call us:   0811-969-0809

Follow us:





Cetak Brosur Digital Printing

Media iklan yang dihasilkan dari percetakan merupakan salah satu bentuk promosi yang hingga kini masih banyak digunakan. Beberapa contoh media cetak tersebut adalah pamflet, leaflet, dan brosur yang ketiganya hampir mirip.

Banyak orang yang masih menyamakan dan belum mengerti apa saja perbedaan ketiganya. Padahal, antara pamflet, leaflet, dan brosur memiliki bentuk dan tujuan yang berbeda. Agar tidak salah lagi mengenali ketiganya, berikut informasi penting yang bisa Anda baca.

Pengertian dan Pamflet, Leaflet, dan Brosur

Agar lebih jelas dalam mengidentifikasi perbedaan antara pamflet, leaflet, dan brosur, terlebih dahulu Anda harus mengenal definisi ketiganya.

1. Pengertian Pamflet

Pamflet merupakan media cetak hasil dari percetakan digital printing yang terbuat dari bahan kertas tertentu yang disajikan dalam bentuk tidak dilipat dan tidak memiliki cover serta tidak dijilid.

Ukuran pamflet yang kerap dicetak adalah 8,5 x 11 inci, namun ada juga yang berukuran lebih kecil atau lebih besar sesuai dengan kebutuhan. Isi pamflet sebagian besar adalah informasi mengenai produk atau jasa tetapi hanya bersifat sebagai edukasi.

Di dalam informasi tersebut memuat penjelasan tentang manfaat dan bagaimana produk tersebut digunakan. Tujuan dari dibuatnya pamflet adalah untuk meningkatkan awareness khalayak umum mengenai suatu produk atau apa yang menjadi bahasan dalam pamflet tersebut.

2. Pengertian Leaflet

Leaflet adalah salah satu produk digital printing yang dibuat untuk alat pemasaran atau iklan maupun promosi dan dibuat menggunakan bahan art paper maupun art carton dengan dua atau lebih lipatan.

Informasi yang dimuat di dalam leaflet kebanyakan adalah informasi bisnis, seperti program atau kegiatan suatu badan usaha maupun individu. Oleh sebab itu, leaflet ini lebih memuat tentang kalimat-kalimat persuasif yang digunakan untuk mengajak pembaca agar membeli produk.

Di dalam leaflet hanya mengandung sedikit unsur gambar dan sifat gambar tersebut hanya sebagai pemanis. Hal ini karena informasi di dalamnya menekan pada penjelasan secara lengkap mengenai produk yang tengah dibahas.

Di samping itu, pembuat leaflet biasanya akan mencantumkan logo perusahaan yang berfungsi sebagai branding agar nantinya lebih dikenal luas oleh masyarakat umum.

3. Pengertian Brosur

Brosur adalah media promosi berupa hasil cetak digital yang dipakai untuk menjelaskan secara detail mengenai program, produk, atau layanan tertentu. Adanya informasi detail diharapkan dapat menjadi suatu bentuk ajakan agar calon konsumen lebih yakin terhadap produk yang dibahas.

Brosur biasanya dibuat menyerupai booklet dengan desain yang menarik dan dengan bahan yang lebih bagus. Hal ini tentu berbeda dengan pamflet dan leaflet kebanyakan yang biasanya dicetak pada kertas A4 biasa. Pemilihan kertas ini juga berfungsi agar masyarakat lebih tertarik untuk membacanya.

Karena brosur memuat informasi yang cukup panjang mengenai suatu produk, maka desainer brosur biasanya akan mencantumkan CTA yang sekaligus menjadi ciri khas brosur. Adapun fungsi dari CTA dalam brosur ini adalah untuk memotivasi pada pembaca agar melakukan pembelian.

Perbedaan Pamflet, Leaflet, dan Brosur

Meskipun terlihat sama dan serupa, ternyata pamflet, leaflet, dan brosur memiliki beberapa perbedaan tipis di dalamnya. Perbedaan-perbedaan tersebut terlihat dari segi bentuk, tujuan, serta unsur-unsurnya.

Berikut perbedaan-perbedaan antara pamflet, leaflet, dan brosur.

1. Bentuk

Selain dari hal pengertian, perbedaan antara hasil percetakan berupa pamflet, leaflet, dan brosur juga terletak pada bentuk kalimat yang dipakai, seperti:

– Pamflet umumnya berisi kalimat persuasif yang digunakan sebagai ajakan kepada para pembacanya supaya melakukan sesuatu, entah itu berupa anjuran, larangan, ajakan, dan lain sebagainya.

