call us:   0811-969-0809

Follow us:





Cetak Kaos Teknik DTG dan Sublime

Pada proses cetak kaos atau bahan kain secara digital, telah dikenal beberapa teknik cetak seperti DTG (Direct to Garment) dan Sublim.  DTG sering diartikan sebagai sebuah inovasi brilian dari teknik sablon manual atau tradisional.

Walaupun keduanya termasuk ke dalam metode cetak (printing) digital, namun tentu saja ada perbedaan pada beberapa sisi. Untuk lebih memahami kedua teknik printing digital ini, pahami dulu perbedaan dari keduanya. Ini penting agar konsumen dapat memiliki bahan pertimbangan saat ingin mencetak kaos.

Perbedaan Cetak Kaos DTG Dibandingkan Sublim

Ada beberapa aspek yang menjadi pembeda antara mencetak kaos teknik DTG dengan Sublim. Beberapa perbedaan tersebut meliputi aspek:

1. Proses

Jika melihat proses pengerjaannya secara sekilas, cetak kaos dengan teknik cetak DTG terlihat lebih mudah dibandingkan dengan teknik sublim, dimana runtutan prosesnya secara umum sebagai berikut:

– Siapkan kaos atau jenis bahan kain

– Kemudian siapkan desain yang hendak dicetak pada kaos

– Lanjutkan dengan menempatkan bahan kaos tersebut ke atas mesin cetak DTG

– Sebelum itu, khusus untuk teknik DTG, kaos sebelumnya harus disemprot dahulu dengan cairan pre-treatment guna menguatkan tinta hasil cetakan

– Setelah dirasa siap, segera lakukan penekanan pada kaos kira-kira selama 15 hingga 20 detik

– Lanjutkan dengan mencetak kaos tersebut menggunakan mesin DTG

Adapun mencetak kaos dengan teknik Sublim dalam prosesnya sedikit berbeda, dimana proses pengerjaannya membutuhkan semacam kertas transfer yang digunakan untuk mencetak desain pada kaos. Tahapan proses pressing juga diterapkan pada Sublim ini.

Berikutnya setelah desain berhasil dicetak diatas kertas transfer, barulah akan dipindahkan ke permukaan dari kaos dengan proses sublimasi. Sedangkan suhu yang dibutuhkan untuk menekan (pressing) kaos tersebut dapat mencapai 120 hingga 150o Celcius.

Dari proses ini terlihat bahwa pembedanya adalah pada kertas untuk transfer dan proses sublimasi itu sendiri yang membutuhkan suhu cukup tinggi.

2. Jenis Bahan Kaos

Aspek berikutnya yang menjadi pembeda teknik mencetak kaos metode DTG maupun Sublim adalah terkait dengan jenis bahan kain atau kaos yang disablon. Untuk teknik cetak DTG, kaos dengan berbagai jenis bahan dapat dipakai seperti cushion, katun, jeans, polyester hingga sintetis.

Tetapi hasil cetak yang paling memuaskan dengan teknik cetak DTG adalah menggunakan kaos yang berbahan 100% katun (Cotton). Menariknya, kemampuan mesin DTG ini adalah dapat mencetak kaos atau bahan pakaian dengan menampilkan efek glow in the dark.

Selain itu, teknik ini juga mampu digunakan untuk mensupport warna kain yang terang maupun gelap. 

Adapun teknik Sublim, jenis atau bahan kaos yang dapat dicetaknya hanya terbatas bahan-bahan dari jenis tertentu. Tidak semua bahan kaos dapat dicetak dengan menggunakan teknik Sublim ini.

Bahan-bahan kaos yang dapat dicetaknya hanya sebatas polyester, campuran katun dan polyester, atau bahan-bahan seperti kaos olahraga dan jersey sepakbola.

3. Jumlah Kaos yang Dicetak

Terkait dengan jumlah kaos yang mampu dicetak, teknik DTG sangat ideal untuk mencetak kaos atau pakaian dalam skala persatuan. Sedangkan teknik Sublim lebih ideal digunakan untuk mencetak kaos dalam jumlah banyak.

Dengan mengetahui teknik mana yang cocok, maka profit dapat dimaksimalkan melalui penerapan teknik yang tepat sesuai dengan jumlah orderan.                                

Kelebihan Cetak Kaos Menggunakan Teknik DTG

Ada beberapa kelebihan yang ditawarkan teknik DTG untuk mencetak kaos, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengerjaan Cepat

Untuk urusan waktu pengerjaan, bila dibandingkan dengan beberapa metode sablon digital lainnya seperti Sublim, maka mencetak kaos dengan teknik DTG ini terblang paling cepat. Waktu proses tiap kaosnya (bila hanya terdapat 1 mesin) memakan waktu sekitar 20 hingga 25 menit saja.

