi dari hal ini adalah dengan segera membersihkannya, bila tidak tentu akan membuat kualitas cetakan selanjutnya menjadi kurang bagus.

Untuk cetak kaos teknik manual sablon sangat disarankan untuk menggunakan tinta yang dikenal dengan tinta untuk sablon plastik. Alasannya karena sifat dan karakter tinta ini yang tidak mudah kering. Selain itu, sisa tinta yang tersisa pada screen juga relatif lebih mudah dibersihkan setelah digunakan.

c.     Pasca Pencetakan

Bila telah melewati proses pencetakan, maka tersisa satu tahap lagi untuk menyelesaikannya. Tahap tersebut adalah proses pengeringan yang terdiri dari tiga jenis atau proses.

Drying

Ini merupakan proses pengeringan tinta secara sempurna dengan cara menunggunya hingga benar-benar mengering. Cara mengecek apakah ini sudah benar-benar kering adalah dengan cara menyentuh screen dan hasil cetakan pada media kain ataupun kaos.

Yang harus diperhatikan adalah meski tinta terasa telah mengering saat disentuh, tetapi lebih baik tambahkan sedikit waktu lagi untuk menunggu hingga tinta benar-benar kering.

– Curing

Proses pengeringan ini dilakukan dengan menggunakan alat tambahan. Biasanya tipe pengeringan ini dilakukan saat menggunakan tinta sablon jenis plastisol, dimana proses pengeringannya dilakukan dengan memanaskannya dalam suhu yang mencapai 143o hingga 166o Celcius.

Alat bantu yang digunakan dikenal dengan nama mesin konveyor atau alat pemanas secara instan. Sedangkan mesin press dengan panas dipakai saat mengeringkan sablonan dengan menggunakan tinta karet ataupun GL.

Suhu yang ideal untuk pengeringan ini adalah sekitar 110o hingga 130o Celcius. Proses pengeringan dengan alat ini harus diperhatikan secara benar dan teliti, karena bila ada kesalahan kecil akan membuat kualitas cetakan kaos yang dihasilkan tidak memuaskan dan terlihat banyak cacat.

– Burning

Jenis pengeringan ini disebut juga pengopenan, yang dilakukan dengan metode tertentu. Proses ini mirip dengan proses memanggang sebuah dalam oven ketika membuat sebuah kue.

Mengetahui seluk beluk teknik sablon untuk cetak kaos mampu memberikan wawasan tambahan tentang betapa pekerjaan ini membutuhkan suatu ketelitian dan keakuratan. Bagi Anda yang hendak membuat kaos dengan desain sendiri, tentu menginginkan hasil yang sempurna bukan?

Untuk itu kami hadir membantu Anda mendesain dan cetak kaos sesuai keinginan. Mau mencetak kaos dengan kualitas oke? Kami ahlinya. Konsultasikan desain yang Anda inginkan pada kami dan biarkan kami mencetaknya untuk Anda.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?