call us:   0811-969-0809

Follow us:





9 Panduan Praktis dalam Mencetak Brosur

Brosur memiliki peranan penting dalam hal menarik minat calon konsumen sekaligus untuk menginformasikan produk secara lebih efektif. Apabila Anda menginginkan cetak brosur yang maksimal untuk produk atau jasa Anda maka sebaiknya simak ulasan berikut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti pemilihan warna, resolusi, jenis cetak,dan lain sebagainya.

Pilih CMYk atau RGB ?

Apabila Anda akan mulai membuat desain yang nantinya untuk di cetak maka usahakan desain cetak brosur Anda sudah dibuat memakai  pewarnaan CMYk (Cyan, Magenta, Yellow, Black) bukan RGB (Red, Green, Blue).  Ketika pada tampilan photoshop Anda bisa mengubahnya dengan beralih pada mode CMYk  yakni dengan cara memilih menu Image > Mode > CMYk Colour yang bisa memudahkan Anda dalam memberikan representasi warna yang akurat tentang desain yang  dicetak.

Pada ruang warna yang berasal dari RGB memang mempunyai  array dan jangkauan warna yang begitu besar bila dibandingkan dengan warna CMYk. Terdapat banyak pilihan warna yang dapat Anda pakaiketika menggunakan RGB akan tetapi bila telah tercetak  hanya ada beberapa pilihan tinta saja yang ada sehingga memerlukan adanya pertimbangan saat pemilihan warna.

Mengatur Resolusi yang Tepat

Saat mencetak alangkah baiknya pilih jenis file dengan ukuran yang besar. Faktor yang membuat  keterlambatan yang umumnya terjadi ialah ketika cetak brosur dengan resolusi yang terlalu rendah. Sebaiknya usahakan dokumen yang akan dicetak mempunyai resolusi 300 dpi. DPI merupakan kependekan dari Dots Per Inch, dengan memiliki arti banyaknya titik yang dibentuk per inci yang bisa menggambarkan suatu resolusi gambar. 

Apabila Anda memaksakan resolusi gambar terlalu rendah  maka hasil akhirnya dapat membuat poster terlihat kabur dan kurang begitu jelas. Nah, ketika di photoshop Anda bisa mengatur Dot Per Inch dengan membuat dokumen baru caranya yaitu pilih FILE > New dan mengisi 300 pada kotak resolution.

Lihat Jenis File

Ubah dokumen yang akan dicetak menjadi format PDF dengan resolusi cetak 300dpi  atau tiff tanpa kompresi pada dpi yang sama. Anda juga bisa memakai file berbentuk JPEG apabila dirasa resolusi yang dimiliki cukup tinggi.

Digital Printing Vs Litho Printing

Apabila Anda mempunyai dua pilihan untuk cetak brosur  seperti  Litho atau Digital maka pilihan antara digital printing dan Litho sebagian besar tergantung pada budget yang Anda miliki untuk mencetak brosur tersebut. Digital printing yang menerapkan sistem inkjet mempunyai keunggulan yakni harga yang lebih murah dan lebih cepat apabila dipakai untuk mencetak brosur  yang jumlahnya sedikit.

Pilih Percetakan yang Tepat

Langkah selanjutnya yaitu dengan memilih percetakan yang tepat karena tiap printer berbeda-beda hasilnya dan pada akhirnya akan mempengaruhi cetak brosur yang diinginkan. Sebaiknya Anda memilih percetakan yang tepat sehingga brosur tercetak dengan ukuran dan warna yang tepat. Perhitungkanjuga kualitas dan harga agar Anda bisa memperoleh harga yang sesuai dengan budget.

Lakukan Spellcheck

Pengecekan kata memang sangat penting sehingga kualitas produk Anda dapat dipahami oleh audiens. Apabila telah selesain memberi design maka sebaiknya melakukan pengecekan kata ada yang salah ketik atau tidak. Audiens saat ini pintar dalam menilai sebuah produk, oleh karena itu cetak brosur setidaknya di berikan kepada konsumen secara sempurna tanpa ada kesalahan sepele seperti salah ketik. Semoga bermanfaat.

Mengapa harus cetak di Wellen Print ? Karena kami memakai mesin berkualitas, sehingga kualitas terbaik dengan jaminan hasil terbaik.

Dapatkan FREE e-book Exclusive CARA BRANDING DENGAN MUDAH“, klik di sini.

Hubungi Customer Service Sekarang juga dan dapatkan penawaran harga menarik, 0811 969 0809

#cetakgapakeribet
#cetakgapakemahal
#cetakgapakeminorder
#bisacetaksatuan

Konsultasikan kebutuhan BRANDING / PROMOSI Anda kepada WELLEN PRINT

Klik Tombol kuning Dibawah untuk Konsultasi

================================================

Post a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Hello 👋
Can we help you?