Hal ini disebabkan proses cetaknya tak membutuhkan waktu persiapan yang lama. Selain itu, peralatan yang harus dipersiapkan juga tidak banyak untuk proses pengerjaannya. Teknik ini sangat cocok bagi konsumen yang ingin mencetak kaos dengan desain tertentu secara cepat.

2. Dapat Mencetak Full Color

Secara kualitas, hasil cetakan DTG sangat bagus dengan resolusi tinggi. Selain itu, DTG memiliki kemampuan mencetak desain full color. Hal ini karena teknik digital DTG ini tidak memiliki batasan dalam hal komposisi warna.

Kelebihan lain dalam hal pewarnaan adalah kemampuan teknik DTG dalam hal mencetak gradasi warna. Selain desain yang rumit aneka warna, teknik DTG juga sangat mumpuni untuk mencetak desain warna cerah yang mengandung unsur 3 dimensi.

3. Tekstur Cetakan Halus

Dari sisi tekstur, hasil cetakan teknik DTG termasuk halus. Terlebih lagi bila bahan kaos yang hendak dicetak adalah 100% katun (Cotton). Selain lebih jelas dan halus, hasil cetakan teknik ini juga memiliki daya tahan yang cukup lama.

4. Ideal Untuk Kuantitas Kecil

Dengan teknik DTG, jumlah orderan berapapun bisa diakomodir dengan baik, entah orderan dalam jumlah kecil maupun besar.

Bahkan bila jumlah pesanan kaosnya hanya satu, maka ini akan tetap dikerjakan tanpa masalah. Hal ini karena meski jumlahnya minim, biaya yang dikeluarkan masih tertutupi dengan profit yang didapat.

Kelebihan Cetak Kaos Menggunakan Teknik Sublim

Walaupun dari segi proses pengerjaannya dianggap instan (sebagaimana teknik cetak berbasis digital), akan tetapi teknik Sublim memiliki cukup banyak kelebihan. Berbagai kelebihan tersebut antara lain:

1. Hasil Cetakan Full Color

Teknik ini dapat mengakomodir berbagai macam warna, atau dapat dikatakan tidak ada batasan dalam hal warna. Sehingga berbagai desain yang rumit dengan aneka warna dapat dituangkan tanpa masalah berarti pada kaos dengan menggunakan teknik cetak ini.

2. Hasil Cetakan Berkualitas Tinggi

Cetakan yang dihasilkan dengan teknik Sublim ini dijamin memiliki warna yang tajam dan jelas. Selain itu, tiap detail desain juga terlihat begitu presisi dan akurat. Teksturnya juga cukup halus dan tidak retak atau pecah-pecah.

3. Durasi Pengerjaan Singkat

Sebagaimana halnya teknik lain yang berbasis digital, teknik Sublim juga cenderung cepat dalam hal durasi pengerjaannya. Sehingga ini bisa menjadi solusi bagi konsumen yang ingin mencetak kaos dalam waktu singkat.

4. Hasil Cetakan Tahan Lama

Dengan teknik Sublim, hasil cetakan pada kaos bisa tahan untuk jangka waktu lama. Hal ini dikarenakan proses pembuatannya dikerjakan melalui sublimasi dengan suhu berkisar 130-150o Celcius, sehingga membuat tinta yang digunakan terserap secara sempurna pada pori-pori dari kaos yang dicetak.

5. Mampu Mencetak Desain Berukuran Besar

Desain yang cukup besar juga dapat dicetak dengan menggunakan teknik ini. Sungguh ini merupakan keunggulan yang jarang dimiliki suatu teknik sablon digital. Hal ini dikarenakan bidang cetak dari mesinnya memiliki ukuran yang besar.

Itulah perbandingan serta berbagai kelebihan yang dimiliki oleh cetak kaos teknik DTG dan teknik Sublim. Mengetahui berbagai kelebihan ini tentu mampu menguntungkan konsumen maupun pengusaha percetakan agar lebih bisa memberikan informasi lengkap kepada konsumennya.

Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa sablon kaos terbaik yang berkualitas, Wellen Print hadir sebagai solusi. Berbagai info seputar produk, layanan, dan contoh sampel produk kami dapat Anda temukan dengan mengunjungi laman https://wellenprint.com/. Hubungi kami untuk segala kebutuhan solusi percetakan Anda.

Mengapa haruscetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?