– Leaflet biasanya memiliki struktur kalimat yang cenderung singkat dalam informasi yang disampaikan dan kebanyakan berisi ajakan untuk menggunakan atau membeli produk.

– Brosur biasanya memuat informasi yang singkat, unik, serta bisa dengan mudah dipahami oleh pembacanya.

2. Tujuan

Mengenai tujuan, antara pamflet, leaflet, dan brosur memiliki beberapa perbedaan yang tidak terlalu menonjol. Hal ini karena ketiganya bisa dikatakan dapat saling menggantikan dalam situasi tertentu. Berikut perbedaan tujuan ketiganya.

– Pamflet dibuat dengan tujuan untuk menginformasikan suatu hal, baik berupa edukasi, ajakan melakukan hal yang baik, ajakan untuk menghindari hal yang buruk, anjuran, dan lain sebagainya.

– Leaflet dibuat dengan tujuan untuk memberikan informasi mengenai badan usaha atau perusahaan tertentu secara singkat namun tetap padat informasi di dalamnya.

– Brosur dibuat dengan tujuan untuk mempromosikan maupun melakukan penjualan produk barang atau jasa yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

3. Unsur

Dari segi, unsur yang terkandung di dalam pamflet, leaflet, dan brosur memiliki sedikit perbedaan, yaitu:

– Pamflet memiliki unsur informasi mengenai sebuah produk baik barang maupun jasa yang dibahas secara rinci bukan sebagai media promosi atau komersial.

– Leaflet memiliki unsur informasi yang lebih mengarah ke kejadian atau informasi yang sifatnya masih hangat.

– Brosur memiliki unsur hampir mirip dengan pamflet, yaitu informasi mengenai produk baik barang maupun jasa yang dijelaskan secara detail dengan tujuan promosi atau memikat pembacanya untuk membeli produk tersebut.

Di Mana Memilih Percetakan Digital Printing Berkualitas?

Anda tentu ingin supaya setiap promosi produk yang dilakukan oleh perusahaan dapat membuahkan hasil, bukan? Untuk bisa mewujudkan hal ini tentunya Anda tidak bisa sembarangan dalam menyerahkan tugas promosi tersebut.

Mulai dari desain hingga hasil akhir berupa media cetak, sebisa mungkin semuanya harus dimaksimalkan. Untuk itu, kami menyarankan agar Anda menyerahkan masalah pencetakan brosur, pamflet, maupun leaflet ke jasa yang tepat.

Wellen Print merupakan jasa percetakan yang menyediakan berbagai macam hasil cetakan digital, mulai dari brosur, banner, spanduk, hingga kaos yang bisa dicetak sesuai dengan desain dari Anda sendiri.

Mengapa kami sangat tepat untuk dipilih guna memaksimalkan promosi produk perusahaan Anda?

1. Bahan Berkualitas

Dalam setiap pelayanan yang diberikan, kami selalu menggunakan bahan berkualitas untuk produk-produk kami. Hal ini sebagai wujud komitmen kepada setiap klien agar selalu puas dengan hasil cetak digital di tempat kami.

Dengan begitu, hasilnya juga lebih bagus dan lebih menarik, serta dapat memikat mata khalayak umum agar mau membaca lebih lanjut informasi di dalamnya.

2. Harga Terjangkau

Tak perlu khawatir dengan harga layanan yang kami sediakan karena dijamin terjangkau dan bisa bersaing dengan tempat lain dan jasa yang sama. Kami siap membantu Anda mencetak brosur, leaflet, maupun pamflet dalam jumlah besar dan tentunya dengan harga yang ramah di kantong.

3. Tepat Waktu

Alasan berikutnya mengapa harus memilih kami adalah masalah ketepatan waktu. Perusahaan biasanya menginginkan pencetakan media promosi yang sesuai dengan jadwal dan rencana, sehingga promosi bisa tepat waktu juga.

Anda juga bisa mengkonsultasikan kebutuhan branding dan promosi dengan kami, dan akan kami layani dengan segenap hati.

Kunjungi wellenprint.com jika berminat untuk melihat-lihat terlebih dahulu tentang layanan dan jasa dari kami berkaitan dengan promosi media cetak dan digital printing.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?